Monday, September 8, 2014

5 Widget yang Wajib Dimiliki Oleh Blogger


5 Widget Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger

Widget adalah salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah blog. Tanpa adanya Widget, blog terasa hampa, tidak memiliki fungsi dan kurang optimal. Buat newbie biasanya masih sering mengutak-atik widget dan memasang berbagai macam widget di blognya. Padahal tidak semua widget yang ia pasang benar-benar memiliki fungsi yang jelas. Oleh karena itu dipostingan kali ini saya akan memberikan sebuah tips & trik widget apa saja yang wajib dimiliki oleh setiap blog.

1. Menu Navigasi

Widget pertama yang wajib dimiliki oleh blogger adalah sebuah menu navigasi. Dengan adanya Widget navigasi ini akan memudahkan pengguna untuk memilih kategori yang diinginkan. Apabila sebuah blog tidak memiliki menu navigasi, maka bisa jadi akan membuat pengunjungnya kebingungan & lari !. Menu navigasi ini biasanya berupa drop down menu. Fungsi lain dari menu navigasi adalah kalian bisa menggunakannya sebagai link internal.

Saat ini, untuk template blog tahun 2013-2014 sudah memiliki menu navigasi dalam template-nya. Namun, jika kalian pengguna blogger lawas, tampaknya kalian harus menambahkan widget yang satu ini.

Baca Juga :

Cara Membuat Menu Horizontal Lavalamp Dengan CSS dan Jquery
Membuat Drop Down Menu CSS3 di Blogger

2. Social Subscription 

Penggunaan media sosial sudah menjadi hal yang wajib saat ini. Media sosial bisa digunakan untuk mempromosikan blog yang kalian kelola. Tentu saja jika kalian mampu mengelolanya dengan baik. Saat ini ada beberapa pilihan untuk media sosial, namun saat ini kita hanya akan fokus pada 3 media sosial terbesar saat ini yakni Facebook, Twitter & Google+.

Menambahkan widget social subcription akan menjaga follower tetap setia kepada blog yang kalian punya. Tambahkannlah widget Facebook Like Box, Bandage follower ( Lencana ) Twitter atau Lencana Google+. Jangan lupa juga untuk menautkan link blog kalian dengan media sosial yang kalian punya.

Misalkan begini, kalian mempunyai sebuah fanpage facebook yang sudah di-like hingga puluhan ribu orang, lalu suatu saat blog kalian mempunyai sebuah postingan terbaru. Orang-orang yang sudah like fanpage kalian akan segera mengetahui informasi postingan baru yang ada diblog kalian apabila kalian menautkan link blog kalian kedalam media sosial fanpage facebook tersebut. Dan hasilnya ? trafik blog kalian pun bertambah !

Dengan adanya media sosial ini juga, kalian bisa lebih dekat dengan para pengunjung kalian.

Baca Juga :

Menambahkan Widget Sosial Bookmark dari Shareholic
Menaruh Widget Flipper Sharing Untuk Blogger

3. Email Subscription

Ada yang tahu widget Email Subcription ? Ituloh yang ada tulisan 'Berlangganan via Email". Dahulu widget ini sempat booming  sebelum adanya facebook atau twitter. Cara kerja Email Subcription sebenarnya hampir mirip dengan Social Subcription. Bedanya dengan menggunakan Email Subcription, penggunjung kalian yang sudah "berlangganan" melalui Email, akan menerima berita baru langsung kedalam emailnya. 

Walaupun sudah banyak ditinggalkan, namun Email Subcription ini tetap penting, saya sendiri masih menggunakannya hingga sekarang :)

Baca Juga :

Menaruh Kotak Email Subscription Dengan 3 Warna Berbeda
Menaruh Widget Subscription Berbentuk Perangko

4. Social Sharing

Wdiget ini merupakan salah satu widget yang paling saya suka ! kenapa ? karena dengan adanya widget Social Sharing ini, blog kita akan semakin terkenal dan semakin banyak mendapatkan pengunjung. 

Saat ini ada banyaaak sekali situs yang menawarkan widget social sharing. Saya sendiri menggunakan Widget Social Sharing dari ShareThis. Kalian bisa mencari social sharing yang kalian suka di google, sudah ratusan ribu blog yang menawarkan cara menaruh social sharing diblog.

5. Related Post ( Artikel Terkait )

Widget ini adalah widget yang terakhir yang wajib dimiliki oleh setiap blogger. Biasa disebut juga Related Post atau bahasa Indonesianya Artikel Terkait. Dengan adanya Widget ini, pengguna dapat membaca postingan terkait sesuai dengan label yang dipilih. Selain itu, dengan adanya widget related post, pengunjung tidak perlu repot-repot untuk mencari artikel yang masih berketerkaitan. Jadi, pengunjung akan betah & berlama-lama diblog kamu. Jika tidak ada widget ini, bisa-bisa blog kamu seperti kuburan, setelah habis dikunjugi lalu ditinggal pergi hehehe.

Kesimpulan

Itulah beberapa widget yang menurut saya wajib untuk dimiliki oleh setiap blog. Saya sendiri sudah merasakan manfaat dari memiliki widget-wdiget tersebut. Blog yang memiliki kelima widget tersebut menurut saya sudah cukup untuk menunjang SEO. Jika kalian merasa ada widget yang wajib juga, silakan tambah dikomentar ! Thanks.

Postingan Terkait:

10 comments:

  1. saya nggak sekumplit itu sob apalagi yang namanya navigasi nih waduh masih bingung soalnya masih hub nya dengan performa nih tetapi makasih nih atas tips nya

    ReplyDelete
  2. .. wachhhhhh,, punya aq ada yg kurank,, huhh [-__-] gimana nich!! mohon dibantu donk ..

    ReplyDelete
  3. terlalu banyak menurut saya sih :3
    kalo sayaa cuman pasang popular post doang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohong ah, udah gw liat blognya ada menu navigasi, social sharing, social subcription sama related post tuh.

      Yang ini kan blognya :v

      http://pandetpandet.blogspot.com/

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More