Thursday, June 19, 2014

Apa Itu Niche Blogging ?

Apa Itu Niche Blogging ?

Niche Blogging atau Niche Blog, pernahkah kalian mendengarnya ? saya sendiri sudah sering mendengar kata-kata niche blogging tersebut. Niche Blogging bisa diartikan dengan topik atau tema dari sebuah blog. Niche Blogging ini biasanya hanya terfokus hanya pada sedikit tema atau bahkan bisa jadi cuma satu tema saja yang dibahas. Misalkan begini, kamu ingin mempunyai blog tentang Dunia Komputer, tentunya pada blog yang kamu punya tersebut hanya akan dibahas dunia komputer saja bukan dunia politik atau dunia humor. Blog saya sendiri ini sih sudah terlanjur gado-gado :(

Kelebihan dari Niche Blogging adalah lebih mudah dioptimisasi, lebih mudah diatur, karena pada Niche Blogging, sebuah blog hanya terfokus hanya pada sedikit topik saja, bukan topik yang gado-gado ( Campuran ) sehingga dalam penempatan keyword-nya pun lebih optimal. Dan biasanya Niche Blogging ini digunakan untuk memonetisasi blog :) ( Saya sih kurang tertarik untuk memonetisasi blog untuk saat ini :p ). 

Menarik untuk dilihat, saya menemukan sebuah blog dari Kang Yudiyono yang membagi Niche Blogging ini kedalam 4 Model, diantaranya 

1. Whole Niche

Whole Niche adalah bagian dari Niche Blogging yang membahas keseluruhan dari sebuah topik. Contohnya ya blog tentang Dunia Komputer, pasti yang dibahas semua yang berhubungan dengan komputer, baik itu cara merakit komputer, cara menginstall sistem operasi di komputer, cara memperbaik komputer dan lain sebagainya. 

Whole Niche ini kurang cocok untuk seorang blogger pemula, kenapa ? karena blog yang memiliki niche jenis ini cenderung harus diupdate setiap hari, kalau tidak di-update akan berakibat merosotnya peringkat blog yang dia punya di hasil pencarian google karena harus bersaing dengan pemain-pemain lama di google. 

2. Broad Niche

Broad Niche, adalah jenis kedua dari niche blogging dimana topik yang dibahas hanya sebagian besar dan bukan keseluruhan topik. Broad Niche ini lebih mirip ke Whole Niche, hanya saja ruang lingkupnya lebih kecil.

3. Themed Niche

Yang ketiga adalaha Themed Niche, Niche jenis ini biasanya hanya mengarah pada satu bidang saja, misalkan begini, blog kamu tentang dunia komputer, namun yang kamu bahas hanya tentang bagian-bagian hardware dari komputer, mulai dari berapa harga sebuah kartu grafis, mempercepat kinerja processor, dan lain sebagainya.

Niche jenis ini menurut saya cocok untuk orang yang tidak terlalu muluk-muluk dalam mengelola sebuah blog, karena blognya biasanya jarang update. Namun, jangan salah, blog yang menggunakan niche jenis ini bila dioptimasi dengan baik, dapat meningkat dengan cepat.

4. Micro Niche

Dan yang terakhir adalah Micro Niche, sesuai dengan susunan katanya yakni "micro" yang artinya sangat kecil, blog yang memilki niche jenis ini pun topik yang dibahas sangatlah sempit. Artikel yang dipunya pun tidak banyak. 

Kesimpulan

Pentingnya mengetahui apa jenis niche dari blog kamu agar kamu lebih gampang mengoptimalkannya. Well, saya selalu terbuka terhadap saran dan kritik, jika ada yang mau menambahkan atau mengoreksi artikel saya diatas, cukup tinggalkan komentar dikotak komentar saja ya, nanti saya akan edit :)

Postingan Terkait:

6 comments:

  1. bingung nih , blog ku masuk yang manah yah hehe ....

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kayaknya lebih kepada blog diary deh ya :)

      Delete
  3. yah blog saya tidak termasuk niche apapun...
    nasi udah menjadi bubur.
    tapi tak apalah. tetap berkarya

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More