Saturday, September 15, 2012

8 Tips Membuat Loading Blog Lebih Cepat

Loading Blog


Sangat menjengkelkan bila kita mengunjungi suatu blog yang loadingnya lama sekali. Biasanya blog yang memiliki loading yang lama terlalu banyak memasang widget, script atau gambar yang menyebabkan loading terlalu lama. Dan di postingan kali ini saya akan menjelaskan tips-tips untuk membuat blog yang kamu kelola berlari lebih cepat.

1. Simpan File Javascript di Google Code

Menyimpan file-file javascript di file hosting milik google akan membantu blog kamu berjalan lebih cepat. Javascript sendiri banyak digunakan untuk efek-efek pada blogger. Entah itu sebagai widget dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat akun Google Code kamu sendiri di sini. Dan ikuti langkah-langkahnya disini

2. Singkirkan Kode-Kode yang Tidak Berguna

Menyingkirkan kode-kode yang tidak berguna dari template kamu juga dapat mempercepat loading blog kamu. Jika di template kamu terdapat kode JS, Jquery atau kode CSS yang tidak ada gunanya di blog, Lebih baik singkirkan dari sekarang.

3. Hapus Widget yang Tidak Berguna

Nah ini juga tidak kalah penting, bahkan widget sering kali di "kambing hitam" kan oleh sebagian blogger sebagai penyebab loading blog menjadi lama. Memang memasang widget akan membuat tampilan blog lebih fresh dan berwarna, namun jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak memasang widget, dan membuat blog menjadi lama, kamu akan kehilangan para pengunjung blog kamu.

4. Kurangi Tombol Sosial Media

Sebenarnya penggunaan tombol sosial media sangat penting guna membangun trafik pengunjung dan blog kamu. Namun hindari penggunaan yang terlalu banyak. Sekarang, banyak juga situs-situs yang menyediakan tombol sosial media secara gratis seperti AddThis ataupun ShareThis. Gunakan saja tombol sosial media yang populer seperti Facebook, Twitter, Google Plus ataupun Pinterest. Saya sendiri menggunakan addthis dan loading blog saya tidak terlalu berat :)

5. Jangan Gunakan Plugin Komentar Tambahan

Maksudnya adalah fitur komentar yang asalnya bukan dari blogger. Pasti kamu pernah mendengar InstantDebate, Disqus, atau Fitur Komentar yang asalnya dari Facebook ? Jika blog kamu menginstall plugin-plugin tersebut, itulah juga yang menyebabkan blog kamu berjalan lama. Kalau tidak percaya, coba kamu kunjung blog yang menggunakan fitur komentar dari  blogger dengan yang bukan dari blogger. Mana yang lebih cepat ? 

6. Kurangi Postingan Di Homepage

Mengurangi jumlah postingan di homepager juga dapat meningkatkan kecepatan blog. Batasi jumlah postingan di homepage pada blog. Gunakan fitur readmore pada postingan atau tampilkan saja judul postingan pada blog, maka blog kamu akan berlari wusshhh wuusshhh.

7. Gunakan Template Minimalis

Template yang minimalis akan membuat loading blog lebih cepat dibandingkan blog yang terlalu berwarna. Memang bagus jika blog berwarna terkesan lebih cerah dan tidak kaku, namun jangan terlalu banyak menggunakan warna.

8. Kompress Kode CSS dan Javascript

Well, mengecilkan ukuran dari JS dan CSS juga akan membuat blog lebih cepat. Karena browser tidak akan memakan waktu yang terlalu lama dalam proses memuat javascript. Sudah banyak situs dan blog yang menyediakan tools gratis untuk mengkompress Javascript dan CSS. Kamu bisa cari cara dan tools-nya di google.

Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya berikan, ada tips yang lain dari kawan-kawan blogger ? tinggalkan tips kamu di komentar :)

Postingan Terkait:

75 comments:

  1. betul skali sob....blog yg loadingnya berat kurang pengunjungnya
    sedikit tambahan,loading blog bisa menjadi cepat dengan menambahkan kode.
    baca pada postingku...Cara Mudah Membuat Loading Blog Menjadi Cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya om dengan memasang beberapa kode juga bisa menjadi cepat, thanks yah omadam udah datang :)

      Delete
  2. Mantap sobat. Tapi punyaku sepertinya masih sedikit ringan dan belum bisa dikatakan sangat ringsn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe memang blog om rohmad ini ringan kok :) malah lebih ringan blog rohmad dari blog ane

      Delete
  3. tips yang bermanfaat sobat, coba satu satu ah, hatur tengkyu

    ReplyDelete
  4. kalo yang no .8 aku belum terlalu paham sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu maksudnya, ukuran template kamu di kompress, yang tadinya 100kb menjadi cuma 70 kb

      Delete
  5. hehehe pas baca > KOMENTAR "PERTAMAXX, KEDUAXX, NICE GAN, NICE SOB" dan sejenisnya tidak akan ditampilkan | saya jadi ingatteman yang dimana kalo saya update pasti saja pada update bengsing XD

    saya hanya mau minta saran dari Pak Master nih, ini untuk blogku, kira2 apa ya yang musti di kurang atau ditambahi lagi?? persaan sudah saya banyak yang dikurangi dan juga banyak yang di buang, malahan saya kompreeeeeeeeeeeeees tapi tetep saja berat, begimana ya harusnya? ditunggu jawabanya....

    *jangan lupa mampir balik master :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha dasar, komentar2 kayak gitu saya langsung hapus gan heheh

      waduh, memang sih blog agan menurut saya agak berat, menrut ane sih widget twitter itu yang agak berat sama slideshownya itu yang terlalu berat, namun yaaa, itu semua terserah agan. Toh blog itu kan dunia masing2 heheh. SO far si bagus2 aja, nyambung dengan template dan terlihat menarik :)

      Delete
  6. kalo di kompres terkadang berkurang kang

    ReplyDelete
  7. ane mah kagak ngarti javascript ama css gan. paling yang ngurangin widget sama tampilan sederhana aja

    ReplyDelete
  8. buat gue yg penting happy blogging bang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau blognya berat dan koneksi lelet, ya ga bikin heppy :p

      Delete
  9. Oke banget tips N triknya gan and dahsyat ...patut di terapkan nih

    ReplyDelete
  10. Klw pemasangan iklan yg berlebih juga berpengaruh dlm loading juga ya ndi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja om budi, apalgi iklan yang memakai flash :)

      Delete
  11. Kalau blog saya menurut ente lemot gak gan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan ringan kok :) cuma pas scroll kebawah itu agak berat gan

      Delete
  12. bagus nya template simple saja gan :D coba kunjungi blog ane hehhehe pasti cepet hahhaaaa

    ReplyDelete
  13. tutorial seperti ini yang akan selalu dicari blogger, berguna dan bermanfaat nih, semoga sharenya jadi pahala...amin

    ReplyDelete
  14. kira2 blog ane udah cepet belum yh sob??

    ReplyDelete
  15. yang nomor 8 saya masih meraba-raba. coba saya camkan dulu.

    ReplyDelete
  16. terima kasih banyak ilmunya sob..

    dulu aku mencari postingan seperti ini, tpi gak ketemu2,
    baru kali ini aku ketemu yang aku butuhkan.. hehehe

    ReplyDelete
  17. inilah yang selama ini saya coba praktekkan sob... tapi kadang terdapat masalah, ingin loading blog cepat atau tampilan blog yang keren... kalau memilih tampilan keren, pasti banyak make js dan css yang buat berat blog, tapi kalau mengutamakan kecepatan tampilannya kurang menarik.. hmmm bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sederhan, keren dan cepat loading nya juga ada tuh, kenapa harus bingung :)

      Delete
  18. Terima kasih banget nih bang sudah dishare berguna banget bagi blog aku bang...hahahyyyy

    ReplyDelete
  19. lagi proses pasang adsanse ya om

    itu space sidebar atas ada isi yang ga terlihat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyah kok kamu tau sih :D doain yaaaaahhhh

      Delete
  20. betul skli sob, untuk sekarang saya belum menambahkan lebih, karena mempertimbangkan dari beberapa poin diatas....

    ReplyDelete
  21. kalau nomor 3,4,5 dan 6 itu sudah bisa saya lakukan...tapi yang lain...mati kutulah aku jadinya..tida tahu mdan tidak begitu memahaminya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe padahal om hari ini kan masternya, om hari merendah saja nih hehehe :))

      Delete
  22. Oke langsung praktek. Blogku masih berat nih.

    ReplyDelete
  23. tambahan gan, kompres gambar sehingga tidak memiliki file size yang terlalu besar...

    ReplyDelete
  24. yg poin 6 mas, saya masih bingung kalau buat fasilitas 'readmore' gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah banyak blog yang membahas cara membuat readmore, bisa kamu cari di google :)

      Delete
  25. file javascript tuh apa gan? seperti apa bentuknya?

    salam hormat, akhy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk aslinya ya berupa kode2. Lebih tepatnya bahasa saudaranya dari bahas pemrograman java.

      sama2 gan

      Delete
  26. hooo makasih mas... ini penting, blog jangan sampe lemooot :)

    ReplyDelete
  27. kalau buka blogku gimana cepat gak? maaf kalau aku buka blog ini ada warning malware

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba pake avast yah ? kalau iyah,ane juga ada warning seperti itu, tapi itu kesalahan laporan saja mba :)

      Delete
  28. ehm, saya perlu ini yang kaya gini, supaya blog saya makin wus dan wus dah.. terutama yang nomer 8 tuh, ane juga make.

    ReplyDelete
  29. Tips yg mantap saya akan coba melakukannya
    terima kasih

    ReplyDelete
  30. kompres gue nyari kompress...
    tapi sayang kuota gue sekarat!
    save page, brader... :)

    ReplyDelete
  31. . . kalo blog aq kira^ apa ya yg bikin berat?!? bisa minta pendapat gak?!? plizZZ,, . .

    ReplyDelete
  32. ada yang lebih baru lagi nggak sob?
    BTW sebelumnya MAKASIH atas INFONYA.

    ReplyDelete
  33. Saya suka dengan artikelnya sob, sangat membantu sekali kebetulan blog ane kebanyakan hal-hal yang gak penting.

    ReplyDelete
  34. kompres html takutnya terjadi keslahan klu saya mw edit templte dilain waktu

    ReplyDelete
  35. Makasih ilmunya gan,

    ReplyDelete
  36. Kalo utk mengkompress Kode CSS dan Javascript gimana bang caranya?

    ReplyDelete
  37. gan, agar widget iklan flash dalam blog kita menjadi ringan dan cepat bagaimana caranya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  38. pengen cepet tapi susah juga yah, pake plugin / scrip compress.. kadang tampilan ancur

    ReplyDelete
  39. makasi gan atas ilmu pengetahuaannya

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More