Monday, September 10, 2012

8 Tips Untuk Seorang Blogger Pemula

Tips dan Trik UNIk untuk Newbie Blogger


Kira-kira sudah hampir 4 tahun saya mengenal dunia blog. Kalau di ibaratkan anak kecil, pasti lagi unyu-unyu-nya alias lagi lucu dan nge-gemesin seperti admin blog ini :p hehehe. Saat masuk ke dunia blog, awalnya saya bingung untuk memmbuat blog bertema apa, posting tentang apa dan banyak lagi masalah lainnya. Umumnya bagi blogger pemula akan kesulitan bila baru masuk ke dunia blog. Oke di postingan kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips unik dan menarik khusus untuk mereka yang baru masuk ke dunia blog. Di baca secara seksama yah :

1. Jangan Ikut-Ikutan

Blogger sekarang cenderung mengikuti trend yang sedang booming. Well, kalau masih dalam tema yang sama namun isi postingannya berbeda masih tidak apa-apa. Namun jika mengusung tema yang sama dan isi postingannya sama persis alias 100% copas ya sama saja bohong. 

Jika kamu baru masuk kedunia blog, usahakan mengetahui isi dari blog yang kamu bahas. Contohnya begini, jika blog kamu membahas tentang dunia otomotif, tentunya kamu harus mengetahui dasar-dasar yang terdapat di dalam dunia otomotif itu sendiri walaupun sedikit. Namun yang paling bagus adalah Jadi diri sendiri, artinya apa yang ingin kamu tulis di postingan, tulis dan nyatakanlah. Jangan cuma ikut-ikutan blog lain, karena itu tidak bisa membuat kamu berkembang.

2. Memperhatikan Tata Cara Penulisan

Menggunakan tata cara yang baik, sopan dan benar akan menarik perhatian pembaca blog kamu. Penulisan yang baik pun akan dapat mudah di mengerti oleh pengunjung blog kamu. Mungkin pada awalnya sulit untuk menulis dengan tata penulisan yang baik, namun seiring dengan banyaknya kamu berlatih menulis dan seringnya kamu membaca postingan-postingan di blog orang lain yang  bermanfaat, akan membuat tata cara penulisan kamu semakin baik. 

3. Jangan Ragu Untuk Belajar

Maksudnya adalah jangan ragu untuk "mencuri" ilmu dari orang lain. Di dunia ini tidak ada seorang pun yang lahir dengan kepintaran dan kecerdasa. Semuanya membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Jika kamu menemukan artikel yang bermanfaat di blog orang lain, janganlah ragu untuk mempelajarinya atau lebih bagus lagi bertanya kepada sang pemilik blog. Karena dengan bertanya akan membuka wawasan-wawasan lainnya dan memberikan kamu ilmu yang bermanfaat. Dan setelah selesai mempelajarinya, jangan lupa juga untuk menerapkannya, kalau bertanya dan sudah mengerti, lalu tidak di implementasikan maka hasilnya pun akan nihil.

4. Menggunakan Gambar yang Menarik

Jika biasanya mengambil gambar dari google, usahakanlah untuk menggunakan gambar kita sendiri. Apalagi gambar yang kita tampilkan di blog kita berkualitas bagus, tentunya akan menarik pengunjung serta pembaca untuk berlama-lama di blog kita.

5. Menulis Untuk Pembaca Bukan Untuk Mesin Pencari

Tidak ada yang meragukan untuk membuat blog menjadi terkenal adalah dengan melakukan berbagai macam optimasi. Namun bukankah kita masuk kedunia blog ini untuk dibaca oleh para pembaca ? bukan untuk si google ?. Well, pasti kamu juga pernah melihat blog yang isinya cuma biasa-biasa saja namun memiliki banyak pengunjung. Namun apa yang mereka berikan pastinya akan sia-sia, lagipula pengunjung yang datang pun hanya akan sekali-sekali datangnya. Dan juga siapa yang ingin datang lagi ke blog yang isinya cuma sampah ?

Fokuslah untuk memanjakan pembaca blog, bukan untuk meminta-minta dan mengikuti keinginan search engine. Jika postingan yang kamu hasilkan bernilai tinggi, maka google, bing dan yahoo lah yang akan menuruti kamu dan mencintai blog kamu.

Baca Juga :

6. Optimalkan Media Sosial

Kamu yang masih awam dunia blog akan lebih baik menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, pinterest dll, untuk menjaring pembaca-pembaca kamu. Promosi blog di SocMed akan lebih mudah dilakukan blogger pemula. Dan tentunya akan menarik pengunjung untuk datang ke blog kamu.

7. Interaksi Dengan Sesama Blogger

Ini juga hal yang penting, sesama blogger adalah bersaudara, entah itu tua, muda, yang sudah lama atau yang masih baru, Walaupun menggunakan platform blog yang berbeda-beda mereka semua adalah sama, yakni sebagai blogger. Cobalah berinteraksi dengan blog lain, sekedar mengisi buku Cbox atau lebih bagus lagi berkomentar. Dengan berkomentar antar blog tentunya akan membangun chemistry antar blogger itu sendiri. Semakin banyak berinteraksi, semakin banyak pula pembaca yang kamu dapatkan.

8. Nge-blog Dari Hati

Inilah salah satu inti dari blog itu sendiri. Mulai lah blog dari dalam hati dengan keseriusan namun dengan pembawaan yang santai. Nge-blog itu bukan pembawa berita yang terkesan kaku, jika kamu memiliki cerita yang menarik, informatif yang bisa kamu bagikan kepada pembaca, maka bagikanlah tentunya hal ini akan memberikan manfaat bagi blogger lainnya dan juga kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kamu yang baru berkecimpung di dunia blog. Jika dari kalian ada yang memiliki tips untuk para blogger pemula, jangan sungkan untuk membagikannya di sini. Tinggalkan tips dan trik kamu untuk para blogger pemula di kolom komentar. Peace :)

Baca Juga :

Postingan Terkait:

110 comments:

  1. saya masih bingung menentukan tema untuk blog saya, jadi lebih sering diisi artikel2 saya atau apapun itu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga gpp gan, yang pwnting nyantai ngeblognya ehehe

      Delete
  2. jadi belajar banyak ne disini ....
    apa lagi ane masih pemula...

    tanks infonya gan.

    ReplyDelete
  3. ngeblog dari hati.
    nah ini mengesankan banget.yang penting luwes dan jangan kaku ya? OK,ini beda sama koran atau media massa cetak koq ya?
    iya.. iya, OK saya camkan tipsnya

    ReplyDelete
  4. nomer lima kayanya sindiran yang mantap bagi yang cuma mengejar mesin pencari doang. heheheh. ane masuk ga ya? ane si cuma mengoptimalkan aja, :D, ga masuk situs sampah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh engga gan :) yang penting nomor 8 tuh ! :D

      Delete
  5. sya perlu belajar yang seperti ini dari abang, saya masih baru nie bang. trimakasih

    ReplyDelete
  6. thanks tipsnya ya, aku juga masih pemula eh salah pemalu:)

    ReplyDelete
  7. Setuju gan..Tapi Kalo Bisa Menulis Untuk Pembaca Sekaligus Untuk Mesin Pencari

    ReplyDelete
  8. jujur.. tips di atas, dulunya (waktu awal2 ngBlog), termasuk tips yang gag saiia percaya.. namun sekarang.. hmmm... tips di atas menurut saiia adalah tips terjujur yang emang harus kita punya ketika ngBlog :) makasii kang iia ;)

    ReplyDelete
  9. Blognya mantap mas =))
    Kunjungan Balik yuk :*
    jangan Lupa tinggalkan Jejak =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunjungan pertama gpp deh kenalan dulu, besol kita berkomentarnya sesuai postingan yah :D

      Delete
  10. kalo saya membahas tentang 'santai sejenak', semoga ilmu tentang santai yang saya miliki cukup untuk memanjakan pembaca.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget pan yang bisa di dapat dari blog abang :D

      Delete
  11. Paling suka poin nomor 5 dan nomor 8 :)
    intinya semuanya harus dari hati ya... :) Hm trima kasih, sangat bermanfaat bagi saya juga yg masih newbie heheheh

    ReplyDelete
  12. saya harus pratekin jga,, jngan asal membacanya aja

    ReplyDelete
  13. aku temukan tema sebelum tahu gimana cara buat blog

    hehehe sampai sekarang masih mumet ngubah nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi blog mba anis kan udah caem dan mantap menurut ane :D

      Delete
  14. perlu banyak belajar nich saya. memang gampang2 susah ngeblog.
    makasih sob masukanya...:D

    ReplyDelete
  15. popular post nya lucu euy, warna warni kaya rainbow cake :D

    hmm baiklah akan saya praktekkan tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe iyah dooonggg :D

      makasih juja sdah datang yah

      Delete
  16. Saya paling setuju sob yang no 8 memang kita ngeblog harus mulai dari hati atas keinginan kita, dengan tekad yang kuat dari hati kita maka kita selalu bersemangat dalam ngeblog,,,

    ReplyDelete
  17. menyapa sabat setelah sekian lama tak dapat bnerkunjung salam dari potret pertanian ya sob

    ReplyDelete
  18. selalu saya praktekkan sob sebagai seorang pemula...

    ReplyDelete
  19. Tips yang benar^ bermanfaat sekali buat saya sobat,
    Terus terang saja sob, saya suka membaca postingan ini, saya banyak belajar dg Blog ini, semoga saya bisa mengamalkan tips tersebut diatas
    terima kasih sobat.

    ReplyDelete
  20. ini keren, tipsnya untuk hati bukan untuk sahabat mesin :)

    ReplyDelete
  21. untuk yang poin 1, saya sangat setuju gan, jadi diri sendiri... ^_^

    itulah namanya berkarakter

    ReplyDelete
  22. tipsnya membantu saya biar tetap semangat ngeblog

    ReplyDelete
  23. Setuju banget apa yg dijelaskan diartikel ini, termasuk saya masih pemula di dunia bloger. dan masih harus banyak belajar dan menimbah ilmu tentang bagaimana mengelola sebuah blog dengan baik. terima kasih kawan. terus berkarya berikan yg terbaik.

    ReplyDelete
  24. pokonya harus dari hati, traffic mah cuma bonus bukan tujuan hehehe

    ReplyDelete
  25. semua tipsnya mengena sobat, bermanfaat buat saya Sebagai pemula sobat, trims sharingnya

    ReplyDelete
  26. Tips2 diatas dpt menjadikan yg newbie jdi senior dlm ngeblog.
    Klo mslh tema blog, sampai sekarang aku msih bingung menentukan tema yg tepat untuk blogku.
    Isi postingannya aja campur aduk.

    ReplyDelete
  27. Gue setuju dengan yang nomor 5. Artikel kita harus bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  28. nice advise sob :) newbie ikutan nimbrung juga ya :)

    ReplyDelete
  29. No 1 itu bagus. Soalnya sebagai pemula madjongke tidak pernah namanya ikut2an. Alasannya ya kita gak akan kebagian. Misalnya saja tentaang luna maya. Mereka yang udah jenggotan sekali posting bisa masuk halaman pertama meski besok-besok gak tahu. Tapi kalau buat kita kan perlu merangkak baru bisa jadi pertama. Keburu basi deh artikelnya. Itupun kalau bisa, kalau gak bisa ya cuma buat pelemah blog dimata search engine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mendingan nulis artikel yang awet terus2an :)

      Delete
  30. saya rasa blog sya memang belum sempurna, kala saya belajar disini itu ada baiknya sobat,trims

    ReplyDelete
  31. saya rasa blog sya memang belum sempurna, kala saya belajar disini itu ada baiknya sobat,trims

    ReplyDelete
  32. wahhh tips ini berguna banget bagi saya yang baru belajar blog.

    ReplyDelete
  33. makasi atas sharing tips nya gan, semoga ini bermanfaat untuk pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah bisa aja, om ucok kan lebih lama dari saya :)

      Delete
  34. Tips yang sangat bermanfaat buat saya selaku Blogger Pemula.. terimakasih sob atas artikelnya.. Salam kenal juga dari saya... :)

    ReplyDelete
  35. Asikk dapat tips mantab nih, cocok buat saya yang masih awam didunia blogging...
    Thanks ya kawan.. :)

    ReplyDelete
  36. nah, ini nich tips yang harus saya terapkan sebagai pemula, terima kasih tong sam cong :D

    ReplyDelete
  37. . . gaya menulis aq asal^n. jadi gimana donk n gak pake memperhatikan tata cara menulis kayak gitu. so,, . .

    ReplyDelete
  38. kalo gue sih rada males pake gambar bang , soalnya yang dikomentarin pasti gambarnya bukan tulisannya ... hehe

    walopun blognya jadi kurang menarik tapi lebih penting isinya bang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benr juga sih tapi ane pake gambar biar lebih menarik aja gitu hehe

      Delete
  39. saat saya blogwalking, saya temui banyak blog yang usia blog-nya masih sangat muda sekali..dan ternyata blog-blog itu sangat super sekali, baik mengenai tampilan maupun isi postingan-nya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mereka semua para blogger yang handal nantinya

      Delete
  40. tips yang menarik neh buat aku sobat, yang pasti na ngeblog dari hati.
    yg 1 lagi, jgn ragu untuk belajar,, terus semangat, mencari ilmu..

    ReplyDelete
  41. /Mmm.. aku sadar setiap postingan qu gak sebagus yang lain na, dan aku perhatikan itu, setiap udh di publis, aku mesti ulang kembali postingan tersebut soalnya kata2nya rada2 ketinggalan setiap aku menulis postingan, harus teliti lagi ya mas, thanx atas tipsnya, sgt bermanfaat ne.

    ReplyDelete
  42. mampir :)

    ditunggu mampir baliknya kak

    ReplyDelete
  43. tips yang menarik n bermanfaat sekali ndi.. :)
    cocok buat sy yg memang msh awam di dunia blog..
    trims ya ndi..share infonya... :)

    ReplyDelete
  44. iya setuju gan
    pilih tema blog dengan apa yang kita suka
    misalkan kita hobby otomotif kita bisa menulis banyak semuaya tentang otomotif , jika kita suka gadget kita bise menulis tetang gadget

    ReplyDelete
  45. Trims gan, Saya suka dengan blog anda, geren sih!

    ReplyDelete
  46. tips yg keren gan....sebagai pemula ini keren banget... cuma aku tetep aja msh bingung hehehe...

    ReplyDelete
  47. Blog yang bagus lengkap dengan isinya ., nice ., ya salam kenal.

    ReplyDelete
  48. terima kasih gan yang paling kena terakhir ngeblog itu dari hati salam kenal

    ReplyDelete
  49. Trima kasih gan, ni suatu nasehat yg sederhana tp berbobot bhwa sgala sesuatu d mulai dr nol ibarat manusia yg d lhrkn k dunia dr tdk bs & tau apa" lalu tumbuh dgn bimbingan yg baik hingga dewasa & bs menentukan jln hdp sendri, saya d sni ibarat bayi yg baru lahir btuh tuntunan serta bimbingan dari agan" smua,,,maklum baru mngenal dunia internet dah berkumis lebat,,,hehehe

    ReplyDelete
  50. saya ingin tanya tentang point nomer 7. Interaksi Dengan Sesama Blogger. kolom komentar di blog saya sengaja tidak saya pasang. apa itu bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan blog saya?

    terima kasih sebelumnya untuk jawabannya.

    ReplyDelete
  51. THANK gan info nya..
    izin belajar ya...

    ReplyDelete
  52. Mantap tipsnya gan, terutama untuk ane yg masih newbie..
    Jangan lupa dengan memilih niche gan, karena niche juga punya peranan penting untuk blog..

    ReplyDelete
  53. mantap nih infonya, cocok untuk blogger pemula kya saya

    ReplyDelete
  54. ok dah gan...salam blogger ane sebagai pemula musti banyak blajar lagi nih, nice blog deh :D

    ReplyDelete
  55. Bermanfaat banget postingannya kl copas dari buku catatan boleh tidak???

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More