Saturday, June 23, 2012

Pemahaman Tentang Konsep OOP (Object Oriented Programming)

Object Oriented Programming


Penulis Tamu - Penulis Tamu kita kali ini adalah Adam Syufi Ikhsanul Khair, di dalam artikel ini, penulis ingin memberi pemahaman lebih dalam kepada para programmer tentang OOP (Object Oriented Programming). Lihat bagaimana caranya menjadi penulis tamu di blog hzndi.
  
Bismillah…

Banyak programmer pemula yang bingung dengan konsep OOP(Object Oriented Programming) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Pemrograman berorientasi Objek. Terutama bagi Mahasiswa IT yang baru mengenal istilah ini setelah dijejali dengan Pemrograman berorientasi prosedur.

Bagi programmer yang hanya mengenal bahasa pemrograman Basic, Pascal, dan C, mungkin OOP masih terasa asing dan sulit (kecuali memang mempunyai bakat memahami yang kuat hehehe), dikarenakan pendekatannya yang berbeda dengan berorientasi prosedur. Karena OOP lebih melihat program sebagai “objek”.

Ambil contoh sebuah mobil, setiap mobil memiliki ciri atau attribut, misalnya warna mobil, spion, atau ban mobil, selain itu juga mobil juga mempunya perilaku atau method, misalnya berjalan, belok, atau menyalakan lampu mobil.

Lalu apa hubungannya dengan programming? dengan melihat program sebagai objek seperti mobil, maka setiap program pun memiliki atribut dan method, atribut program dapat berupa nilai variable atau konstanta, sedangkan perilaku atau method program tergantung pendefinisian yang dilakukan oleh programmer. untuk lebih jelasnya dapat kita lihat langsung dalam ilustrasi berikut :

Object Oriented Programming 
Terlihat jelas bukan?

Pertanyaan : “Lalu, apa perbandingannya dengan yang berorientasi prosedur? lebih mudah dipahami daripada yang sulit seperti itu ?”

Jawab : "Perbandingannya adalah OOP mempermudah penyusunan program, terutama yang berskala besar dengan baris koding yang beratus-ratus hingga beribu-ribu, didalam OOP tidak ada pengulangan blok statement untuk mendefinisikan hal yang sama, contohnya adalah program di bawah ini :

Object Oriented Programming

Setiap statement yang sama mesti diulangi, sehingga program menjadi susah dimengerti. Bandingkan dengan konsep OOP :

Object Oriented Programming


Seperti yang dapat dilihat, dengan hanya mendefinisikan satu blok statement, kita dapat mempersingkat baris program dengan signifikan.

Mungkin ada pertanyaan : “bukankah dalam prosedur, program tersebut dapat disederhanakan dengan penggunaan statement go to?”

Jawaban : Ya, mungkin didalam Prosedur memiliki statement goto sehingga program diatas dapat disederhanakan, namun meskipun begitu, tetap saja membuat program menjadi sulit dimengerti, terutama program dengan baris yang beribu-ribu, Pertanyaannya : “bisakah anda memahami seribu baris yang memiliki statement goto yang begitu banyak?”, disini lah letak keunggulan OOP, yang cukup mendefinisikan satu blok selanjutnya memanggil blok tersebut jika diperlukan, tanpa memerlukan statement perloncatan.

Setidaknya begitulah yang bisa saya gambarkan tentang OOP, dengan ditemukannya pendekatan ini, penyusunan dan pembuatan program menjadi lebih mudah dan gampang dipahami, untuk yang telah merasakan Bahasa Pemrograman OOP seperti Java, C++, atau PHP, maka akan dapat merasakan bedanya, maka, jangan ragu untuk merncoba.

Namun jangan meremehkan pemrograman berbasis prosedur, OOP sendiri adalah pengembangan dari pemrograman berorientasi prosedur, tanpa memahami prosedur, belum tentu kita dapat memahami OOP, untuk itulah Institusi-institusi pendidikan selalu memberikan Pemrograman berorieantasi Prosedur lebih dahulu. agar perogrammer pemula dapat memahami inti pemrograman itu sendiri.

Pemrograman berorientasi Prosedur sendiri masih memiliki tempat dihati programmer seperti Linux yang menggunakan bahasa C, atau Windows yang menggunakan bahasa Assembler. Lalu yang manakah yang lebih unggul? keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang tentunya belum dapat saya definisikan sekarang, dikarenakan keterbatasan ilmu yang saya miliki.

Kesimpulannya :
  • OOP(Object Oriented Programming) melihat sebuah program sebagai sebuah “objek” yang memiliki attribut dan method, setiap objek tentu memiliki attribut dan method yang berbeda sehingga mudah dalam membedakan objek yang satu dengan yang lain.
  • OOP dapat mempermudah penyusunan dan pembuatan sebuah Program, khususnya yang berskala besar.
Wassalam…

guest blog post
Oleh Penulis Tamu - Adam Syufi Ikhsanul Khair beliau adalah programmer, blogger dan Sekarang sedang menempuh pendidikan Sarjana S1 di salah satu Universitas Swasta terkemuka di Indonesia, pendiri sekaligus pemilik dari blog SCRIPT SHARE yang berbagi berbagai macam tutorial programming. Untuk lebih jelasnya, Silakan kunjungi blog beliau di http://newbiescript.blogspot.com

Postingan Terkait:

26 comments:

  1. huffftthh ternyata rumit juga ya om.. hehehe :)
    ditunggu komen baliknya om smbil senggol G+ sebelah kiri om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah loh, artikelnya sudah dibaca belum ? kok ribet :) ?

      Delete
  2. waduh, akhirnya pnya ane diposting juga
    thanx mas hendi, btw koreksi klo ada yang salah

    salam blogger :D

    ReplyDelete
  3. terima kaish banyak untuk pemahaman konsep OOP programmingnya sobat...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sahabat atas berbagi informasi dan juga pengetahuannya ini.

    Kalau mau membuat tulisan seperti pada sahabat ( ingin menjadi penulis tamu di Blog Ini ? Klik di sini) itu bagaimana yah..?
    Karena beberapa waktu yang lalu Blog Keperawatan juga membuka diri untuk menerima penulis tamu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyah gan, sering2 berkunjung yah :)

      untuk tutorialnya bisa ente lihat disini

      http://hzndi.blogspot.com/2012/04/menaruh-pesan-di-sticky-bar-dengan.html

      Delete
  5. wah nambah ilmu lagi nih
    kebetulan iseng iseng lg belajar c nih
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyah gan sama2 :) thanks sudah datang ke blog ane

      Delete
  6. nambah ilmu nihhh :P

    bang tukaran link yukk PR1???

    blog saya yang kuncir

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga dibaca yah postingan ane :) ?

      untuk tukar link silakan lihat bagian link exchange. ane ga nyedian tuker banner, soalnya bikin blog jadi berat

      Delete
  7. makasi artikelnya sob, jadi inget masa kul dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh emang ente udah lulus kuliah yah sob ?

      Delete
  8. jd programmer emang rada2 ribet, hrs bisa berlogika.
    kalo logikanya gak jalan,akan susah mempelajarinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibiasakan sejak dini sih sob :)

      Delete
  9. huaddduhhh... saiia ijin nyimak dee kang.. gag ngerti nii soalnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh ya lama2 juga mengerti kok gan :)

      Delete
  10. sob ane dah baca berulang2 nich tapi masih bngung cz ini perdana ane lihat tulisan yg berkaitan OOP, mklum masih newbie,,
    jadi bnyak yang harus dipalajari,,
    thanks bgt ya sobat,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh memang untuk yang baru agak sulit untuk dipahami, makasih sudah datang yah gan :)

      Delete
  11. Replies
    1. wah kayaknya postingan ane tidak dibaca yah ? :)

      Delete
  12. ehm, untuk kali ini saya kurang paham gan. karena lebih dalam mengenai IT kali ya, saya nyimak aja dah ya. ok, ternyata ud ada penulis pertama ya? keren....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang tentang IT gan :) heheh iya sama2 :)

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More