Thursday, June 21, 2012

Copas Artikel, Untung atau Rugi ?

Copass
Gambar dari Google.com

Postingan ini saya buat berdasarkan hasil uneg-uneg saya. Ketika itu saya sedang iseng-iseng mengetik nama blog saya di google, apakah ada perkembangan atau tidak. Di hasil pencarian google tersebut saya menemukan beberapa orang yang menyalin artikel dari blog saya, sebenarnya saya cukup senang dengan hal ini karena artikel di blog saya bermanfaat dan beguna untuk orang lain. Banyak pula yang menyalin artikel saya tersebut menyertakan link blog saya sehingga blog saya pun semakin terindeks oleh google.

Memang saya sengaja tidak memasang widget anti copas seperti anti klik kiri maupun klik kanan, karena menurut saya, ilmu itu harus di manfaat sebaik mungkin dan di sebarkan searif mungkin. Saya percaya bahwa sebagian orang yang menyalin artikel saya akan menyertakan sumbernya. Namun sayangnya ada beberapa orang yang entah "sadar", "tidak sadar", "sengaja tidak sadar" menyalin artikel di blog saya mentah-mentah tanpa menyertakan sumbernya, bahkan tidak dirubah kata-katanya sedikit pun !

Jengkel memang, saya merasa tidak di hargai, namun saya juga tidak ingin meminta-minta untuk di hargai. Saya akui saya pun saat membangun blog ini ada beberapa artikel blog saya hasil copas mentah-mentah dari website yang sudah terkenal seperti okezone.com maupun detik.com. Namun itupun saya sertakan link sumbernya (Jika menemukan artikel saya di blog ini yang tidak dicantumkan link sumbernya mohon beritahu saya). Karena saya menghargai penulis yang menulis artikel tersebut, setidaknya cara saya menghargainya dengan memberi link mati maupun hidup.

Memang menulis artikel hasil copas mempunyai keuntungan, diantaranya tidak cape mikir, hemat waktu dan hemat biaya, mempunyai artikel yang banyak dalam waktu singkat dan lain sebagainya. Namun apakah para copasser mentah2 ini sadar akan yang mereka lakukan itu secara tidak langsung akan mematikan kreatifitas pikiran mereka sendiri.

Saya pun tidak merasa keberatan jika ada orang yang menyalin 1 atau 2 artikel saya tanpa ada sumber atau kata-katanya tidak dirubah karena saya memaklumi mungkin mereka itu adalah blogger yang baru terjun di dunia maya ini. Setidaknya mereka yang sudah beberapa bulan bahkan tahunan di dunia blog sadar jika terus menerus copas mentah akan merugikan mereka sendiri. Dan jika ada yang menyalin artikel dari blog ini pun setidaknya dirubahlah dengan kata-kata sendiri, jangan telan mentah2 lalu mengklaim bahwa artikel tersebut adalah hasil keringat sendiri.

Bayangkan jika artikel yang sudah susah payah dibuat kemudian di ambil tanpa seizin orang yang punya lalu di klaim oleh orang lain, bagaimana rasanya ? (Jawab dari hati saja wahai copasser mentah2). Google pun sekarang dalam mengindeks blog/web seseoaranga akan melihat lebih dalam konten blog tersebut. Dan jika menemukan bahwa blog tersebut hanyalah blog copas maka Google tidak segan-segan untuk menghapus blog tersebut tanpa persetujuan sang pemilik blog (Baca artikel saya tentang google penguin disini).


Ingat, keaslian konten akan lebih dihargai pengunjung dari pada konten-konten tersebut hanya hasil bikinan orang lain. Dan tulisan ini pun saya buat sebagai instrospeksi saya juga. Terima kasih untuk yang sudah menyimak.

Postingan Terkait:

34 comments:

  1. sabar ya sob :).. ya siap sob saya akan laporkan jika ada orang yang menyalin/copas mentah-mentah dari blog sobat.. terimakasih ya sob atas pengalamannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas bantuannya komandan :D thanks sudah datang yah :D

      Delete
  2. setuji nih mah postingan ini, malah ada salah satu blog yang benar2 100% kloningan dari blog saya cuma beda template doang. mesti gimana ya mengatasi para Copaser? sedangkan google tidak menerima pengajuan gugatan saya terhadap blog yang menjiplak isi postingan saya. :)

    thanks mas hzndi dah share post seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampaknya agak sulit mengatasi para copasser ini, terlebih lagi njika para copasser tersbut memamng benar2 copas semua postingan agan (ane juga kayak gitu) yang penting kita hadapi dengan kepala dingin dan jangan emosi. Jelas google akan sulit menerima pengaduan sobat, terlbih lagi google mengindeks Jutaan blog/web setiap harinya. Kalaupun di respon oleh google, mungkin perlu beberpa waktu karena bukan blog ente saja yang mengajukan gugatan :) heheh


      oke gan sama, makasih sudah mampir :D

      Delete
    2. kalau menggunakan fasilitas query ati copas & anti blok nanti banyak yang komplain dari pengunjung, jadi mesti gimana ya?
      padahal blog saya intinya untuk berbagi informasi,

      Delete
  3. Etika dalam ngeblog tentunya harus menjadi perhatian, salah satunya mencantumkan sumber artikel, apabila kita melakukan copas atau rewrite artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. etikanya sih memang harus seperti itu, namun ada beberapa blogger saja yan tidak sadar

      Delete
  4. Ngeselin ya kalau tanpa sumber dan ngaku-ngaku itu tulisannya.
    Apalagi kalau mereka yang copas mentah2 ngasilin duit banyak dari blog @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ya begitulah, kadang mereka2 itu tidak menyadari etika seorang blogger

      Delete
  5. kalo gak ngubah kata-katan kayaknya bukan di sebut "copas", tapi "pencurian konten" ?????

    ReplyDelete
  6. Itulah resiko sharing di Internet, apapun bisa diambil tanpa harus bicara pada si pemilik. Begitupun dg artikel di blog/web, juga bisa di copas tanpa harus bilang.

    Tidak ada cara yg bisa mencegah copaser, setau saya cuma ada 2 yg bisa dilakukan: laporkan atau relakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ya begitulah, ane sih biarin aja selama mereka para copasser tidak melakukan hal-hal yang keterlaluan

      Delete
  7. sabar aja sob, mungkin postingan/kata-katanya dianggap bagus dan bermanfaat...ambil hikmahnya aja

    ReplyDelete
  8. saya sering copas dari situs2 yg terkenal saja sob, seperti okezone, detik, vivanews dengan merubah 70% tulisannya dan menyertakan link referensi di akhir postingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang saya juga seperti itu, ambil referensi dan ide untuk menulis

      Delete
  9. santai betul ya sob, copas macam gitu.. udah copas, malah ditempel di blog sendiri lagi. gak ada malu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ya kadanag begitulah ulah blogger nakal, biasanya sih bogger yang baru seumur jagung yang sering copas gitu

      Delete
  10. hehehe memang copas itu sering dilakukan para blogger yang males membuat postingan hehehe

    ReplyDelete
  11. mantap gan artikelnya, artikel blog ane juga banyak yang kopas bahkan ada yang 100% semua artikelnya kopas dari blog ane sampai foto ane dan foto temen2 ane exsis mejeng disana wkwkwkkw
    Tapi ane gak pernah marah-marah ataupun menggugat, udah biasa sih...
    Ada juga yang menggunakan copas oto matis, dg cara mencuri RSS feed blog kita, itulah kenapa ane selalu memunculkan nama blog berikut dengan linknya di antara postingan yang ane buat, terutama pada paragraf pertama dan terakhir, adalah agar nama dan link blog kita muncul bila ada yang copas mentah2 palagi yang oto matis, Bakal mejeng deh nama blog kita disana, kadang juga ane pasang juga link adf.ly diantara postingan, tak lain adalah setrategi untuk keuntungan kita dari kopaser blog....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sih, ane juga sudah masang tool khusus dari tnynt, jadi apabla ada copasser yang copas isi blog ane, akan langsung muncul sendiri link langsung ke blog ane. Biasanya sih yang baru terjun ke dunia blog yang sering melakukan copas2 gitu. kalau copasnya masih wajar mah, ane diemin, lah ini sampe lebih dari 5 artikel ane yang di copas tanpa ada sumbernya ? kan keterlalulan banget :@

      Delete
  12. masih beruntung jika cuma satu atau dua artikel, blog saya hampir semua di bajak ada disalah satu blog. tapi skrg sudah mulai saya laporkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah sob, laporkan saja sob, jangan sungkan kalau memang blog tersebut sudah keterlaluan

      Delete
  13. Sesuai keinginan kawan artikel ini tanpa sumber diposting oleh[w2b]
    http://hzndi.blogspot.com/2012/06/membuat-recent-comments-dengan-avatar.html
    Tanpa mengganti URL Avatarnya hasilnya biasa saja :D

    ReplyDelete
  14. setuju banget gan..
    saya juga jadi kesel kalo ada yang copas artikel dari blog saya..

    ReplyDelete
  15. Setuju masbro,,mencopas artikel/ posting memang tidak diharamkan namun dilihat dari sudut pandang positif masbro ada benarnya juga agar bermanfaat tapi setidaknya copaser meminta izin atau minimal mencantumkan kredit si empunya untuk menunjukkan bangsa kita adalah bangsa yang menghargai etika.

    ReplyDelete
  16. Benar itu mas saya juga gak suka kalau ada orang copas tanpa seijin kita terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah....gawat juga klu dihapus sama google blognya -_-
      padahal copasser manusia juga...hehe

      Delete
    2. Reza : hehe iya juga :)

      Adi : lah emang ente baru tahu kali ?

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More