Sunday, June 24, 2012

Link Pembangun Berbayar dan Link Pembangun Alami, Manakah yang Lebih Baik ?

 

Beberapa blogger mungkin sudah mengetahui tentang apa itu link pembangun. Link pembangun ini digunakan untuk meningkatakan trafik dari blog.web bahkan bisa juga meningkatkan Page Rank kamu. Link pembangun ini juga mempengaruhi hasil peringkat di mesin pencari. Semakin banyak dan semakin berkualitas link pembangun sebuah blog maka akan semakin baik pula pengaruhnya pada blog/web tersebut di mesin pencari. Link pembangun sendiri bisa dibedakan menjadi 2 Jenis, yakni link pembangun berbayar dan link pembangun alami atau tidak berbayar. Bagaimana sih cara membuat link pembangun ? Lihat caranya dibawah ini :

1. Link Pembangun Alami

Link pembangun alami adalah pengunjung blog kamu menaruh link blog/web atau link postingan kamu kedalam media sosial ataupun kedalam blog mereka sendiri. Mereka menaruh link blog kamu karena blog kamu punya konten yang berkualitas, bagus, menarik sehingga mereka tertarik untuk membagikannya kepada orang  lain agar ikut membacanya pula.

Kamu bisa membuat link pembangun alami kamu sendiri dengan cara :

1. Menulis postingan berkualitas tinggi, menarik, dan bagus sehingga menarik perhatian pembaca kamu untuk membagikan artikel blog kamu di media-media sosial. Lihat disini ada 6 tips dalam menulis artikel blog.

2. Gunakan sosial media sebagai alat utama untuk menyebarkan link pembangun dengan cara memasang widget khusus untuk media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Lihat disini cara untuk mendapatkan banyak orang membagikan link postingan kamu.

3. Jadilah seorang penulis tamu dengan tulisan yang baik dan menarik di website yang memiliki Page Rank yang lebih tinggi dari blog kamu. Jika kamu membuat sebuah postingan yang menarik untuk para pembaca website tersebut, di akhir postingan tersebut tentu saja akan disertai link blog kamu dan mungkin saja ada beberapa pengunjung yang akan mengunjungi blog kamu dalam jumlah yang banyak ! Lihat disini untuk menjadi penulis tamu di blog hzndi.

4. Berkomentar, Hal ini sudah saya tekankan di beberapa postingan blog saya. Berkomentar pun lebihbaik daripada sekedar mengisi buku tamu saja. Dengan berkomentar pada sebuah situs entah itu blog do follow atau no follow akan tetap memberikan sebuah link pembangun kedalam situs kamu. Dan blog orang lain yang kamu komentari pun akan memberikan komentar balik kedalam blog kamu. tentu saja jika komentar kamu berhubungan dengan artikelnya. Lihat disini cara membuat blog banyak komentar

Hasilnya :

Membangun sebuah link pembangun dengan cara alami bedasarkan kepuasan pembaca tentu akan jauh lebih baik. Mesin pencari juga bereaksi positif terhadap blog/web yang menggunakan cara-cara link pembangun alami sehingga meningkatkan kepopuleran serta peningkatan peringkat di dalam blog kamu.

2. Link Pembangun Berbayar

Setelah mengupas habis tentang link pembangun alami, saya akan membahas tentang link pembangun berbayar. Link pembangun berbayar adalah kamu membayar orang laink untuk menaruh link kamu disitus mereka sesuai dengan jumlah bayaran yang kamiu berikan. Tentu saja hal ini bukan berdasarkan dari kualitas postingan dari blog kamu.

Cara membuatnya adalah :

Kamu tinggal mencari seseorang yang bersedia untuk menempatkan link kamu di blog mereka. Dan mereka pun tinggal menaruh link kamu setelah menerima bayarannya. Memang ada beberapa perusahaan yang menawarkan jasa untuk membuat link pembangun, dan tampaknya cara inilah yang disukai oleh para mesin pencari.

Hasilnya :

Tentu dengan menggunakan link pembagun berbayar akan menigkatkan visibilitas blog dan peringkat kamu di mesin pencari akan menigkat dengan pesat dibandingkan dengan link pembangun alami. Memang semua itu hanya terjadi sementara saja, dan jika kamu tertangkap basah oleh mesin pencari, maka hal ini bisa dianggap curang Kamu bukan membuat konten yang berkualitas namun hanya membuat konten yang biasa bahkan konten yang buruk saja. tentu ini nantinya akan merugikan para pembaca dan perlahan-lahan akan meninggalkan blog kamu.

Jadi, Harus pilih yang mana ? Link Pembangun Alami atau Link Pembangun Berbayar ?

Jika kamu memilih cara yang adil, aman dan jujur maka gunakanlah link pembagun alami. Walaupun dalam penerapannya lebih lama dari link pembagun berbayar, tetapi hasilnya sangatlah memuaskan dari link pembangun berbayar. Kamu akan mendapatkan pagerank yang tinggi dan juga dapat mempertahankan pagerank tersebut dalam waktu yang sangat lama. Namun jika kamu ingin waktu yang lebih cepat, gunakanlah link pembangun berbayar, maka akan meningkatkan visibilitas blog kamu dengan sangat cepat. Tetapi hal ini juga akan merugikan website kamu yang pada akhirnya akan mengalami penurunan peringkat di mesin pencari. 

Semuanya dikembalikan kepada masing orang ingin menggunakan yang Alami atau yang Berbayar. Jadi yang manakah pilihan kamu ? :)

Referensi : http://www.spiceupyourblog.com/2012/06/organic-link-building-vs-paid-link.html

Postingan Terkait:

35 comments:

  1. weh mantab,, ternyata pirasat saya ada benernya yah ,,, klo make domain bisa merosot suatu saat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kok domain sih ? menggunakan domain justru akan membuat blog/web mendapatkan tempat yang lebih tinggi di mesin pencari sob :) maksud artikel diatas tuh nyebar link dengan membayar orang lain, ya semacam menyebar spam juga sih :)

      Delete
  2. mendingan yang gratisan gan gak usah bayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semuanya dikembalikan kpada masing2 orang, ane juga mendingan yang alami sih hhehe

      Delete
  3. Link pembangun alami artinya perlu aktif blogwalking...

    Kalau saya, selagi net lancar dan waktunya bisa menjelajah blogging ya blogwalking dan visit back pda para blogger yg sudah meninggalkan jejak di blog saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik lagi blogwalkingnya dengan berkomentar, karena berkomentar akan meninggalkan link permanen daripada hanya mengisi chatbox saja :)

      Delete
  4. Ilmu yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang ngeBlog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas gundul, makasih sudah datang yah ;)

      Delete
  5. wahh,, saya milih yang alami aja deh .. komentarin aja terus blognya orang laen.. mudah2an lebih membantu ..

    ReplyDelete
  6. hmm jadi berkomentar termasuk pmbangun link alami yaa.. jadi walaupun blog nya no follow juga memebangun link.. wah asik, jadi semangat komen komenan nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, mau itu blog do follow atau no follow, google akan tetap mengindeks blog kita. coba saja ente ketikan nama blog ente di google, pasti akan tetap terindeks walaupun berkomentar di blog no follow. Ane jarang tuh berkomentar di blog do follow, tapi PR ane langsung naik dari 0 ke 2 :)

      Delete
  7. biasanya saya membuat beberapa akun di jejaring sosial, terus sering posting link tulisan saya yang ada di blog ke kronologi sendiri..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah cara itu juga bisa menigkatkan link sobat :D

      Delete
  8. Yang mana aja boleh yang penting berhasil, :))

    ReplyDelete
  9. wowww
    Disinilahh sya mendapat ilmu bru
    Dan bsa untuk d uji ...

    Happy blogging gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan disimak jika memang bermanfaat untuk agan :D

      Delete
  10. Informasi bagus sob. Kalau saya suka yang alami soalnya gak punya diut jika harus memilih yang berbayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama ane juga gan :D

      Delete
    2. Hehe. Jangan suka merendah sob. Tidak baik, Kalau madjongke sih memang apa adanya.

      Delete
  11. Dengan cara alami kita bisa belajar lebih banyak untuk meningkatkan kualitas blog yg kita punya sob. jadi pilih yg alami hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh memang yang alami menjanjikan tetapi harus penuh dengan kesabarraaan

      Delete
  12. Trik Ilmunya sangat bermanfaat gan..jadi lebih tau nih gue soal yg ginian..

    ReplyDelete
  13. kalau saya lebih suka yang alami walaupun banyak kekurangan, soalnya mau yang berbayar tapi gak ada uang sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ane misalnya punya banyak uang, ane pilih yang berbayr dulu trus yang alami deh :p hehehe

      Delete
  14. yang point satu dalam banget. bisa kesana-sini dan beresensi. saya jadi buka kemana-mana dan akhirnya bilang: ohhh, ternyata begitu to..
    makasih masukannya

    ReplyDelete
  15. Berhubung saya msih newbie, saya pilih yg alami aja lah :).
    Klo yg berbayar, saya gk pnya bnyk budget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyah sih, tinggal pilih yang enak yang mana gan :D

      Delete
  16. . . lebih baek pake yg gratis tis tis tis tapi gak ganti^. pasti lebih ocae. dari pada bayar tapi ganti^ mulu untuk cari yg murah. ea kan?!? he..86x . .

    ReplyDelete
  17. Makasih infonya gan, kalau saya ngeblog nggak pernah memikirkan link pembangunan, pokoknya nulis konten saja yang berkualitas...

    ReplyDelete
  18. artikel yg sangat menarik sob, dan aku suka ulasannya yg menarik dan salam kenal dari mico ya, thanks sob. from freedownloadcinema.com

    ReplyDelete
  19. saya sedang berusaha untuk meningkatkan peringkat di pencarian google dan alhamdulillah saya jadi banyak ilmu tambahan di artikel anda.Terimakasih banyak!

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More