Thursday, June 21, 2012

Apa Itu SEO Negatif


Di zaman sekarang ini, membuka "lapak" di dunia Internet merupakan hal yang sangat menggiurkan dan banyak keuntungannya daripada membuka dagangan di dunia nyata. Di Internet, seorang pedagang, perusahaan tidak perlu membeli sebuah tempat untuk berdagang, atau membangun sebuah toko. Yang perlu mereka lakukan hanyalah membuat website dan mulai memperkenalkan produknya. Namun bersaing di dunia Internet bukanlah perkara yang mudah, Google yang notabene sebagai "Raja" mesin pencari menjadi patokan apakah suatu web/blog tersebut terindeks oleh google sehingga blog/web yang apabila dikelola oleh suatu perusahaan/pedagang mendapat peringkat 1 di dalam SERPs akan mendapat banyak keuntungan seperti trafik yang melimpah.
 
Demi mencapai tujuan tersebut, tak jarang beberapa orang melakukan SEO negatif untuk membunuh para pesaing-pesaingnya, iklan jual SEO negatif tampaknya telah bermunculan di seluruh web. Memang sejauh ini sebagian besar webmaster percaya bahwa untuk sementara spam backlink tidak akan menyampaikan manfaat ke situs web, mereka tidak dapat memberikan efek yang buruk terhadap situs yang "baik".  Namun baru-baru pada forum Webmaster itu sendiri, Google mengakui bahwa pihak ketiga dapat mempengaruhi peringkat situs kamu.


Apa itu SEO Negatif?

Secara teoritis, ketakutan atas SEO negatif adalah sangat nyata. Google Penguin jelas menargetkan webpspam dan Google telah secara tegas menyatakan bahwa ia akan menghukum situs dengan backlink spam.

Pertanyaan-pertanyaan kunci tentang webmaster adalah-"Apakah melakukan negatif SEO adalah hal mungkin? "Apakah kita melihat semacam terorisme SEO?"

Jawabannya ada, Ya dan Tidak

Apakah Taktik Praktis dalam SEO Negatif?

SEO negatif dapat mencakup, melakukan hacking ke dalam situs web seseorang, mengubah kode, pembatasan mesin pencari mengindeks halaman, menyuntikkan link spammed, malware, dll, ke situs kamu. Kamu dapat melindungi situs kamu terhadap jenis-jenis serangan dengan cara menghubungkannya ke celah keamanan.

Namun SEO Negatif juga biasa dilakukan oleh para penyerang seperti di bawah ini:
  • Outsourcing spam backlink untuk mendapatkan situs Anda dihukum.
  • Pelaporan situs kamu sebagai situs untuk spam dan link spam ke Google.
  • Menulis review Palsu Beberapa di listing bisnis situs yang kamu kelola di Google Places.
  • Mencuri konten situs kamu sebelum konten tersebut diindeks dan posting di tempat lain,Sehingga   terlihat jika situs kamu adalah cuma situs copas.
Haruskah Webmaster Dan Blogger Menjadi Takut?

Janganlah takut ! tapi webmaster dan para blogger perlu menyadari. Manipulatif negatif strategi SEO seperti membangun ratusan link spam ke situs kamu akan bekerja jika hanya kamu tidak memiliki portofolio yang terdiversifikasi padat inbound link yang dibuat melalui teknik klasik White SEO.

Ini berarti jika kamu telah melakukan  promosi di media sosial dan pemasaran konten yang tepat, kamu akan berada di kelompok berisiko rendah untuk serangan SEO negatif.

SEO negatif ini difokuskan pada identifikasi kelemahan situs kamu dan mengeksploitasinya. Semakin kuat kamu pada on-site SEO dan off-site SEO, maka semakin rendah situs kamu mendapatkan diserang atau terpengaruh.

Google mendapatkan ribuan laporan Spam setiap bulan. Situs kamu berada pada risiko menghadapi denda jika kamu telah terlibat dalam spam atau menawarkan spam untuk promosi kepada para orang yang ingin di promosikan situsnya. Sebuah laporan spam yang mungkin mendapatkan Google untuk melihat lebih dekat pada situs kamu. Namun, jika SEO situs kamu tampak alami (tidak diisi dalam kata kunci, host konten berkualitas baik dan asli, memperbarui bagian blog secara teratur) dan memberikan pengalaman pengguna yang baik secara keseluruhan, laporan spam pum tidak akan mempengaruhi situs kamu.

Laporkan Ulasan yang Mencurigakan

Kamu dapat mencegah orang mencuri konten situs kamu dengan bookmark ke situs berbagi sosial seperti facebook dan twitter segera dengan setelah kamu mempostingnya. Tidak hanya itu praktek yang baik, dalam hal membangun reputasi sosial situs kamu, bookmark di situs berbagi terkenal mendapatkan konten diindeks lebih cepat.

Akhirnya, pastikan kamu membuat account Google Webmaster dan check-in secara teratur.

Bahwa SEO negatif ada saat ini adalah sebuah fakta, apakah itu benar-benar dapat mempengaruhi situs kamu sangat tergantung pada teknik SEO yang kamu ikuti. Seperti:

  • Buat link profil beragam.
  • Dapatkan link melalui postingan yang berkualitas.
  • Fokus pada pengguna melalui terlibat baik di situs SEO dan juga isi konten yang luar biasa.
  • Gunakan campuran yang baik dari kata kunci.
  • Terjun langsung di media-media sosial melalui teknik yang positif dan efektif pemasaran media sosial,
  • Bahkan jika kamu belum berlatih teknik-teknik SEO, kamu bisa mulai sekarang. 
Tidak saja mereka akan membantu kamu meningkatkan SERPs situs kamu, tetapi juga akan menawarkan perlindungan blog/web kamu terhadap serangan SEO negatif.

Akhir kata, Artikel diatas bukannlah admin hzndi yang menulisnya, admin hanya menerjemahkan kedalam kata-kata admin sendiri, mohon maaf bila ada salah pengartian. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat artikel alinya di bawah ini.

Sumber : http://www.spiceupyourblog.com/2012/06/negative-seo-bogeyman.html

Postingan Terkait:

29 comments:

  1. mantab gan infonya, baru tahu nih tentang istilah SEO negatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga baru tau tentang hal ini, makanya ane bagikan karena menuut ane ini bermanfaat :)

      Delete
  2. artikel yang sangat menarik mengenai SEO negatif sobat...

    ReplyDelete
  3. wahhh, saya harus banyak belajar tentang algoritma nih,, :))

    ReplyDelete
  4. sungguh bahaya y sobb seo negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat brbahaya apalgi untuk blog yang masih baru

      Delete
  5. wah ternyata bisa juga berubah menjadi negatif yaa.. membunuh pesaing lainya,,, bisa ngeri juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya emang berat sob, kalau ada saingan ente yang ga suka sama blog ente, terus melakukan SEO negatif ini, bisa2 blog ente ga ke detect lagi sama google

      Delete
  6. hmm newbie seperti saya sepertinya tiak terlalu memperdulikan hal demikian.. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang harus ente pelajari, jangan tidak peduli sob, kalau blog ente suatu saat kena SEO negatif ini bagaimana ? :)

      Delete
  7. baru tahu ada black seo,,,
    sayahmah yg wajar2 ajah ya ,,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  8. Ooooh ngono toh.. sama nih, baru tau juga ada segala seo negatif. Makasih ya dah sharing :D

    ReplyDelete
  9. SEO negatif di dunia online, itu semacam praktek hitam untuk menjatuhkan saingan bisnis dalam dunia nyata ya.. :)
    rupanya dunia maya dan dunia nyata tidak begitu jauh perbedaannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan dunia maya asalnya dari dunia nyata sob hehe

      Delete
  10. kalau ngomongin masalah SEO nggak ngerti gan, kayaknya harus belajar dari dasar dulu deh, benar-benar dari dasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ane juga baru belajar, mari belajar bareng2 :)

      Delete
  11. wah pusing ane bacax, smakin dibaca smakin pusing,,,
    maklum newbie gan,,, thanks infox gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe yaudah gpp, makasih yah gan udah datang :D

      Delete
  12. aq semakin bingung setelah banyak membaca tentang pengendalian blog

    ReplyDelete
  13. udah baca banyak artikel tentang seo, masih bingung juga

    ReplyDelete
  14. bos, ane minta saran. ane kan punya blog, dah ada di posisi atas. eh ada orang neg. kita yg copast konten ane buat bkin backlink k forum2. akibatnya blog ane ga k index lgi. ane dah kontakin tuh orang, tpi ga ditanggepin serius. malahan hsil backlink kopasannya ngedongkrak blog dia sampe beda 1 posisi doank. mnurut bos, ane harus ngapain? laporin ke google apa minta nutupin blog dia? mohon bantuannya, klo bisa email-in ane ke nando.eri@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ente laporkan saja ke google dan nyatakan blognya sebagai blog SPAM. Lalu beritahu kepada pengunjung blog tersebut bahwa isi dari blog tersebut merupakan hasil copas dari blog ente sob. Mungkin artikel dari blog ini bisa membantu :

      http://www.super-gaptek.com/2012/05/inilah-cara-melaporkan-blog-copas-ke.html?m=1

      atau kalau masih bingung, ente bisa cari di google tentang "cara melaporkan blog ke google." Kalau masih ga bisa juga, yaudah ente tetap posting seperti biasa dan cari backlink sebanyak2nya untuk meningkatkan hasil SERP di mesin pencari. Daripada ngurusin blog orang yang ga habis2 mendingan ngurusin blog sendiri :) itu saja sih saran dari saya, mohon maaf bila jawabannya ga mengena hehe

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More