Monday, June 2, 2014

Cara Memilih Nama Blog & Situs yang Ramah SEO

http://www.heyblogger.net/2014/06/cara-memilih-nama-blog-yang-ramah-seo.html

Topik yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah tentang nama. Memilih nama untuk sebuah situs cukuplah sulit, saya harus akui itu, saya pun begitu ketika saat pertama kali memulai dunia blogging. Memang ada seorang penyair ( or whatever he / she is ) bilang "Apalah Arti Sebuah Nama", tetapi kalian tahu bahwa nama untuk sebuah blog cukup berpengaruh dalam banyak hal, termasuk dalam hal SEO itu sendiri. Menurut pengalaman saya selama surfing di dunia blogging, biasanya para blogger memilih nama untuk blog / website yang dikelolanya dengan menggunakan nama mereka sendiri. Saya pun dulu juga begitu, saat memulai sebuah blog sangat bingung memilih nama apa dan pada akhirnya memilih nama sendiri hehehe.

Ok, sesuai dengan intermezzo diatas, kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang akan memilih nama blog / website kamu baik untuk kamu yang baru ingin masuk kedunia blogger atau yang sudah sepuh dalam dunia blogger.

1. Jangan Menggunakan Nama Terlalu Panjang

Hal ini merupakan yang paling utama dalam pemilihan nama sebuah blog, Kenapa ? karena apabila kamu memilih nama yang panjang untuk blog kamu maka orang-orang pun akan malas mengetik nama blog kamu tersebut. Alasannya sangat simpel sekali bukan ? tapi ini cukup berpengaruh loh ! contoh validnya begini, kalian pasti mengenal berbagai macam situs seperti facebook.com, google.com, blogger.com, detik.com , kompas.com, dll bukan ? apakah situs-situs tersebut menggunakan nama yang sangat panjang ? TIDAK ! 

Saya amati beberapa situs / blog yang sudah terkenal lebih memilih nama yang simpel, pendek dan mudah diingat, sehingga para pengunjung akan dengan sangat mudah mengigat situs mereka. Terlebih lagi, usahakan jangan menggunakan nama untuk blog lebih dari 10 karakter, ya kalau lebih dari 10 karakter agak susah diingatnya bukan :D ? nanti pengunjung blog malah lupa nama situs kamu.

2. Pilih Nama Sesuai Tema Blog

Memilih nama sesuai dengan tema blog yang dikelola cukuplah penting. Misalnya begini, kamu memiliki blog nama blog carajahitbaju.com tapi ketika dikunjungi blognya, ternyata isinya tentang jenis-jenis resep makanan, ya ga nyambung sekali bukan ? 

Saya disini tidak menyalahkan apabila kalian sudah menggunakan nama kalian sendiri sebagai nama blog kalian, namun alangkah baiknya kamu memilih nama blog sesuai dengan tema blog yang kalian kelola, jangan salah loh, nama blog juga bisa dianggap sebagai "keyword" oleh google dan ini juga mempengaruhi hasil pencarian blog kita di google. Coba deh kalian amati saat kalian sedang mencari sesuatu di google pasti nama situs tersebut juga berhubungan dengan isi kontennya bukan ? :)

Contohnya begini, niche sebuah blog adalah tentang sebuah blog, ya tinggal disisipkan saja kata "blog", "blogger", "blogging" sebagai nama blognya :D

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Strip & Angka

Penggunaan strip ( - ) dan angka dalam nama blog / situs memang sedikit berpengaruh dalam SERP & SEO. Karena menurut pengamatan saya, beberapa situs yang sering nongol di pencarian atas google masih menggunakan strip ( - ) serta angka diantara nama blog mereka. Namun, mereka menggunakannya juga masih dalam tahap yang wajar, karena tidak terlalu menggunakan banyak strip atau angka. Sebuah blog yang terlalu menggunakan banyak strip atau angka akan terlihat buruk dan malah terkadang susah untuk diingat. Apalagi terdapat angka ditengah-tengah nama situs tersebut, makin susah diingat saja bukan ? jadi usahakan gunakan angka dan strip dalam penggunaan yang wajar. 

Saya sarankan sih untuk penggunaan strip ( - ) sebanyak satu buah saja sebagai penyambung & angka maksimal 3 buah agar mudah diingat. Namun saya tidak menyarankan menyisipkan angka ditengah-tengah nama sebagai pengganti huruf, karena itu akan mempersulit pengunjung mengingat nama blog kita :)

4. Gunakan Nama yang Unik

Gunakanlah nama yang unik untuk blog kamu, sebuah nama yang unik akan lebih mudah diingat oleh pengunjung daripada nama-nama yang sudah ada dipasaran. Apabila nama kamu terlihat catchy & greget, akan lebih disukai oleh pengunjung blog kamu.

5. Gunakan Google Keyword

Seperti yang sudah saya jelaskan di poin kedua, nama blog juga berpengaruh terhadap keyword kamu di google atau mesing pencari lainnya. Untuk itu, gunakanlah sebuah tool dari google bernama google keyword. Usahakan dalam memilih nama blognya yang memiliki lebih sedikit pesaing dan sering dicari digoogle, sehingga blog kamu sendiri nantinya akan lebih "ngangkat" di mesin pencari.

Kesimpulan 

Penamaan untuk sebuah situs / blog sangatlah penting. Sebuah nama dapat berarti segalanya, nama blog yang simpel, mudah diingat akan lebih disukai oleh pengunjung daripada nama yang ribet & panjang. Selain itu nama blog yang sesuai dengan tema blog yang kita kelola juga akan lebih ramah untuk mesin pencari, karena nama kita bisa dianggap sebagai "keyword" :)

Ada yang mau menambahkan ? silakan tinggalkan komentar kamu dibawah ya :)

Postingan Terkait:

14 comments:

  1. aa-- kek ditabokin sana sini . >.<
    1. URL aku ribet pakek banget, setelah aktif bw sana sini, aku jadi pengen ganti tuh URL, tapi udah terlanjur enak banget sama google, mau ganti jadi malas >.<

    2. Nama blog aku pakek nama aku sendiri, deskripsi blog aku malah kata mutiara >.<

    tapi klo di pikir-pikir gapapa juga sih yah, kan blog aku tidak di uangkan dan tidak untuk mencari rating tertinggi google, ibaratnya semacam diary online dan folder online yang buat nyimpen apa-apa punya aku . :D . #ngeles

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo buat senang-senang juga gpp n& nda ada yang larang. tapi kalo "diary" itu kan ga boleh ada yang tau, tapi kok blognya malah dikasih tau ke orang2 :p

      Delete
  2. infonya menarik sobat, apa kabarnya nih sudah lama tak berkunjung :D ane juga baru aktif lagi sob :)

    ReplyDelete
  3. yups, sangat setuju sekali.. nama itu hrs simple, mudah diingat, pendek, dan paling penting adalah unik menarik, apalagi jika bikin penasaran..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat penasaran mungkin lebih masuk ke konten, bukan nama :)

      Delete
  4. waduhhh, klo nama blog ku terlalu pribadi ya kayaknya... :(

    ReplyDelete
  5. nama blog saya panjang sekali, ternyata memilih nama blog berpengaruh kepada trafik blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, kalo kepanjangan ya macem diataslah hehe

      Delete
  6. udah jelas-jelas aku nulisnya diary online loh, lagian hal yang terlampau pribadi kan gak aku tulis juga . :P
    dan untuk masalah share tulisan kan hak aku, wong aku yang nulis . :P
    cuma cerita-cerita aja biar ada maenan . :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pfftt, kalo mau yang lebih pribadi ceritanya ke aku aja lah haha :3 :p

      Delete
  7. makasih, nambah ilmu nih soal pemilihan nama blog yang ramah SEO

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More