Tuesday, September 18, 2012

7 Cara Mendapat Pengunjung Dengan Mudah

7 Cara Mendapat Pengunjung Dengan Mudah


Siapa sih yang tidak ingin trafik pengunjung blognya tinggi ? postingannya di baca banyak orang ? dan artikel-artikelnya yang bermanfaat di bagikan orang lain ? tentunya akan sangat-sangat mau seperti itu bukan ?. Terlebih lagi untuk seorang blogger, pastinya memiliki trafik pengunjung yang tinggi menjadi impian sebagian kalangan blogger.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk membangun trafik yang tinggi, salah satunya adalah dengan teknik SEO. Teknik SEO sendiri itu ada lumayan banyak sekali, seperti kita harus mencari keyword yang cocok untuk blog kita, memasang beberapa kata untuk meta tag, optimasi gambar, dan lain sebagainya.

Baiklah jika kamu tidak terlalu mengerti tentang SEO atau bahkan tidak peduli tentang SEO kamu masih bisa mendapatka trafik pengunjung yang banyak dan melimpah. Caranya pun sangatlah mudah, tidak perlu mengutak-atik template blog, memasang kode dan tahu tentang bahasa programming lainnya. Pemula pun bisa melakukan teknik ini. Oke, sekarang kamu perhatikan teknik kece untuk dapatkan banyak pengunjung.

1. Content is The Real KING

Konten. Yup benar, tulislah artikel-artikel dan konten yang bermanfaat untuk para pembaca setia kamu, memang pada awalnya akan sedikit kesulitan untuk menulis artikel yang baik dan bagus, namun seiring dengan banyaknya kamu menulis pada blog, hal itu bukanlah masalah besar. Seimbangkan jumlah frekuensi artikel di blog kamu. Postinglah minimal satu artikel sehari agar pembaca kamu saat mengunjungi blog kamu lagi tidak bosan dan selalu menemukan hal yang baru.

2. Berkomentar

Jika kamu membaca postingan saya tentang SEO, pasti akan banyak menemukan kata "komentar". Benar, inilah cara yang paling ampuh, mudah, murah dalam menarik pembaca. Berkomentarlah pada blog yang memiliki kualitas ranking, trafik serta artikel diatas kamu. Dengan begitu kamu pun akan mendapatkan imbasnya.

3. Menjadi Penulis Tamu Di Blog Berkategori Sama

Menjadi penulis tamu juga bisa membangun trafik pengunjung. Apalagi jika kamu menjadi penulis tamu yang sesuai dengan tema blog yang kamu punya. Itu lebih bagus lagi. Misalnya begini, kamu mengelola blog tentang dunia komputer, maka kamu harus mencari blog dengan tipe yang sama dengan kamu, kemudian kamu mendaftar jadi penulis tamu di blog tersebut. Selain membangun trafik pengunjung, menjadi penulis tamu juga bisa meningkatkan PageRank loh !

4. Penanda Sosial (Social Bookmark)

Menggunakan situs penanda sosial pada blog juga akan meningkatkan trafik dengan cepat loh. Oke, akan saya jelaskan sedikit tentang sosial bookmark. Sosial Bookmark adalah semacam pelayanan submit url gratis yang digunakan untuk menambah jumlah pengunjung. Situs social bookmark ini ada banyak sekali, hingga ribuan dari seluruh dunia. Contoh social bookmark yang terkenal adalah Digg, Pinterest, StumbleUpon, Reddit dan lain sebagainya. Dan contoh social bookmark dari Indonesia adalah lintas.me. 

Selain untuk menambah jumlah pengunjung, fungsi dari situs penanda sosial adalah untuk membantu google mempercepat pengindeksan blog kamu. Jadi semakin banyak blog kamu terdapat di social bookmark, semakin besar pula trafik pengunjung yang bisa kamu dapatkan. 

5. Promosi di Facebook dan Twitter

Sebagai 2 jejaring sosial dunia yang sedang booming, facebook dan twitter merupakan media yang paling tepat dan pas untuk mempromosikan blog. Bayangkan dengan facebook yang penggunanya hampir mencapai 1 Miliar dan juga twitter dengan ratusan juta pengguna yang ada di seluruh dunia. Mulailah promosi dengan teman facebook kamu sendiri, atau dengan follower twitter kamu. Untuk twitter, memang bagi yang followernya masih sedikit akan sedikit kesusahan dalam berpromosi, namun seiring dengan berjalannya waktu, saat blog kamu berkualitas bagus, maka orang pun akan langsung memfollow blog kamu.

6. Tanya Ke Pembaca

Bisa diibaratkan sebagai "request artikel". Untuk sesekali kamu bisa bertanya kepada pembaca kamu apa artikel yang ingin di bahas si penulis. Biasanya si pembaca akan meminta tentang artikel yang menarik dan belum terlalu mereka ketahui. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga hubungan baik si admin dengan pengunjung. Jika si admin memenuhi permintaan si pembaca, maka si pembaca pun akan ketagihan untuk kembali dan kembali lagi mengunjungi blog si admin.

Dan bukan tidak mungkin si pembaca akan merekomendasikan kepada pembaca lainnya bahwa blog yang di kelola oleh si admin, sangat ramah dan bagus karena adminnya aktif kepada pembacanya.

7. Aktif di Forum

Nah ketemu lagi dengan hal ini. Aktif di forum juga penting untuk membangun lalu lintas pengunjung loh ! okelah jika kamu bukan orang yang terlalu aktif di forum-forum macam kaskus, indowebster, dll. Namun kamu juga bisa memanfaatkan forum yang ada di facebook. Atau lebih tepatnya grup-grup facebook. Ikutilah semacam grup di facebook soal blogger dan mulailah aktif disana seperti share artikel, promosi blog, menjawab pertanyaan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk membangun lalu lintas pengunjung. Tidak perlu ahli SEO untuk melakukan hal diatas, semuanya bisa kamu lakukan jika kamu mempunyai kemauan. Ingat, yang penting adalah kemauan bukan kemampuan, jika punya kemampuan tanpa kemauan pun hasilnya akan nihil. Namun jika kemauan untuk membangun blog itu ada, Insya Allah, kemampuan akan datang dengan sendirinya sesuai dengan lamanya jam terbang di dunia blog.

Jika ada tips dan trik yng lain selain diatas, bisa kamu bagikan di kotak komentar, jangan ragu dan jangan sungkan. ciao :)

Postingan Terkait:

87 comments:

  1. senang rasanya bila trafik pengunjung blognya tinggi

    ReplyDelete
  2. waw.bermanfaat banget nich sob.maaf baru bisa berkomentar......:)

    ReplyDelete
  3. kadang cara-cara itu sering gue lakuin, tapi emang lapakgue aja yang sepi.. #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. lapak bang eksak kan lebih rame daripada punya ane :D

      Delete
  4. Selalu ada ilmu yang bermanfaat di sini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah dong selalu memberikan yang terbaru pula hehe

      Delete
  5. Keran Sob tips-tips nya, memang sih untuk blog agar memiliki trafik pengunjung tinggi bukanlah suatu pekerjaan mudah.

    ReplyDelete
  6. wah kalo saya bisanya berkomentar aja nih kayaknya. hehe... praktis dan nggak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh tapi artikel2 om zach kan menarik semuanya :D

      Delete
  7. Artikel yang mantap... Semoga setelah membaca dan melakasanakan semua blog saya bisa ikut keciprat banyak pengunjung dan naik kelas PRnya hehe.
    Oh yah gan, untuk kategori tukaran link itu gak masuk yah??

    Thanks

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa masuk juga, mudahan2 cepat naik PRnya yah

      Delete
  8. saya menggunakan cara yg no.2 KOMENTAR
    ya saya berkomentar disini....hehe
    mlm sob

    ReplyDelete
  9. kadang kalau mau promosi artikel di social media ada tanggapan negatif dari teman teman mungkin mereka menganggap sebagai spam, tapi saya lebih suka cara yang ke 2, 3 dan ke 6, khususnya yang ke 6 tanya ke pembaca jadi kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan kita

    ReplyDelete
  10. terima kasih atas pemberian trik dan tips sob.. :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuan dan juga tipsnya ini.
    Pengunjung yang banyak adalah harapan setiap blogger juga kan...

    ReplyDelete
  12. terima kasih gan sarannya

    salam kenal ya gan ^^

    ReplyDelete
  13. maaf ya sob,ane udah jarang main kesini koneksi ga semanggat btw ane setuju sama beberapa cara di atas tinggal di praktekan deh

    ReplyDelete
  14. wah.. yang paling sering saya praktekkan ya berkomentar dengan blogwalking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sangat bagus itu tapi jangan lupa yang lain juga

      Delete
  15. wah cuma no 1 dan 2 yang sering ane lakukan sobat

    ReplyDelete
  16. tipsnya lengkap mas,
    bolehlah dicoba satu per satu sampai tuntas,
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  17. PERLU DICOBA NICH, DEMI KEMAJUAN BLOG! TERIMA KASIH TONG FANG :D

    ReplyDelete
  18. info yg manfaat bro, tq 4 share ye :)

    ReplyDelete
  19. idaman semua blogger mendapatkan trafik/pengunjung yg banya.
    salah satunya dgn Blogwalking...:D
    makasih kawan infonya.

    ReplyDelete
  20. dengan menerapkan ke 7 langkah tersebut dijamin pengunjung bakaln banjir sobat...

    ReplyDelete
  21. bener banget sob, ini lagi bahu membahu dalam menaikan PR blog ane..
    memang sih ga bisa instant naik begitu aja secara juga baru 1 bulan kemaren bikin blog ^^
    tapi ane yakin dengan menerapkan pola diatas serta sabar dalam mempraktekan nya lambat laun hasilnyapun pasti akan berbuah maniz..
    thank u for infonya...^^

    ReplyDelete
  22. setubu dah konten yang utama sob.. :)
    nyari topik yang hot..hot.. Hehehe
    mantab pokoknya tips ini,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyah dong teermasuk adminnya juga :p HOT banget hehe

      Delete
  23. betul....betul...sya setuju bangt dengan artikel Agan, smoga sukses dach :)

    ReplyDelete
  24. nomer dua penting bagi yang masih baru gan. tapi koment yang bermutu, biar bisa di kunjungi balik, kalau ga bermutu, malah nyari musuh.. hehehhe

    ReplyDelete
  25. Tips nomor 3 tuh yang belum pernah saya coba sob,,,

    ReplyDelete
  26. kepingin nulis tiap hari..namun terbentur waktu nya dgn pekerjaan yg menumpuk... hehe..

    klw buat BW atau memberi komen ta sempet2in ...hehe :)
    trims ya ndi tips nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe memang agak sulit om, ane saja mumpung masih liburan banyakin nulis post heheh :p

      Delete
  27. thanks sob atas sharenya,btw apakah jika 1 diantara tips diatas vakum untuk kita lakukan dalam beberapa hari, apakah ada pengaruhnya buat alexa ?

    thanks,

    ReplyDelete
  28. mantab banget infonya, tambah satu ilmu lagi nich he....he...

    ReplyDelete
  29. boleh juga, makasih atas masukkannya :)

    ReplyDelete
  30. Wah setuju, harus banyak belajar lagi nihh

    ReplyDelete
  31. saya sudah nglakuin semua tipsnya...tp masih sepi ajaaa...

    ReplyDelete
  32. keren sob atas informasinya

    ReplyDelete
  33. thanks atas infonya, tapi lumayan susah juga harus rajin kali ya

    ReplyDelete
  34. infonya sangat berguna sekali.
    kalau ada like saya akan kasih 1000 like

    ReplyDelete
  35. walah walah.. infonya maknyus gan..
    thanks banget infonya :D

    ReplyDelete
  36. senang sekali mendapatkan ilmu dari blog ini,, jujur beberapa tahun yg lalu saya aktif di dunia blog.. tapi sudah lama ngak,, emang salah satu untuk dapat banyak pengunjung itu memberi komentar di blog yg kita kunjungi..

    ReplyDelete
  37. artikelnya sangat membantu bagi saya yang masih newbie..
    thanks gan..

    ReplyDelete
  38. aku udah blogwalking dan melakukan semua jenis tpis n trik tapi tetep aja blog aku sepi

    ReplyDelete
  39. wah cuma no 1 dan 2 yang sering ane lakukan sobat


    ReplyDelete
  40. terimakasih ini memberikan pelajaran untuk saya

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum brow, ente jago bener si, blog tutorialnya. ente ada blog yg khusus tutorial wordpress gak gan, ana pengen belajar blog itu jg. kalau ada di bales kirim linknya ya sekalian biar ana bisa belajar.

    ReplyDelete
  42. Infonya bagus banget buat gue yang masih baru mempelajari dunia Blogger,,

    ReplyDelete
  43. Mudah dicerna en amat membantu

    ReplyDelete
  44. keren gan,, ane sampe gak bosen baca artikel ente ,,hehe

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More