Sunday, June 22, 2014

Mengembalikan Blog yang Sudah Dihapus, Bisakah ?


Pernahkah blog kalian yang pageviews serta pengunjungnya yang sudah ribuan tiba-tiba dihapus oleh google ? Saya yakin beberapa dari blogger mungkin pernah mengalaminya ( saya juga termasuk pernah mengalaminya ). Ada beberapa hal yang menyebabkan blog tersebut dihapus oleh google, diantaranya mengandung konten pornografi, konten copas, konten bajakan, dll yang semuanya sudah saya jelaskan dipotingan ini. Kerugian yang didapat apabila blog kita dihapus cukup banyak, diantaranya kita harus memulai dari awal lagi termasuk mencari backlink, mencari teman blogger ( follower ), meningkatkan kembali ranking alexa, dsb. Tetapi yang paling menyesakkan apabila blog yang dihapus tersebut kita tidak backup sehingga semua postingan kita otomatis menghilang, jadi makin malas saja jika sudah kejadian seperti itu hehehe.

Tips dan trik mengembalikan blog yang sudah dihapus ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri, Disini saya membagi kedalam 2 versi yakni

A. Blog yang dihapus oleh Google

Apabila kamu memiliki blog dengan subdomain blogspot ( namablog.blogspot.com ) dan kemudian blog tersebut dihapus oleh google, blog tersebut bisa dikembalikan kembali dengan nama yang sama dan domain yang sama. Hanya saja, butuh waktu yang cukup lama hingga 1 atau 2 tahun atau lebih  untuk kembali mendapatkan nama blogspot kita kembali, itu pun apabila nama blog kita sebelumnya belum diambil oleh orang lain. Maksudnya begini, misalkan kamu memilki sebuah blog yang bernama abc.blogspot.com, kemudian blog tersebut dihapus oleh google, untuk mengembalikannya kita harus menunggu selama 1 atau 2 tahun atau lebih kemudian daftar kembali nama blog abc.blogspot.com tersebut di blogger.com, baru kemudian blog yang sudah dihapus tersebut bisa dikembalikan. Tidak percaya ? coba saja ! :D

Namun jika blog kamu sudah menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ) seperti .com, .net, .org, dll . Dan kamu ingin mengembalikan kembali blog kamu, tentu saja bisa ! Karena Pada dasarnya Google tidak memblok domain kamu, google hanya menghapus akun blogger kamu bukan TLD kamu, jadi domain TLD kamu masih tetap bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan blog dengan domain TLD ? disini ada 2 cara :

1. Apabila kamu masih tetap ingin menggunakan platform blogger, tentu kamu bisa mengembalikan blog kamu yang tadinya sudah menggunakan domain TLD, hanya saja kamu harus menunggu hingga 5 bulan untuk melakukan hal ini karena blogger tidak akan mengizinkan kamu mengalihkan domain blogspot ke domain TLD yang sudah dihapus dengan cepat, pasti nanti akan ada error "blog tersebut sudah terdaftar di google".

Jadi untuk mengembalikannya, setelah kamu menunggu 5 bulan atau lebih, kamu buat kembali akun blogger baru ( dengan alamat email baru tentunya ) kemudian kamu alihkan subdomain blogspot yang sudah kamu daftarkan tadi menjadi domain kamu yang dulu sempat terhapus, namun perlu diingat, pastikan domain TLD kamu masih aktif !

2. Cara yang kedua adalah cara yang paling cepat dan hanya memakan waktu 1-2 hari. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Google tidak memblok domain TLD, artinya kamu bisa tetap menggunakan domain TLD kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan platform selain blogger, kamu bisa menggunakan wordpress-self hosted, joomla, dan software publishing lainnya. Dengan menggunakan software wordpress atau dll tersebut, kamu dapat mengembalikan blog yang sudah dihapus oleh google dan kamu juga tetap bisa menggunakan domain kamu.

B. Blog yang Dihapus Sendiri

Seperti yang kita tahu, blogger menyediakan fitur untuk menghapus blog yang kita punya. Blog yang dihapus sendiri bisa kita kembalikan kembali apabila blog yang kita hapus belum lewat dari 90 Hari. Apabila blog yang kita hapus tersebut sudah lewat dari 90 Hari, maka sudah tidak mungkin atau mustahil untuk dikembalikan kembali walaupun kita menunggu hingga bertahun-tahun, blog yang sudah kita hapus tidak akan pernah bisa dikembalikan lagi. 

Contohnya adalah blog saya dengan domain itechnod.blogspot.com yang sejak tahun 2012 sudah saya hapus, dan ketika saya mendaftarkannya kembali, blogger menolak untuk menerima nama blog saya tersebut.

Kesimpulan

Saat blog kita dihapus secara sepihak memang mengesalkan sekali. Blog yang sudah terhapus masih mungkin diselamatkan apabila memenuhi salah satu syarat diatas. Dan apabila blog kamu tidak ingin mengalami penghapusan blog secara sepihak oleh google, ada baiknya kamu menghindari hal yang dilarang oleh google.

Blog yang sudah dihapus memang bisa dikembalikan, tapi rasanya bakalan beda karena passion kita akan berkurang apabila memulai sesuatu yang baru.Dan juga, selalu backup postingan kamu tiap bulan / minggu untuk berjaga-jaga saja hehe.

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran terhadap tulisan saya ini, silakan tulis dikomentar ya !

Postingan Terkait:

12 comments:

  1. Wah materi tulisannya menarik sekali. Alhamdulillah dari beberapa blog yang saya kelola sendiri tidak ada satu pun yang di hapus oleh Google. Tapi kalau email yang saya hapus sendiri (delete account) berbasis GMAIL tetep tidak bisa di restore lagi. Padahal dari email itu saya masih ada sisa duit di Google Adsense sekitar 60 USD kan lumayan juga kalau masih bisa dicairkan lewat aku GMAIL yang sudah saya hapus Sayangnya nda bisa dikembalikan lagi. Hmmmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau sudah dihapus sendiri sudah tidak mungkin dikembalikan lagi :D lumayan tuh US$60 hehe

      Delete
  2. Info yang sangat menarik dan penting. Semoga blog saya tidak di hapus oleh google. Terima kasih info nya mas dengan begitu akan lebih berhati-hati dalam ngeblog.

    ReplyDelete
  3. jangan sampe di apus gan, lha wong saya kena vonis spam ma google aja bingung. hahaha.
    btw lama juga ya nunggunya, 5 bulan untuk TLD. wi... ngangur tu, kelain hati aja klo gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, 5-6 bulan baru bisa balik, kalo mau cepet ya pindah ke WP or Joomla :D

      Delete
  4. jd hanya untuk domain tertentu aja ya sob, trs musti nunggu 5 bulan lamanya? hmm , capek juga tuh nunggu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep ! kalo mau cepet ya ganti wordpress or joomla or dll :D

      Delete
  5. Itu informasi resmi dari google atau ada yang pernah mengalami langsung harus menunggu 5-6 bulan?
    Terima kasih

    Regards, admin koransoftware

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yang ngalamin sendiri. Diatas kan sudah ditulis

      Delete
  6. ini masalah yang saya alami sekarang bro..
    coba anda googling "zzy master"
    3 hari yg lalu dari saya komen ini, blog itu aktif lagi, yg sudah 7 bln lalu di banned tanpa alasan yg jelas.. apa masalah terlalu seo hingga menyaingi situs2 TLD.. selalu di halaman depan tiap artikel saya.. lebih jelas soal gambar SS nya saya post di fanpage "zzy master".
    gara2 ikutan lomba seo.. apa mungkin karena pih

    ReplyDelete
  7. Salam...
    Ini problem saya, Mas. Saya kebetulan punya Blog dgan alamat domain http://alquran-on.blogspot.com dan sampai sekrang masih aktif dan bisa diakses. Namun yang membuat saya jengkel, saya kehilangan akses untuk mengelolah kembali blog tersebut.
    Memang beberpa bulan terakhir, gak sengaja saya menghapusnya.
    Apakah problem sya di atas ada solusinya?

    terimaksih banyak atas respon dan jawabnya!

    http://tipshijaber.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More