Friday, August 17, 2012

Cara Membuat Widget Popular Post Warna Warni V.3

Cara Membuat Widget Popular Post Warna Warni

Yowman kembali hadir lagi di Tutorial Blog dan SEO. Di tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat widget popular post atau artikel terpopuler menjadi lebih atraktif, cantik dan menarik. Hanya dengan menyalin beberapa kode CSS, dan Wushhh.... Widget Popular post kamu akan terlihat sangat menarik dan cantik seperti gambar diatas.

Widget ini suda saya coba sendiri dan hasilnya pun sudah saya screenshot. Gambar diatas adalah hasilnya, cara membuatnya pun cukup mudah. Dan bagi kamu yang tertarik memakai widget ini, silakan lihat caranya di bawah ini. Di perhatikan yah !

1. Login ke Blogger.com dengan Akun kamu.

2. Klik Tata Letak --> Tambah Gadget --> Entri Populer --> Tampilkan Entri Populer hanya Judulnya saja, jangan memakai gambar dan cuplikan. Atur jumlah popular post yang ingin ditampilkan, boleh 3 ,5 ,7 atau 10, jumlahnya Terserah kamu saja.

3. Klik Simpan.

4. Kemudian kamu klik Template --> Back Up template kamu terlebih dahulu, Lihat caranya di bawah ini
5. Masih di bagian Template, Klik Edit HTML --> Klik Lanjutkan --> Cari kode  ]]></b:skin>. Lalu kamu salin kode CSS di bawah ini dan letakkan di atas kode ]]></b:skin>.

/* Rainbow Popular Post by http://hzndi.blogspot.com*/
#PopularPosts1 ul li a:hover{color:#fff;text-decoration:none}
#PopularPosts1 ul li a {-webkit-text-size-adjust: auto; -webkit-text-stroke-width: 0px;  color: #333333; display: block; font-family: Georgia, 'Times New Roman', Times, serif; font-size: 13px; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; letter-spacing: normal; line-height: 18px; margin: 0px 40px 0px 0px; min-height: 30px; orphans: 2; padding: 0px; text-align: -webkit-auto; text-decoration: none !important; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px;}
#PopularPosts1 ul li .item-thumbnail{float:left;border:0;margin-right:10px;background:transparent;padding:0;width:51px;height:51px}
#PopularPosts1 ul li:first-child:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li + li:after,
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li + li + li:after{position:absolute;top:10px;right:5px;border-radius:50%;border:2px solid #ccc;background:#353535;-webkit-box-shadow:0px 0px 5px #000;-moz-box-shadow: 0px 0px 5px #000;width:30px;height:30px;line-height:1em;text-align:center;font-size:28px;color:#fff}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li {background:#DF01D7;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li:after{content:"8"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li +li{background:#B041FF;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li + li:after{content:"9"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li +li +li{background:#F52887;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li + li + li + li:after{content:"10"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li +li{background:#7ee3c7;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li:after{content:"6"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li +li{background:#f6993d;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li + li + li:after{content:"7"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li{background:#33c9f7;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li + li:after{content:"5"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li{background:#c7f25f;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li + li:after{content:"4"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li{background:#ffde4c;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li + li:after{content:"3"}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li{background:#ff764c; width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child + li:after{content:"2"}
#PopularPosts1 ul li:first-child{background:#ff4c54 ;width:90%}
#PopularPosts1 ul li:first-child:after{content:"1"}
#PopularPosts1 ul{margin:0;padding:0px 0;list-style-type:none}
#PopularPosts1 ul li{position:relative;margin:6px 0;border-radius:25px 0px 25px 0px;border:2px solid #f7f7f7;-webkit-box-shadow:3px 3px 3px #000;-moz-box-shadow: 3px 3px 3px #000;padding:10px}
/* Rainbow Popular Post by http://hzndi.blogspot.com*/

6. Simpa dan kamu lihat hasilnya, pasti cantik sekali sob :D

Postingan Terkait:

83 comments:

  1. Replies
    1. yah disini komennya pertamax lagi, ini yang erkahir kali yah kang komennya pertamax doang, lain kali nyambung ke postingan gan

      Delete
  2. ini dulu pernah saya praktekin. lagi-lagi gagal di tengah permainan, tapi. keluh deh. dasar saya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bener om ? kan diatas sudah saya jelaskan dengan detail, pasti bisa kok hehe

      Delete
  3. blog tutorial ternyata, met kenal ya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. keduanya apaan gan ? lain kali komennya yang nyambung yah

      Delete
  5. wow..blog jadi lebih semarak dengan warna warni ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah jadi lebih cantik dan menarik om hehe

      Delete
  6. tampilannya sekarang sangat FRESH!

    dua jempol kang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh thanks gan maaf yah belom bisa berkunjung nanti ane kunjung ke blog agan deh :)

      Delete
  7. wah boleh dicoba nihh.,

    Tukaran link yuk gan PR1/

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara ane g nyediain tuker link gan

      Delete
  8. wihh mantapp..
    Coba dlu ah

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. engga tuh, kan cuma nambahin warna doang di backgroundnya, blog ane aja ga terlalu berat

      Delete
  10. kunjungan silaturahmi sob...

    kalo ubah warnanya gimana sob? merahnya terlalu nyolok... hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bsa sih gan tapi ribet, soalnya ane juga ga terlalu hapal kode2 warnanya

      Delete
  11. keren nie gan. bisa menarik perhatian untuk membaca ya. terima kasih ya :D

    ReplyDelete
  12. Keren Sob, jadi bagus untuk tampilannya.

    ReplyDelete
  13. tutorial blogger memang skrng makin cool..
    warna warni gitu kyak lolipop... hahahah :D

    ReplyDelete
  14. pengin coba, sayang saya belum berani otak-atik kode begituan

    ReplyDelete
  15. Widgetnya menarik bgt sob. Aku malah baru tahu klo bsa dibuat warna-warni kek gini, kreatif jg ya.

    Kpn2 aku coba ah. Klo skrng lg sibuk persiapan buat lebaran.
    Minal aidzin wal faidzin sob :)

    ReplyDelete
  16. boleh dicoba nih sobat, blog aku blm dipasang popular post nya, kayaknya tambah keren kalo dipasang widget popular post warna warni hehehe... Makasih sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasang dong ane aja udah di pasang tuh hehe

      Delete
  17. wowo keren sob, ijin praktek....^_^

    ReplyDelete
  18. follow sukses :) terima kasih ya sudah berkunjung di blogku.
    eh, ini berat nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi ntar ane folback deh, engga berat sob

      Delete
  19. takut makin berat neh blog ane kalo dipasang kaya beginian? Tp untuk menambah wawasan sangat baik, thx sob, nice post

    ReplyDelete
  20. Waduh... rumit juga ni, tapi keren.
    Oh ya salam kenal mas

    Sealamat Hari Raya Idul Fitri
    Minal Aidin Wal Faidzin

    ReplyDelete
  21. keren tapi kalo warna warni mah saya tetap dengan pendirian terlalu "rame" hehe :)

    ReplyDelete
  22. waduuu baguus njadi niiii.. manteeb.. tpi kalau saya pasang di blog saya nnti berat.. soalnya sdah ada gambarnya bnyk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ane pake di blog ane ga berat banget sob :)

      Delete
  23. wah, berhasil, berhasil, berhasil....
    >_<
    thanks banget yaaaa

    ReplyDelete
  24. pengen banget pake ini, tapi udah berkali2 gagal bro, hehe
    gagalnya di bagian: habis copas kode di atas, trus di-preview ternyata malah muncul di atas header blog (paling atas sebelum judul blog). heuheu
    *mohon pencerahannya* thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa iya pet ga bisa ? udah di ikuti dengan benar belum ? ane buktinya lancar saja ?

      Delete
  25. Saya sudah praktekan dan hasilnya juga sudah bisa tampil, tapi ada sedikit masalh , pasa tampil nomornya keluar dari lingkaran, apa bisa di perkecil ya

    ReplyDelete
  26. SUKSES GAN ...trima kasih ya..
    udah saya praktekkan di blog saya.

    ReplyDelete
  27. Gan, untuk Popular Post ke-10 kenapa nggak muncul ya?

    ReplyDelete
  28. Untuk yang pake 2 popular post gimana mas,,, tolong bantuannya...???

    ReplyDelete
  29. Ternayata sudah bisa kang,, klo yang pake 2 popular post tinggal ganti popularpos1 dengan popularpost2... Sekali lg terimakasih ilmunya...
    Ditunggu kunjungan baliknya... sekalian klo boleh follownya juga... salam kenal..

    ReplyDelete
  30. Akhirnya ada juga yang share dan malah ketemu di sini artikelnya...
    Mantap sob saya sudah coba dan sukses silahkan lihat di blog saya..
    Terima kasih sudah berbagi.....

    ReplyDelete
  31. terimakasih sob
    sudah saya praktekkan dan berhasil

    ReplyDelete
  32. saya sudah menerapkan cara diatas tapi kok jadi aneh di blog saya ya?, boleh minta solusinya gak? lihat blog saya

    ReplyDelete
  33. Buat yang di wordpress mas..?? Ajarin Gua dong Cssnya

    ReplyDelete
  34. ini buat berat loading blog ga mas?

    ReplyDelete
  35. info yang sangat membantu terima kasih

    ReplyDelete
  36. bismillah saya ikutan belajar mas, akan saya coba bereksperimen di blog saya semoga berhasil.salam yuli

    ReplyDelete
  37. Jadi sih tapi agak berantakan sob :/

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More