Saturday, August 2, 2014

Cara Menghapus Komentar Spam Secara Otomatis

Stop Spam

Spam, Spam, Spam adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para blogger. Spam biasanya dilakukan dengan banyak cara, dan salah satunya adalah dengan terus-terusan berkomentar dengan menaruh link didalamnya ( Anchor Text ). 

Spam bisa dicegah dengan cara memoderasi komentar, artinya saat pengunjung blog kita menaruh komentarnya, kita bisa dengan mudah memutuskan apakah komentar tersebut ditampilkan atau tidak. Tetapi tetap saja, ada pengunjung-pengunjung yang sengaja menaruh link linknya ( Anchor Text ) didalam komentar. Oleh karena itulah ditutorial kali ini saya akan memberikan Cara Menghapus Komentar Spam Secara Otomatis. Cara ini tidak hanya akan menghapus komentar-komentar spam yang sudah terlanjur kamu tampilkan, tapi tentu saja akan menghapus komentar-komentar spam nantinya.

Untuk melakukannya, kita memiliki 2 cara mudah yakni :

1. Menggunakan CSS : CSS ini akan digunakan untuk menghapus semua komentar yang mengandung Anchor Text. Anchor Text  ini adalah sebuah kata atau kalimat yang didalamnya sudah ditaruh link, yang apabila diklik akan mengarahkan ke alamat URL sebuah website. CSS ini akan menghapus link serta anchor text yang ada

2. Menggunakan jQuery : Cara ini akan mengubah Anchor Text tadi menjadi sebuah kata / kalimat biasa sehingga tidak bisa diklik.

Keren bukan ? saya sendiri sudah menerapkannnya agar membuat spammer jera, terlebih saat saya kembali mengaktifkan blog ini, saya telah menghapus lebih dari 500 Komentar Spam :s

Berikut tutorialnya :

A. Cara CSS

1. Masuk ke akun Blogger -> pilih Template --> didalam menu Template, kalian pilih Sesuaikan ( Customize ) --> lalu kalian pilih Tingkat Lanjut ( Advanced ) --> Sekarang sorot kebawah dan kalian nantinya akan menemukan pilihan Tambahkan CSS ( Add CSS ).

2. Setelah itu kalian masukkan kode CSS dibawah ini dan jika sudah kalian simpan.

.comment-content a {
display: none;
}

B. Cara jQuery

1. Masuk ke akun Blogger -> pilih Template --> setelah itu kalian pilih Edit HTML.

2. Didalam template HTML, kalian tekan ctrl + f untuk mempercepat pencarian, dan masukkan kode </body> didalam kotak pencarian. Setelah itu kalian salin kode jQuery dibawah ini :

<!--Stop Blog Comments http://www.spiceupyourblog.com -->
<!--Repost by http://www.heyblogger.net -->
<script src="http://code.jquery.com/jquery-latest.min.js" type="text/javascript"></script>
<script> 
$('.comment-content a[rel$=nofollow]').replaceWith(function(){return ($(this).text());}); 
</script> 
<!--Repost by http://www.heyblogger.net -->

3. Letakkan kode yang sudah disalin tadi diatas / sebelum kode </body>. Dan jika sudah klik Simpan.

4. Selesai deh ! bagaimana ? sangat mudah bukan ? sekarang kalian akan dengan tenang meninggalkan blog kalian baik memakai moderasi atau tidak. Karena spammer tidak bisa bermain nakal lagi :D

Postingan Terkait:

6 comments:

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More