Wednesday, April 11, 2012

Ekstensi & Adds On Browser Untuk SEO



Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui bila sebuah browser pun dapat meningkatkan nilai SEO blog kita pada mesin pencari. Untuk meningkatkan nilai SEO kita, kita juga dapat menggunakan adds on atau ekstensi untuk sebuah browser. Hanya saja pada kesempatan ini saya akan membagikan ekstensi untuk Google Chrome dan Mozilla. Berikut adalah perbandingan antara kedua browser tersebut dalam hal SEO yang saya dapatkan dari http://searchenginewatch.com.

Katakanlah jika satu set ekstensi sebuah browser akan lebih relevan untuk membantu menemukan target membangun link dan satu set yang berbeda ketika kita mengaudit situs kita. Dan pada artikel ini akan membahas bagaimana Ekstensi SEO untuk Chrome tidak memiliki kemampuan untuk menampilkan metrik pada fungsionalitas dan utilitas sekilas bila dibandingkan dengan Firefox add-ons.

Firefox Masih Menang

Harus di akui jika Google Chrome adalah browser yang super cepat dan memiliki banyak pilhan ekstensi untuk SEO, Namun Firefox masih menang atas GC karena menurut sebuah kumpulan data yang telah di kumpulkan oleh http://searchenginewatch.com memiliki beberapa alasan, diantaranya:

Visualize Page Metrics ( Visualisasikan Metrik Halaman )

Mengklik kanan toolbar dan memilih customize memungkinkan kamu untuk drag-and-drop aspek visual dari pengaya (adds on) di sebelah Bar alamat browser. Kamu bahkan dapat membuat toolbar baru untuk tugas-tugas tertentu (seperti Toolbar untuk membangun link), kemudian memilih mana yang kamu ingin tampilkan dengan mengklik kanan toolbar dan mencentang atau menghapus centang nama tersebut.

Di sini kamu dapat melihat kombinasi Toolbar SEOmoz, dengan menggabungkan aspek visual dari SEOBook dan Pengaya SearchStatus yang telah dimasukkan ke dalam bar navigasi sebuah browser Firefox.



Seperti yang terlihat pada gambar di atas, kita dapat melihat jumlah PageRank yang menunjukkan bahwa halaman web ini tidak hanya diindeks namun memperlihatkan hubungan indeks dengan dukungan dari MajesticSEO dan MOZscape. terlihat juga bahwa halaman web itu sendiri memiliki link sebanyak 8000 buah dan terus bertambah, sementara domain memiliki suatu tempat antara 384.000 hingga 560.000 (SEOBook add-on). Akhirnya, C berwarna abu-abu di sebelah kanan URL menunjukkan bahwa halaman tersebut berisi link yang menunjuk ke meta kanonik (meta link canonical) sendiri (SearchStatus add-on).

Sementara pada google Chrome kita akan mendapatkan efek visual yang sama, saya tidak dapat menemukan ekstensi yang memungkinkan saya untuk melihat angka Majestic SEO pada saat membuka halaman web.

Chrome memang memiliki ekstensi yang luar biasa yakni yang disebut Meta SEO Inspector artinya bahwa meta data pada permukaan yang relevan dengan SEO seperti noindex, follow dan link tag meta kanonik ( meta link canonical tags). Adds on kecil ini berada di sudut kanan bawah browser dan sangat berguna ketika melakukan pemeriksaan tag dengan cepat pada beberapa halaman web. (gambar ada di bawah)




Utilitas yang Kuat (Robust Utility)

Alasan lain Firefox memenangkan pertempuran ini adalah secara keseluruhan kegunaannya yang banyak pada adds on-nya, berikut beberapa addson-nya yang bisa kamu coba

FoxyProxy -  Mengunjungi website yang kamu datangi saat menggunakan proxy IP (di ekstensi Chrome Switchy Proxy tampak menjanjikan).

Live HTTP Headers - Periksa URL untuk pengalihan ganda.

Rank Checker - Periksa peringkat untuk domain hingga 100 kata kunci (keywords) di Google (pada Chrome ekstensi SEO SERP memeriksa 1 kata kunci pada satu waktu).

SERP Trend- Menampilkan perubahan posisi web pada search engine dari waktu ke waktu.

Web Developer - Sebuah alat yang berguna untuk seorang pengembang (Chrome juga ada).

Firefox adalah Pemenang Tapi Bisa Kecepatannya Melambat

Firefox adalah pemenang karena metrik-di-sekilas (metrics-at-a-glance) dan faktor utilitas, namun masih ada satu keluhan ... lambat. Tampaknya semakin pengaya terpasang, Firefox lambat mendapat. Untuk mencegah hal ini terjadi pastikan untuk pergi ke menu pilihan browser atau preferensi untuk semua plugin dan mematikan fungsi yang tidak perlu. Banyak SEO plugin yang menarik data yang sama dan melakukan fungsi yang sama jadi pastikan bahwa hanya ada satu, misalnya, menyoroti link nofollow.

Secara pribadi, penulis SEO menggunakan Chrome sebagai browser default-nya. Berikut adalah daftar ekstensi yang sedang aktif untuk memeriksa jika kamu belum memilikinya.

Chrome

Firefox


Ekstensi pada browser SEO adalah hal yang  unik sebagai kepribadian dari individu-individu yang menggunakannya.Tulisan di atas bukannlah admin hzndi yang menulis, namun saya hanya menerjemahkan dengan kata-kata saya sendiri. Secara pribadi, saya sendiri masih mempelajari tentang SEO ini. Silakan kamu kunjungi situs lengkapnya di http://searchenginewatch.com/article/2166543/How-to-Get-the-Most-Out-of-SEO-Extensions-Add-Ons.

Postingan Terkait:

20 comments:

  1. mantap brow.........lam knal balik

    ReplyDelete
  2. makasih kawand infonya bagus banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kang, jangan lupa di coba tips dari ane :)

      Delete
  3. info menarik lagi ni bang hzndi,, numpang nyimak ilmu

    ReplyDelete
  4. Mantaap Infonya Sob... bermanfaat sekali ... :)

    ReplyDelete
  5. Boleh di coba nih gan... thanks ya....

    ReplyDelete
  6. postingan2 yg menarik.
    terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  7. Postingan yang benar2 berbobot gan, penjelasannya detil banget, bernafas lega juga krn sirubah api ternyata memiliki lebih banyak keunggulan,hehehe,thanks banget dah bantuin nambah isi otak ane gan..hahaha..+1 buat infonya

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More