Tuesday, April 10, 2012

Tips Membeli Nama Domain Web yang Ramah SEO

 

Dalam dunia SEO ada banyak pendapat tentang betapa pentingnya kata kunci dalam nama domain. Ok, penting, tapi tidak penting. Sebuah nama domain tidak dapat di maksimalkan jika di dalam situs tersebut tidak didukung dengan konten yang unik dan kualitas link yang baik.

Berikut ada beberapa pertanyaan umum yang harus kita ketahui saat akan membeli sebuah domain.

  1. Seberapa penting adalah kata kunci dalam nama domain?
  2. Jika saya memasukkan kata kunci lagi, apakah saya akan mendapatkan lebih banyak trafik pengunjung?
  3. Apakah saya harus menggunakan tanda hubung? Bagaimana ini mempengaruhi domain saya?
  4. Apa perbedaan antara com dan. Ekstensi domain lainnya dari sudut pandang SEO?
  5. Jika saya menambahkan akhiran atau awalan untuk kata kunci utama saya, apakah itu membuatnya lemah di mesin pencari?

Berikut adalah jawaban dari master SEO yang saya dapatkan dari web http://www.crazyleafdesign.com/blog/how-to-choose-a-seo-wise-domain-name/ mudah-mudahan akan membantu anda dalam mencari domain yang tepat untuk blog kamu.

1. Seberapa penting adalah kata kunci dalam nama domain?

Jawaban yang sederhana adalah ya, kata kunci yang penting. Bila Anda memiliki kata kunci yang kuat dan tepat termasuk dalam nama domain kamu. Nama domain akan membantu kamu untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang baik ke situs yang kamu kelola. Namun, jangan bayangkan jika kamu akan mendapatkan puluhan pengunjung hanya karena kamu memiliki satu atau dua kata kunci yang baik dalam nama domain kamu. Jangan lupa, kamu juga harus bekerja keras untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung, tidak peduli apa nama domain yang kamu punya, jadi jangan membuat sebuah kata kunci menjadi faktor utama dalam proses pengambilan keputusan kamu untuk membeli nama domain.


2. Jika saya memasukkan kata kunci lagi, Apakah saya akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas?

Sebuah Kata kunci (keyword) yang lebih tidak menjamin blog kamu akan mendapatkan banyak trafik pengunjung. Jika kamu memasukkan kata kunci yang lebih banyak, kamu bisa mendapatkan beberapa lalu lintas pengunjung ke situs yang kamu kelola, namun, mungkin juga bekerja melawan kamu artinya malah membuat blog kamu tidak mendapatkan trafik sama sekali. Akibatnya, orang mungkin menganggap situs kamu  hanyalah kumpulan spam dan mereka tidak akan mengunjunginya, sehingga kamu juga bisa kehilangan trafik hanya karena hal ini.

Kata kunci dalam nama domain tidak sama pentingnya dengan tag judul dan konten situs. Jika kamu tidak mendukung situs kamu dengan konten yang unik dan menarik serta situs yang dioptimalkan dan dengan kualitas backlink yang mumpuni, maka situs kamu tidak akan menjadi apa-apa. Nama domain kamu haruslah mencerminkan isi situs kamu dan bukan hanya kombinasi kata kunci dalam upaya untuk mendapatkan lalu lintas.

3. Apakah saya harus menggunakan tanda hubung? Bagaimana ini mempengaruhi domain saya?

Kamu dapat memasukkan tanda hubung, melainkan benar-benar tidak membuat perbedaan besar dari sudut pandang SEO. Sebagian orang memilih untuk mendapatkan nama domain dengan tanda hubung biasanya ketika versi non-ditulis dgn tanda penghubung tidak lagi tersedia. Mesin pencari utama  "Google" tidak membedakan antara nama domain ditulis dgn tanda penghubung dan non-ditulis dgn tanda penghubung. terutama kamu harus fokus pada nama dan kata kunci yang telah dimasukkan.

Jika kamu memilih nama yang mengandung beberapa kata, kamu dapat menggunakan tanda hubung. Dengan cara ini kamu dapat membuat lebih mudah untuk menulis dan mengingat. Sebagai aturan umum, cobalah untuk menghindari nama domain yang panjang yang mencakup lebih dari tiga kata kunci dipisahkan dengan tanda hubung karena itu biasanya dianggap spam dan juga sulit untuk diingat.

4. Apa perbedaan antara com dan. Ekstensi domain lainnya dari sudut pandang SEO?

Terlepas dari hal hal di atas, Ekstensi Dot com memiliki keunggulan dan lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Jika nama domain yang kamu inginkan tidak tersedia untuk domain dot Com, sebaiknya kamu memilih domain dot Org atau dot Info. Ini lebih murah dan kamu masih bisa mendapatkan lalu lintas jika kamu mengoptimalkan konten situs Anda, meskipun tidak secepat seperti yang dilakukan pada domain dot com.

Namun, semua itu juga tergantung pada target pengunjung yang kamu harapkan. Jika kamu menargetkan pasar Indonesia misalnya, lebih baik untuk mendapatkan domai com atau co.id.

5. Jika saya menambahkan akhiran atau awalan untuk kata kunci utama saya, apakah itu membuatnya lemah di mesein pencari?

Umumnya, jika kamu memasukan non-kata kunci dalam nama domain, maka hal ini akan mengurangi kepadatan kata kunci. kamu dapat menyertakan awalan atau akhiran tetapi hanya jika kamu benar-benar tidak dapat menemukan nama domain yang kamu inginkan.

Kamu dapat menggunakan prefiks seperti "my" (saya), "Your" (Anda), "Buy"(beli) atau akhiran seperti "online", "blog", dll. Biasanya hal ini dianjurkan untuk menggunakan akhiran sehingga kamu dapat menempatkan kata kunci pertama dan akhiran kedua. Skenario yang baik akan untuk kata kunci dikombinasikan dengan akhiran berubah menjadi kata kunci yang agak panjang, seperti "membeli mobil" atau "membeli mobil bekas".

Kesimpulan

Sebaiknya membeli domain yang berakhiran dot Com. Di Indonesia sendiri, domain berakhiran Com sudah lumayan terjangkau. Namun jika kamu tidak tertarik untuk membeli sebuah domain, lebih baik menggunakan hosting web gratis seperti blogger atau wordpress yang berakhiran "blogspot" atau "wordpress". Kata kunci memang hal yang penting, namun amat penting lagi ISI dari web/situs yang kamu kelola. Dan hindari trik2 SEO yang licik (lihat disini) yang bisa menyebabkan blog/web kamu mengalami penurunan peringkat.

Referensi : http://www.crazyleafdesign.com/blog/how-to-choose-a-seo-wise-domain-name/

Postingan Terkait:

8 comments:

  1. Sebenarnya pengen bgt beli domain name, tp belum kecukupan dana sob... ^_^

    ReplyDelete
  2. ane baca kesimpulan nya aja. biar ga panjang-panjang :D

    oh ya, ane juga mau ganti domen. akumadura.com . bagus gak gan? :D

    ReplyDelete
  3. sebenarnya pengen banget beli nama domain tapi dana yang tidak mendukung, hee :)

    ReplyDelete
  4. Ia gan ane aja yang murah pake web dot id hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe gpp gan, ane malah pake yang gratisan :D

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More