Sunday, April 15, 2012

17 Tips Untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung Blog


Sebuah blog yang terlihat dari luarnya bagus adalah hal yang hambar tanpa memiliki isi atau konten yang dapat menarik pengunjungnya. Tanpa sebuah artikel yang menarik, secantik apa pun blog tersebut akan di tinggal kan oleh para pengunjungnya. Dan oleh karena itu saya membagikan beberapa tip yang di butuhkan oleh seorang blogger dalam hal menulis artikel untuk menarik minat pengunjung yang saya dapatkan dari http://vandelaydesign.com.

Akan menjadi hal yang sia-sia bila kita menulis sebuah artikel di dalam blog kita namun tidak ada satu orang pun yang melihatnya, liat tips di bawah ini:

1. Tawarkan Langganan Email di Tambahan RSS

Banyak blogger hanya menawarkan berlangganan artikel melalui RSS. Jika kamu tidak juga menawarkan berlangganan melalui email, maka kamu akan kehilangan sebagian dari pengunjung blog kamu, dan kamu juga  kehilangan secara terus-menerus untuk orang yang akan berlangganan melalui email. Jika, seperti pada kebanyakan blogger, biasanya blogger (termasuk saya) menggunakan layanan Feedburner untuk mempublikasikan feed blog kita, caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu memasang/ menaruh widget RSS/Feed pada blog yang kita kelola. (Lihat disini untuk menaruhnya atau disini)


2. Jadilah Aktif di Twitter dan Facebook

Dalam beberapa tahun terakhir Facebook dan Twitter telah menjadi situs jejaring sosial yang terdepan bagi sebagian orang di seluruh dunia.Dan hal ini kita dapat manfaatkan untuk menarik minat para pengguna jejaring sosial tersebut untuk datang menuju blog kita.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Twitter dan Facebook, kamu harus aktif di situs tersebut. Setelah kamu melakukannya, setiap kali kamu mempublikasikan posting baru kamu bisa mendapatkan beberapa orang yang membagikan link artikel blog kamu ke situs jejaring sosial tersebut dan untuk itulah kamu butuh widget sosial bookmarking (lihat disini, disini, atau disini untuk membuatnya). Dengan cara ini mudah-mudahan artikel kamu bisa diedarkan oleh orang lain, dan mungkin saja  kamu bisa mendapatkan ratusan dan bahkan ribuan orang yang secara konsisten menuju blog kamu.
 
3. Submit ke Situs Social Media

Meskipun berita sosial dan situs suara tidak sepopuler mereka beberapa tahun yang lalu, masih ada penonton yang menunggu untuk dihubungi. Selain situs utama seperti Digg dan Reddit, situs media sosial juga bisa menjadi sangat efektif untuk mendapatkan pengunjung blog.
4. Masukan Tombol terkait tentang Tulisan/Artikel Kamu

Dengan menggunakan tombol seperti Twitter, Facebook dan Google +1 dapat membantu untuk membuat beberapa pengunjung untuk membagikan artikel kamu di khlayak ramai. Cukup dengan menaruh tombol-tombol tersebut pada awal atau akhir artikel kamu.
.
5. Membangun Jaringan

Salah satu aspek paling penting dari membangun blog yang sukses adalah kebutuhan untuk membangun jaringan yang kuat. Setiap blogger yang sukses adalah orang baik-baik kepada orang lain dalam industri, dan sehingga harus menjadi prioritas bagi kamu untuk melakukan hal yang sama jika kamu juga ingin mencapai kesuksesan itu. Dan cara ini juga dapat di lakukan dengan cara mempromosikan blog kamu di twitter atau di facebook sehingga orang-orang dapat mengetahui jika kamu mempunyai sebuah blog

6. Tawarkan Email Newsletter

Dalam poin pertama kami melihat kebutuhan untuk menawarkan email berlangganan ke blog kamu selain hanya RSS feed. Selain dari posting blog kamu yang akan keluar untuk pelanggan email, membangun mailing list terpisah untuk newsletter dapat memberikan eksposur bahkan lebih. Semakin banyak blogger kini menawarkan newsletter sebagai cara untuk tetap berhubungan dengan pembaca, dan tentu saja newsletter menyajikan kesempatan lain bagi kamu untuk mendapatkan posting blog kamu secara langsung. Kebanyakan blogger link ke posting terbaru mereka di suatu tempat di newsletter sehingga pelanggan dapat dengan cepat melihat apa yang telah kamu terbitkan.
7. Praktek Menulis Headlines Compelling

Menulis judul yang efektif adalah sesuatu yang tidak datang secara alami bagi dari kita kebanyakan, namun perlu upaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana melakukannya.
8. Gunakan Kata Kunci di Judul Blog

Judul halaman adalah salah satu yang paling signifikan faktor on-halaman dalam menentukan peringkat mesin pencari, dan oleh karena itu memiliki kata kunci di judul blog dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu secara terus-menerus.

Sebelum Anda mempublikasikan posting memberikan pertimbangan beberapa untuk apa yang orang akan mencari, dan bahkan melakukan penelitian kata kunci dasar jika diperlukan. Perangkat Google Adwords Keyword adalah sumber daya yang gratis yang akan menunjukkan berapa banyak orang yang mencari berbagai ungkapan.
9. Pasang Link ke Posting internal

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak trafik untuk satu artikel kamu adalah menambahkan link artikel lainnya di dalam dari postingan kamu Jika kamutelah blogging untuk waktu yang lama kamu mungkin memiliki banyak informasi yang dibangun di blog kamu. Sebuah postingan yang sudah lama jarang dilihat seorang pengunjung karena malas mencarinya, namun dengan memasang sebuah widget arsip blog akan membuat mereka dengan mudah mencarinya.

10. Pasang Widget Related Posts pada Akhir Artikel

Ini juga salah satu hal yang penting, jika kamu menggunakan widget ini akan membuat pengunjung blog kamu betah berlama-lam di blog yang kamu kelola. Terlebih lagi mereka sedang membaca sebuah artikel yang menurut mereka menarik dan tertarik dengan hal yang ada di artikel tersebut, jadi mereka tidak perlu untuk mencari artikel yang berkaitan di arsip blog, cukup dengan melihat widget "related Post" yang sudah kamu pasang.

11. Exchange Links

Pertukaran link dapat menjadi topik yang sensitif. Saya tidak menyarankan bahwa jika kamu pergi keluar dan mendapatkan ratusan mitra tukar link untuk blogroll kamu. Apa yang saya lihat lebih efektif adalah penggunaan terbatas pertukaran link untuk membangun link untuk posting tertentu.

Banyak blogger mempublikasikan roundups mingguan atau bulanan yang menyertakan link ke posting yang menarik dari blog lain. Jika saat ini kamu melakukan ini, mengapa tidak menghubungi blogger lain tentang kemungkinan bertukar link dalam jenis posting? Fokus hanya pada blog yang menghasilkan konten yang berkualitas dan mereka yang secara teratur menerbitkan sejenis posting link. Jika kamu akan link ke satu sama lain maka kamu berdua akan mendapatkan tambahan pengunjung.
12. Buat Seri Pos dengan Blogger Lain

Ini adalah ide yang saya gunakan di bulan-bulan awal keberadaan blog ini dan itu berhasil keluar dengan cukup baik. Idenya adalah untuk mendapatkan sekelompok kecil blogger bersama-sama dan setuju untuk setiap mempublikasikan posting pada topik tertentu sehingga setiap posting akan membangun satu sama lain. Kemudian setiap posting akan link ke yang lain dalam seri, maka hal ini akan menarik lebih banyak pembaca. Jadi jika kamu memiliki sekelompok 5 blogger yang berpartisipasi dalam seri masing-masing blogger akan mempublikasikan posting di blog sendiri dan link ke 4 pesan lainnya dalam seri (atau menambahkan link setelah pesan lainnya telah diterbitkan). Hal ini akan memberikan kamu sebuah link dari 4 blog lain dan eksposur instan untuk audiens mereka. Jika tulisan ini diterbitkan pada waktu terpisah juga menciptakan antisipasi bagi mereka yang datang di kemudian hari.

13. Membangun Link ke Posting Secara Spesifik

Ketika blogger melihat subjek bangunan link mereka biasanya mempertimbangkan pemasaran sosial media untuk posting tertentu, atau membangun link dari blog lain ke halaman depan mereka. Media sosial adalah cara yang paling efektif untuk mendapatkan trafik untuk posting kamu, tetapi upaya link lain tidak perlu dibatasi untuk mendapatkan link ke halaman depan blog kamu.

Jika kamu memiliki tulisan dalam arsip kamu yang memiliki potensi untuk menarik lalu lintas yang cukup atau memiliki dampak besar pada pembaca, pertimbangkan untuk membuat upaya untuk membangun beberapa link ke posting lama. Jika kamu memiliki jaringan yang ada dari teman blogging, kamu mungkin dapat menemukan beberapa posting terkait di blog mereka dan meminta mereka untuk mempertimbangkan menambahkan link ke artikel kamu. Kamu juga bisa kembali melalui arsip kamu sendiri dan mencari tempat untuk memasukkan link ke kata kunci artikel kamu. Pilihan lain adalah berbagi link ke yang lebih lama, tapi sebaiknya posting blog kamu melalui media sosial.
14. Daftar Popular Posts di Sidebar Blog

Banyak blog link ke konten mereka yang paling banyak di lihat di sidebar, dan ini dapat menjadi cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk posting tertentu. Sebagai contoh, sidebar suatu blog memilik artikel terpopuler tentang Belajar Desain Web, Belajar Photoshop, Belajar Illustrator, dan Belajar Editing Foto, kemudian karena artikel-artikel populer tersebut sudah ada di sidebar maka ini adalah titik awal yang baik bagi pengunjung yang tiba di blog kita mencari informasi tentang pendidikan. Ketika pengunjung baru tiba di blog kamu, kamu dapat membantu mereka untuk menemukan beberapa konten yang terbaik yang ada d blog kamu.
15. Menulis Artikel untuk Blog Lain

Menulis sebagai "tamu" untuk artikel blog lain adalah cara yang sering dianjurkan karena merupakan cara yang bagus untuk membangun pengenalan nama kamu dan untuk mendapatkan link ke blog atau website kamu sendiri melalui biografi penulis. Selain menghubungkan ke halaman depan blog kamu di biografi, Tentu saja, cara ini hanya boleh dilakukan dalam situasi di mana kamu terhubung ke konten yang sangat relevan yang meningkatkan kegunaan dari posting sebagai "tamu", tetapi dalam situasi yang tepat dapat menjadi cara untuk mendapatkan lebih banyak trafik untuk pos tertentu di blog Anda.
16. Cari Topik unik dan Gagasan Posting

Sebuah tantangan besar yang blogger dihadapi ketika mencoba untuk meningkatkan pembaca adalah untuk membuat orang untuk peduli tentang konten kamu. Jika kamu menulis dengan ide-ide unik untuk posting kamu dan menonjol serta berbeda dari konten blogger lain, maka hal ini akan jauh lebih mudah untuk menarik perhatian pembaca kamu dan pengunjung tentunya.
17. Jauhkan Tulisan Kunci yang Diperbarui

Kemungkinan besar kamu memiliki suatu posting tertentu di blog kamu yang cenderung menarik tampilan halaman bulan demi bulan. Jika kamu telah blogging untuk sementara dan jika situs kamu cukup mapan dengan mesin pencari, hampir di pastikan kamu memiliki posting yang merupakan kunci untuk jumlah lalu lintas pengunjung secara terus-menerus.

Kebanyakan blogger tidak memperbarui posting setelah mereka yang telah mereka terbitkan, tetapi dengan menjaga posisi blog tetap up to date, maka akan meningkatkan kegunaannya. Halaman yang kamu yang tetap up to date memberikan kamu kesempatan untuk berbagi sekali lagi. Misalnya, jika kamu memiliki sebuah posting di blog kamu yang berumur satu tahun tetapi konsisten mendatangkan banyak pengunjung baru ke situs kamu pertimbangkan untuk memperbarui itu (tergantung pada sifat dari isi). Setelah itu telah diperbarui kamu dapat berbagi link pada Twitter dan Facebook dan menyebutkan bahwa telah diperbarui. Karena kamu tahu bahwa topik posting sudah dalam permintaan kemungkinan akan menarik sejumlah pengikut kamu.

Tulisan di atas bukanlah admin hzndi yang menulis, namun admin hzndi hanya menerjemahkan dan merubah  ke dalam kata-kata admin sendiri, mohon maaf jika ada kesalahan kata atau tidak dapat di mengerti dengan jelas. Silakan kamu kunjungi artikel aslinya di http://vandelaydesign.com/blog/blogging/more-exposure-for-posts/ terima kasih :)

Postingan Terkait:

12 comments:

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More