Tuesday, July 24, 2012

Blogger Vs WordPress, Mana yang Lebih Baik ?

Blogger vs Wordpress


Berbicara tentang dunia blog, tentunya kita sudah mengenal 2 platform dunia blog yang sangat terkenal dan terbesar yakni blogger dan wordpress. Tentunya diantara kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang kedua platfrom tersebut.

Blogger Vs Wordpress

Blogger merupakan salah satu layanan blog yang di akuisi oleh google sejak tahun 2003. Dibawah subdomain blogspot.com, blogger kini menjadi platform blog yang digunakan oleh para pemula yang baru saja terjun di dunia blog. Terlebih lagi dengan kemudahan user interface-nya dan fitur-fiturnya, blogger pun semakin di gemari oleh semua kalangan. Dan di tahun 2012 ini saja blogger memiliki perubahan yang sangat signifikan. blogger sudah menyediakan fitur permalink atau tautan permanen, mengatur robots.txt untuk SEO dan lain sebagainya.

Sedangkan Wordpress, juga merupakan layanan blog pula. Bedanya dengan blogger, wordpress dapat di modifikasi sesuai penggunanya. Seperti yang saya kutip dari wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Oke itu dari segi pengertiannya, nah kalau dari segi fitur-fitur yang di sediakan oleh kedua platform tersebut akan saya jelaskan di bawah ini :

Fitur Blogger
  •      Mudah untuk mengedit serta membuat postingan
  •      Kendali kontrol atas Desain
  •      Memungkinkan monetisasi
  •      Tidak harus memerlukan SEO plug-in
  •      Terindeks secara otomatis oleh google (karena memang kepunyaan google
Fitur Wordpress
  •      Jumlah Kontrol atas Desain dan Template
  •      Kendali kontrol terhadap Monetisasi
  •      Harus menambahkan plugin SEO dengan pilihan yang dapat disesuaikan.
  •      Postingan terindeks secara perlahan-lahan tidak secara cepat
  •      Mendukung ribuan plugin

Membandingkan Antara Blogger dan Wordpress

Blogger

Blogger semenjak di beli oleh google memiliki beberapa keuntungan yang tidak di miliki oleh Wordpress, seperti yang bisa kita lihat di fitur-fitur blogger diatas. Keuntungan yang membuat postingan-postingan di blogger lebih cepat terindeks daripada wordpress. Namun walaupun postingannya lebih cepat terindeks, hal ini  tidaklah mempengaruhi dalam kefektifan di peringakt mesin pencari. Ibaratnya, postingan yang lebih cepat terindeks, tidak ada jaminan untuk langsung mendapat peringkat pertama di dalam search engine.

Pada kenyataannya, google lebih menyukai postingan yang berasal dari blogger ketimbang wordpress. terlebih lagi kamu menulis postingan yang fresh, bermanfaat, orisinil serta berkualitas. Dan hal ini lah yang membuat blog kamu semakin dicintai oleh google. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat tabel perbandingan indexing antara blogger, tumblr, dan wordpress.

Blogger vs Wordpress

Wordpress

Pengguna WordPress harus menghadapi masalah Ranking di mesin pencari saat memulai dunia blog. Jika kita berbicara tentang WordPress, maka kita perlu melakukan upaya ekstra dalam sebagian besar-meskipun 50% dari Wordpress CMS sudah Search Engine Optimized. Namun walaupun harus membuat usaha ekstra, banyak web-web yang membaha trik-trik wordpress untuk lebih disukai oleh google.

Blogger dan WordPress dalam Hal Keuangan

Blogger

Pada awalnya orang membuat blog mungkin haya sekedar hobi atau mengisi waktu luang, namun lama kelamaan hal tersebut bergeser kepada mengisi kantong. Yup, jangan buat blog kita kosong melompong, buatlah hobi kita menjadi sesuatu hal yang bermanfaat seperti menghasilkan uang  tentunya.

Memang dengan menggunakan blogger kita bisa menghasilkan uang melalui iklan yang dipajang, namun tahukah kalian jika bahwa blogger merupakan salah satu platform yang tidak efektif untuk menghasilkan uang ! What ? ya walaupun kamu dapat menaruh iklan kamu dimana saja, namun hal itu tidak seefektif menghasilkan uang melalui WordPress.

WordPress

WordPress merupaka mesin penghasil uang yang lebih baik dari bloggeer, kenapa ? Karena kamu dapat mengedit file apapun serta memeiliki kontrol penuh terhadap iklan yang anda kelola. Kamu juga dapat menggunakan plugin-plugin untuk adsense yang bisa di terapkan di WordPress serta membuat blog kamu semakin banyak mengumpulkan receh.

Blogger vs Wordpress dalam Hal Desain

Blogger

Di blogger, kita bisa mengedit template dengan mudah, mendesainnya semau kita dan kamu juga bisa mendownload miliaran template yang tersedia khusus untuk blogger. Biasanya para pemula web designer akan lebih condong memilih blogger daripada WordPress dalam hal kustomisasi desain.

WordPress

Well, jika berbicara dalam hal desain lebih jauh, WordPress lah pemenangnya, kenapa ? karena dengan mendukung berbagai macam bahasa pemrograman dan juga pengambilan perspektif desain blog berplatfor WordPress lebih unggul. Banyak dari para web designer ingkat lanjut lebih memilih WordPress sebagai bahan percobaannya di bidang desain web.

Kesimpulan

Keduanya sama-sama bagus dan sama-sama layak di perhintungkan, jika berbicara tentang dalam hal kemudahan penggunaan, user interface yang ramah, kecepatan terindeks mesin pencari serta dukungan tutorial-tutorial untuk blogger, blog berplatform blogger lah pemenangnya.

Namun jika berbicara hal tentang desain dan membuat uang dengan cepat, platform bertipe Wordpress lah pemenangnya. Semuanya bergantung kepada diri kita masing-masing. Jika kamu merasa baru terjun di dunia blog, gunakanlah platform blogger, namun jika kamu ingin mencoba tantang baru atau sudah lebih maihr, maka gunakanlah Wordpress.

Jadi, yang mana pilihan kamu ? :)

Postingan Terkait:

48 comments:

  1. ane punya word pres gan, tapi bingung makenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga punya wordpress juga, dan harus di pelajari lebih lanjut biar ga tambah bingung hehe

      Delete
    2. wah mau fokus dulu ma bloger gan, klo banyak banyak ntar jadi bingung. lagi juga di wordpres ga bisa di pasang iklan, bakalan di baned klo pasang iklan. jadi harus beli hosting sendiri.. banyak modal lah pokonya. :D

      Delete
    3. HEHEHEbenar juga sih gan :)

      Delete
  2. Replies
    1. jawaban saya sama seperti di kesimpulan di atas :)

      Delete
  3. saya jd tambah wawasan ni bang

    ReplyDelete
  4. Boleh Juga Tuh infonya Sobat, menambah pengetahuan kami tentang Blogger dan Wordpress. Makasih

    ReplyDelete
  5. saya pengikut blogger, cuma beberapa waktu lalu komen saya, apapun, ke siapapun dimasukkin ke kotak SPAM. itu kelemahan blogspot yang saya ikuti menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang terkadang seperti itu bang, komentar aabang saja beberapa kali masuk spam ane

      Delete
  6. terima kasih ilmunya sahabatku..
    aku sangat suka dengan postingan ini..
    berhubung saya masih pemula. so saya akan mencoba blogger dulu.. ^_^...
    Insya Allah jika aku udah mahir akan mencoba ke Wordpress..
    salam sukses dari saya sahabatku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, ane juga nyoba blogger dulu, masih mempelajari wordpress :)

      Delete
    2. mohon bimbing aku yah, aku percaya sahabat pasti lebih banyak pengetahuannya tentang dunia blogg..
      jika ada yang salah dalam bloggku. jangan segan2 masukkannya dari sahabat.. :)
      terima kasih yah

      Delete
  7. Kalau di laptopku WP berat banget bukanya sob. gak tau kenapa ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok bisa begitu gan ? mungkin koneksi agan kah ?

      Delete
  8. Kebetulan ane pakai keduanya gan...tapi lebih sering update di blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup yup karena blogger terasa lebih mudah :)

      Delete
  9. tetep blogger donk paling kece bwt anak muda XD

    ReplyDelete
  10. Klo menurut saya CMS Wordpress itu lebih bagus bos, sekuritasnya juga aman karena ada updating...

    Sementara pada Blogger juga ada kelebihannya, yaitu terintegrasi dengan fitur2 google yang lain seperti feedburner, webmaster, dll.

    trims, analisanya cukup tajam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. WordPress terkendala masalah keamanan sob beberapa waktu yang lalu sob. namun memang harus di akui dalam hal CMS WP lebih unggul dari blogger. Tetapi kalau dari integrasi fitur dan kemudahan bloggerlah pemenangnya.

      thanks juga sob sama2 sudah berkomentar :)

      Delete
  11. blogger dan wordpress, dua raksasa pembloggeran...

    tapi saya karena sudah pandangan pertama sama blogger, maka saya memilih blogger..
    saya juga ingin menggunakan wordpress untuk sekedar ujicoba saja, biar gak katrok.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gitu dong sob, berani mencoba berani bertanggung jawab :p

      Delete
  12. Kalo menurut gue semua baek, yang penting dipake buat hal2 yang baek! Tapi karna gue pemake blogspot, gue bakal bilang "hidup blogger!" hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang keduanya memiliki kelebihan masing2 :)

      Delete
  13. mungkin wordpress lebih bagus tapi gue udah terlanjur cinta ama blogger....
    ya ,blogger tetap di hati....

    ReplyDelete
  14. gue juga dlu pake wordpress tp bingung makenya bang ..
    males mau belajar ilmunya udah enak di blogspot

    ReplyDelete
  15. sekali blogger tetap blogger..
    #smile

    teguh pendirian sob

    ReplyDelete
  16. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, pilihan terbaik berada ditangan penggunanya masing-masing :)

    ReplyDelete
  17. pake satu blogspot saja sudah sulit ngelolanya sob, apalagi kalau nambah wordpress tidak tahu kalau ganti barangkali

    ReplyDelete
  18. mantap nih info nya gan. tapi menurut yg ane denger wordpress lebih powerfull dalam dunia blogging, apa iya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing2 menurut para poemula blog, bloggger lah lebih powerful :) heheh

      Delete
  19. kalo wordpress nya gratisan ga bisa di pasang pengiklan beda sama yang self hosted

    ReplyDelete
  20. jadi mending pake blogger aja hehe

    ReplyDelete
  21. Menurut saya wordpress dan blogspot itu sama. WordPress sebenarnya bukan CMS, melainkan hanya blog publishing tool. :) Masih banyak kok CMS yang “benar-benar CMS”, alias bukan blog publishing tool :)

    Saya pernah menggunakan wordpress, kalau saya terus menggunakan wordpress saya tidak akan bisa berkembang karena wordpress fiturnya hanya itu itu saja.

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More