Sunday, August 26, 2012

8 Teknik Efektif Untuk Optimasi Mesin Pencari

8 Teknik Efektif Untuk Optimasi Mesin Pencari


Seorang blogger tentunya ingin memaksimalkan trafik pengunjung kedalam blognya. Tentunya hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan beberapa trik SEO. Sebenarnya banyak sekali tips dan trik SEO yang bisa digunakan. Mulai dari yang simpel maupun yang agak sulit. Dan di postingan berikut ini saya akan memberikan beberpa tips dan trik SEO yang efektif guna membuat blog/web kamu mendapatkan peringkat yang terbaik di mesin pencari serta meningkatkan trafik pengunjung blog kamu.

1. Gunakanlah Menu Navigasi

Sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui apakah menu navigasi itu ? Yup menu navigasi adalah semacam menu yang biasanya terletak di header, atau footer blog. Menu navigasi biasa terisi dengan "Home", "About", "Contact", "Sitemap", "Privacy Policy", dan lain sebagainya. Diawal-awal saya membuat blog, saya sering mengabaikan penggunaan menu navigasi ini. Padahal penggunaan menu navigasi ini penting didalam suatu blog.

Blog akan lebih mudah diakses dan teratur. Bukankah kita membuat blog untuk memudahkan dan memberi kenyamanan kepada para pembaca ? tentunya dengan penggunaan menu navigasi ini pengguna akan lebih mudah mengakses dan mengetahui secara gamblang tentang situs kita.

2. Buatlah Tag Pada Gambar di Postingan

Ini juga sering dilalaikan oleh para blogger. Mereka membuat postingan, memasukan gambar namun tidak membuat tag dan properti didalam gambarnya. Padahal dengan melakukan hal tersebut, gambar akan semakin  menjadi SEO Friendly dan secara langsung akan meningkakan nilai SEO kamu di mesin pencari. Masukkan gambar kedalam blog dengan ukuran yang tidak terlampau besar dan juga beri tag keterangan pada gambar tersebut sesuai dengan isi gambar.

Nah bagi kalian yang belum tahu caranya bagaimana caranya menambahkan tag pada gambar pada postingan, caranya mudah kok, setelah selesai mengupload gambar, klik gambar tersebut, nanti akan muncul berbagai macam pilihan. Pilih "Properties" dan masukkan keterangan yang sesuai di Title text dan alt text pada gambar tersebut. Lihat contohnya di bawah ini.


Gambar dengan Tag ALT dan Title Tag

Cara membedakannya adalah, ketika cursor kamu menuju kesalah satu gambar tersebut akan muncul keterangannya.

3. Buat dan Submit Sitemap

Untuk membuat sitemap atau daftar isi dan menyubmit sitemap sudah saya jelaskan di postingan beberapa waktu yang lalu. Mungkin bisa kalian lihat postingannya di bawah ini :
Usahakan juga untuk menyubmit sitemap beberapa minggu sekali agar mesin pencari yang memeriksa situs kamu dapat mengakses semua postingan kamu dengan mudah dan cepat. Tentunya hal ini dapat meningkatkan trafik pencarian ke situs kamu.

4. Gunakan Permalink yang Mudah dan Menarik

Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi kalian, oke permalink atau permanen link adalah semacam URL yang merujuk kepada suatu web atau forum namun letaknya lebih dalam ke arsip blog atau kedalam suatu postingan. Contoh permalink adalah seperti di bawah ini :

http://hzndi.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-daftar-isi-untuk-blogger.html

Di dalam URL tersebut akan merujuk kedalam postingan cara embuat daftar isi, yang mana arsipnya terletak di bulan agustus tahun 2012. Di setiap platform, permalinknya tentu berbeda, kalau diatas biasanya permalink untuk berplatform blogger, namun untuk berplatform wordpress, joomla, dan lainnya pasti akan berbeda lagi. Pergunakanlah permalink yang lebih mudah dibaca dan menarik mesin pencari. Nah saya akan memberi contoh bagaimana memberi contoh permalink yang baik dan yang kurang baik.

Berikut ini adalah contoh permalink yang tidak baik :

www.hzndi.blogspot.com /?Paged = 290/or81

Bandingkan dengan permalink di bawah ini :

http://hzndi.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-daftar-isi-untuk-blogger.html 

Menurut kalian lebih mudah mana untuk dibaca ? tentunya yang kedua bukan ? ditambah lagi blogger sudah menyisipkan fitur permalink yang bisa kita ubah sesuka hati kita. Lihat caraa di bawah ini untuk membuat custom permalink.

Jadi gunakanlah permalink yang mudah dan sesuai dengan postingan, bukankah kalau sudah ada yang mudah tidak usah di persulit ?

5. Manfaatkan Link Internal

Dengan menggunakan link internal, link-link blog kau akan semakin terhubung. Salah satu cara untuk memasukkan link internal ke blog kita adalah dengan menggunakan widget related post, random post atau newest post / recent post. Cara ini akan membuat pengunjung kamu akan semakin lama berada di blog kamu dan membaca postingan-postingan lama kamu. Selain menggunakan widget related post, random post atau newest post / recent post, link internal juga bisa diterapkan dengan menambahkan sebuah link kedalam kata-kata yang disorot. Contoh link internal adalah ini, klik disini untuk ke Homepage. Saat kamu mengklik link tersebut, kamu akan menuju ke homoepage blog ini, namun kamu juga bisa menerapkan link lainnya juga.

Penggunaan link internal juga akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks semua postingan kamu karena postingan kamu akan terhubung satu sama lainnya. Pageviews pun akan bertambah banyak, oh iya, saat menggunakan link internal, gunakanlah judul link yang sesuai untuk menggambarkan isi artikel kamu. 

Baca juga :

6. Percepat Waktu Loading Blog

Sama seperti pengunjung blog, mesin pencari juga malas menunggu blog/web dengan waktu loading yang lama. Waktu loading blog yang lama juga dapat mengurangi lalu lintas pengujung blog kamu. Saran saya gunakanlah widget blog yang seperlunya saja tidak usah terlalu banyak menggunakan widget yang tidak penting, Bukanka lebih baik memiliki blog yang punya banyak pengunjung dengan tampilan sederhana dan waktu load yang cepat ?

7. Gunakan Forum

Di beberapa postingan tentang SEO, saya sudah menjelaskan betapa pentingnya keaktifan kita di forum. Aktif di forum adalah salah satu cara untuk membangun reputasi kamu sebagai blogger. Selain itu dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung, rangking di mesin pencari dan tentunya backlink. Ini adalah salah satu cara untuk membangun reputasi sebagai seorang blogger.

8. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, linkedln, lintas berita dan lain sebagainya sangatlah penting. Dewasa ini kebanyakan lalu lintas pengunjung blog banyak yang melalui media sosial. Mulai promosikanlah blog kamu ke media-media sosial, dapatkan lalu lintas yang melimpah serta blog kamu pun akan semakin SEO.

Postingan Terkait:

58 comments:

  1. wah komplit infonya sob
    ternyata aq belum semua mengamalkan cara diatas,mo coba juga lah
    mksh infonya sob
    sukses slalu buat anda

    ReplyDelete
  2. Maqntap seklai sob,,,komlit dan mudah dimengerti,,,,,trims untuk teknik yang di sampaikan

    ReplyDelete
  3. Yup betul sekali sobat, Tips seo yang menarik dan bermanfaat. Trima kasih

    ReplyDelete
  4. super sekali bang..
    terima kasih ilmunya yah

    ReplyDelete
  5. tanks infonya gan...ane mw nanyak ne gan ,buat populer post seperti punya agan tu gmn ya...???..tanks gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan :)

      bisa dilihat disini

      http://hzndi.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-widget-popular-post-warna_18.html?m=1

      atau disni

      http://hzndi.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-widget-popular-post-warna.html?m=1

      Delete
  6. ehcieh aku telhalu baca tutorial ini... teringat pertama kali bikin blog :")

    ReplyDelete
  7. banyak yang belum dilakuin euy, termasuk di dalamnya menggunakan permalink yang mudah dan menarik.. hahaha..

    Makasih ilmunya. salam olahraga!

    ReplyDelete
  8. wah disini selalu menemukan tips yang bermanfaat sobat, trims

    ReplyDelete
  9. wah kalau tekniknya tepat kaya gini, bisa terus disayang mesin pencari ya blog kita....

    mantab ini... :)

    ReplyDelete
  10. gambar pake tag itu maksudnya?? watermark? **telmi nih**

    btw..mohon maaf lahir batin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan2 kan disitu sudah dikasih tau caranya untuk memakai tag.

      maaf lahir batin juga neng popi

      Delete
  11. seepphh gan,,,
    saya psti melakukan nya,,
    thankz,,
    salam kenal gan....

    ReplyDelete
  12. Untuk membuat blog lebih SEO Ternyata gak mudah berarti ya gan... Dan tips di atas tentu sangat membantu, thank you infonya

    ReplyDelete
  13. Kunjungan balik :)
    Pernah sih menggunakan beberapa trik SEO, tapi nggak ngoyo-ngoyo banget kalau saya sih, yang penting senang *nggak nyambung :p

    ReplyDelete
  14. Lenkap sekali sobat,terima kasih ini jadi panduan bagi saya.

    ReplyDelete
  15. Bagus tuh, nyimpen dulu bsok diutak-atik kalau ada waktu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu mah pasti ada, tapi ada keinginan untuk mencoba ga heheh :p

      Delete
  16. Saya pilih no 6 sobat, trima kasih sudah memberikan penjelasan yang bagus dan menarik dan juga mudah untuk pemahaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan cuma nomor 6 sob, tapi harus semuanya :D hehe iyah sama2 om

      Delete
  17. disini sepertinya master blogger mulai dari tips, tutorial, css sampe pengetahuan seo ada. makasi gan udah berbagi pengetahuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane bukan master, cuma orang biasa saja om heehe

      Delete
  18. langsung ke tkp untuk menguji cobanya sobat...

    ReplyDelete
  19. kalau submit di google bukan masalah, namun untuk yahoo dan bing blogu gak terlihat hanya komentarku di blog lain yg muncul, kenapa ya?

    ReplyDelete
  20. hehe, banyak banget yang bisa didapat disini. dan saya termasuk yang tidak care soal ginian. wah, bener2 ketinggalan deh, saya.

    ReplyDelete
  21. Kadang saya pasang gambar begitu aja, nda pake Alt deskripsi. Wah kalaw tau manfaatnya mantaf kaya gini akan saya terapkan. Terima Kasih sharing infonya. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  22. kunjungan siang kang . .kalo manfaatkan social media tu ku udah sering kang#smile

    ReplyDelete
  23. mas bro klu bikin forum bagai mana mas bro? q dah coba berkali2 tetep g bisa mas bro

    ReplyDelete
  24. ilmu baru nih,, harus Di coba,,

    thank sobat

    ReplyDelete
  25. ilmunya lengkap banget nih,,,,perlu dicoba

    ReplyDelete
  26. bagus informasinya bang..tapi sayang nya ane jarang buka blog bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya walaupun jarang kan bosa di terapkan sob sekali2 mah :)

      Delete
  27. informasi lengkap terima kadih! tapi sy pribadi msh nyaman dgn memanfaatkan jejaring sosial aja. hehehe

    ReplyDelete
  28. maksih banyak gan.. ulasannya sangat bermanfaat untuk blogger Pemula seperti saya ..thanks

    ReplyDelete
  29. Ya ini tips buat pemula gan thanks
    Jangan lupa mampir ya

    ReplyDelete
  30. Idem gan, SEO memang mudah diucapkan tapi pada kenyataannya tidak semudah mengucapkannya ya gan

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More