Wednesday, May 9, 2012

Apa Itu Google Penguin


Tampaknya masih belum ada yang belum mengetahui jika adalah pelopor dan pemimpin dunia dalam pencarian internet selain itu Google memiliki sekitar 66% saham di industri Internet, yang membuatnya lebih besar daripada perusahaan internet lainnya.

Beberapa tahun terkahir google telah memperbarui fungsi pencariannya secara teratur. Dan kita pun telah menyaksikan beberapa perubahan radikal dari Google di dalam model pencariannya. Sebagai contoh, baru tahun lalu bahwa Google mengumumkan update Algoritma Panda yang di takuti beberapa kalangan blogger maupun peimilk website akan peringkat hasil pencariannya di internet. Dan pada hari ini, semua orang berbicara tentang pembaruan algoritma terbaru dari google yang di beri nama Penguin. Algoritma Penguin baru diluncurkan beberapa hari yang lalu.

Beberapa orang akan setuju dengan update-an terbaru dari google ini namun ada juga yang mengatakan sebaliknya. Mungkin secara nama yaitu Penguin, Banyak yang berfikir hewan ini adalah hewan yang ramah dan semoga akan ramah pula terhadap blog atau website milik kita, namun pada kenyataannya hal ini sebaliknya dari yang di bayangkan !. Banyak situs telah "dihukum" google akibat si Penguin lucu ini. Dan pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang Apa itu Algoritma Google Penguin ? Dan bagaimana mereka mempengaruhi sebuah website?

Semua ini adalah tentang satu hal yakni  ini tentang Kualitas Konten (Quality Content) vs Search Engine Optimization (SEO). Konsep SEO telah berkembang sejak mesin pencari seperti Google lahir. SEO adalah sesuatu hal yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan peringkat website atau blog kamu ke tingkat yang lebih tinggi namun hal itu terjadi jika kamu bisa menerapkan trik-triknya. Salah satu triknya adalah menulis konten berkualitas.

Pada akhir tahun 90an dan awal 2000-an, ketika Google masih baru lahir, beberapa webmaster mulai melakukan hal itu. mempelajari trik SEO sebagai gantinya, yang membawa konten mereka ke puncak pencarian google.

Tahun demi tahun, pengoptimalan mesin pencari terus melakukannya. Google telah terus-menerus meningkatkan modul pencarian. Pada dasarnya, praktek ini adalah tujuan dasar dari Google, yakni untuk menyediakan konten berkualitas baik untuk pembaca, bukan situs palsu yang spam web dan mendapatkan tempat yang tinggi di SERPs (Search Engine Results Pages). Oleh karena itu, kebutuhan akan mekanisme penyaringan yan canggih yang akan membiarkan kualitas melalui tetapi bukan konten spam.

Google filter spam

Meskipun Google telah menerapkan filter seperti itu sepanjang beberapa tahun terakhir, pembaruan algoritmanya hanya sekali dalam setahun. Google Panda pun hanya suatu update tahun lalu. Update besar untuk tahun ini adalah Google Penguin update, dan tampaknya relatif kurang berbahaya daripada Panda, meskipun masih telah dipengaruhi banyak website. Jadi pada dasarnya, pembaruan ini bertujuan mempromosikan kualitas konten dan menyaring spam. 

Berikut beberapa perbedaan dari Google Panda dan Google Penguin

Google Panda

Google mengeluarkan Panda pada 24 Peb 2011. Dan segera, ia membuat tanda dan tekan blog begitu banyak dan website yang struktur peringkat seluruh terguncang, dengan website baru yang masuk di bagian atas sementara beberapa website didirikan tua mencelupkan ke bawah. Menurut Google, hal itu bertujuan untuk penyaringan "kualitas konten tipis atau rendah". Sejak diluncurkan, Google telah membuat perubahan untuk itu 13 kali pada 20 April 2012. Dan total 12% website telah dipengaruhi oleh pembaruan ini.

Google Penguin

Google Penguin merupakan angsuran di gudang Google senjata yang akan diturunkan ke dunia online. Di perkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk mengecilkan / menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs. Sebelum rilis, Google mengatakan;


"Dalam beberapa hari berikutnya, kami meluncurkan sebuah perubahan algoritma yang penting untuk menjaring web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat untuk situs yang kami percaya telah melanggar pedoman yang ada pada kualitas Google. Kami selalu menarargetkan web yang hanya mengandung spam dalam peringkat kita, dan ini merupakan algoritma lain perbaikan dari algoritma sebelumnya dalam upaya kita untuk mengurangi webspam dan mempromosikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk "permainan" hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah untuk fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode White Hat SEO dan bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif."

Pengaruh Google Penguin Terhadap Blog / Web

Ada banyak alasan mengapa kamu terpengaruh akibat algoritma baru dari google ini. Tapi faktor yang tepat hanya diketahui orang dalam Google. Google tidak mengungkapkan informasi ini, karena jika mereka melakukannya, pengoptimalan mesin pencari akan ambil pada trik-trik yang menipu Google. Jadi Google tidak memberikan rincian yang tepat.

Berikut Hal hal yang mungkin mempengaruhinya ;
  • Selama optimasi - Hal ini sangat penting. Blog yang tidak memiliki konten yang berkualitas, harus lebih mengoptimalkan situs Web mereka. Jadi, kamu harus melakukan apa yang diperlukan.
  • Kepadatan kata kunci yang tinggi - Menggunakan kata kunci yang berlebihan juga merupakan bentuk spamming, karena kamu mencari perhatian mesin pencari. Di masa lalu, halaman yang peringkat menurut jumlah kata kunci yang mereka miliki. Namun sekarang tidak lagi seperti itu.
  • Virus dan Malware - Orang-orang hanya membencinya ketika mereka mendarat di situs web terinfeksi virus. Dan begitu juga Google. Memiliki virus di situs kamu, atau bahkan memiliki spam yang terlalu banyak atau script bot dapat memicu lonceng alarm untuk Google. Harap tinjau situs kamu secara berkala dari sekarang.
  • Kurangnya Pengalaman Pengguna - Sekarang ini sangat penting, dan Google telah menekankan pada akhir-akhir ini yakni untuk menyenangkan para pengunjung adalah hal lain. Bahkan dengan SEO yang memadai, sebuah situs web yang tidak memiliki pengalaman pengguna yang baik mungkin sudah terkena Google.
  • Konten Duplikat / Menyalin Konten - Memang semuanya lebih mudah bagi diri sendiri ketika menyalin konten, tetapi sebenarnya, tidak. Bahkan, justru sebaliknya, kamu akan mendapatkan citra yang buruk dari si Google. Google membenci itu ketika menemukan duplikat konten di website kamu. Jangan menyalin dari sumber lain, dan tidak pernah menggunakan konten berlebihan.
  •  Bouncing Rate yang Tinggi - Pastikan untuk mengurangi jumlah spanduk dan grafis berat lain sebanyak mungkin untuk memastikan situs kamu memiliki beban lebih cepat atau ringan. Blog loading lambat akan dibenci oleh pengunjung dan sebagainya oleh Google. Jadilah kreatif namun cerdas!
Yah itulah beberapa tips dan trik serta beberapa hal tentang Algoritma terbaru dari google yakni google panda. Ingat yang terpenting adalah jangan menyerah dan gunakan teknik-teknik optimasi White SEO dari para Webmaster handal yang ada di seluruh dunia yang bisa kamu cari di Internet. Jadilah kreatif dan jangan menyerah ! Pasti kamu akan mendapatkan Pagerank serta peringkat SERPs yang tinggi ! 

referensi







Postingan Terkait:

49 comments:

  1. panda aja belum ngerti eh udah muncul si penguin, wheleh.. btw kalimat/kata-katanya ada yang agak rancu digunakan :) #imho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyah harus lebih dipelajari, iya itu kan saya translate sob dan ada yang menggunakan kata2 saya sendiri, jadi agak rancu hehe

      Delete
  2. Replies
    1. hehe iyah dong kan biar info yang di kasih lengkap juga :D

      Delete
    2. . . hu um. bagus bangut. jadi yg baca dapat langsung tanggap. he..86x . .

      Delete
  3. hebat mana ama Google yang asli sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh ini sebenarnya hanya produk dari google dalam pencarian internet, nama dari Algoritma terbaru google sob.

      Delete
    2. oalah... salah paham brati aku, hee

      Delete
    3. loh ? ente area dangdut koplo blog ente juga yah sob ?

      Delete
  4. emang ada yang ginian juga ya, baru tahu saya...makasih dach udah share infonya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini mengenai penguin.
    Dulu panda sekarang penguin, besok apalagi yah...?

    ReplyDelete
  6. Klau bicara soal dampak, blog saya justru mengalami peningkatan. Oleh karena itu saya mencoba membuat blog baru di blogspot dan mengulang apa yang saya lakukan pada blog yang dulu. Dan hasilnya cukup menyenangkan bagi MAdjongke

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang blog ane mendapatkan dampak yang positif untuk saat ini, PR ane juga dari 0 menjadi 2, tapi tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa bulan kedepannya

      Delete
    2. nah itu dia sob susahnya nebak algoritma google. ane dr PR2 jadi PR0 tp skrg kembali lagi jadi PR2 ...

      Delete
    3. betul banget sob, mudah2an aja memberikan dampak yang positif yah :)

      Delete
  7. eh, aq baru tahu lho, mulai dari google panda sampe pinguin ada ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu memang nama algoritma pencarian doang sih hehe

      Delete
  8. manteb infonya..jadi lebih paham ane..

    ReplyDelete
  9. panda, pinguin, ntar apa lagi deh? google macam kali ya? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. lengkap banget gan penjelasannya, thanks ya gan :D

    ReplyDelete
  11. ooo..jadi yang slama ini mengendus ngendus untuk pencarian google si pinguin ini toh..baru tau saiya..hehe

    ReplyDelete
  12. Wuih,.. mantap skali penjelasannya.. sepertinya sangat memperhatikan kinerja mesin pencari deh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ane cuma berbagi Ilmu yang saya dapat saja sob :)

      Delete
  13. Nice inpo nih.. aku baru tau ada yang namanya google panda sama google penguin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sob, mungkin nanti akan ada google kambing :D haha

      Delete
  14. Replies
    1. malam gan hehe, ane bukan suhu emangnya ane udah jadi master apa di panggil suhu :D hehe

      Delete
  15. Semoga pinguin nya google lupa mengontrol blog ku,
    Support kawan

    ReplyDelete
  16. Makasih nih informasinya salam kenal gan...

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More