Sunday, August 5, 2012

5 Cara Cepat Untuk Dapatkan Backlink

5 Cara Cepat Dapat backlink


Backlink, sebuah kata yang menjadi momok untuk para blogger. Mungkin ada sebagian blogger yang tidak peduli akan backlink terhadap blognya. Atau sebagian diantaranya malah belum tahu benar apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya, tetapi pernah mendengar istilah backlink tersebut. Oleh karena itulah di postingan yang singkat ini saya akan menjelaskan secara singkat apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan dengan cepat khusunya blog/web baru.

Backlink merupakan suatu bagian integral dari meningkatkan rank alexa, google pagerank, dan kunjungan suatu pengunjung terhadap blog kamu. Memang, masih sebagian blogger mengabaikan tentang backlink, namun tahukah kalian jika backlink akan menjadi hal yang sangat sangat menguntungkan apabila di kelola dan dilakukan dengan benar. 

Sebutlah jika blog yang kamu kelola memiliki konten yang berkualitas tinggi dan tema yang terkesan 'wah'. Namun jika kamu sudah membuatnya dengan susah payah dan tanpa bisa di indeks dan di baca oleh para pengunjung situs, lalu buat apa membuat konten yang bagus ?. Konten yang bagus ditambah dengan membangun suatu backlink adalah kombinasi yang pas dan tepat untuk sebuah blog yang bagus.

Oke cukup sudah basa-basinya, kali ini saya akan memberikan 5 tips untuk mendapatkan backlink dengan cepat khususnya untuk blog yang masih 'seumur jagung'.
 

1. Bertukar Link Dengan Blog Yang lain


Cara ini adalah cara yang termudah karena kita tidak membutuhkan usaha yang keras. Untuk bertukar link dengan blog orang lain pun cukup simpel. Kita tinggal menghubungi admin blog yang kita tukar linknya dengan kita entah itu lewat email, chat, atau komentar. Kemudian saling memasang link blog/web di masing-masing blog. Saya sarankan tukarlah link dengan blog yang berpagerank lebih tinggi dari blog kamu. Misalnya, blog yang berpagerank 0 bertukar link dengan blog yang berpagerank 1 dan yang berpagerank 1 bertukar link dengan blog berpagerank 2, dst. Dan untuk kamu yang ingin bertukar linkdengan blog hzndi, silakan klik link disini (klik skip ad setelah 5 detik).

2. Menjadi Penulis Tamu

Menjadi penulis tamu pada suatu blog adalah cara yang bagus juga untuk membuat backlink dengan cepat. Penulis tamu itu sendiri adalah seorang pengelola blog/web yang bersedia menulis sebuah postingan di sebuah blog orang lain dengan persetujuan dari admin blog yang bersangkutan. Bayangkan jika postingan yang anda tulis di terbitkan di blog yang ber-PR 3,4,5 atau lebih, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu. 

Dan untuk mendapatkan persetujuan dari sang admin, postingan yang kita tulis haruslah berkualitas, berbobot, tepat sasaran dan yang paling penting adalah hasil karya sendiri bukan hasil copas atau orang lain. Di bagian deskripsi penulis saat menjadi penulis tamu suatu blog tentunya akan menempatkan link blog kamu yang mana akan menjadi sebuah backlink nantinya. Manfaat dari menjadi penulis tamu bukan hanya itu, kita jadi belajar untuk menjadi penulis yang handal. Bagi yang tertarik untuk menjadi penulis tamu di blog saya, bisa klik link ini.

3. Berkomentar di Blog Orang Lain

Mengomentari blog orang lain tampaknya sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian blogger karena mereka memilih untuk mengisi chatbox daripada berkomentar. Padahal dengan berkomentar memiliki banyak keuntungan. Selain dapat backlink, berkomentar juga akan menambah jumlah pengunjung, jumlah komentar di postingan kita juga pasti akan banyak, karena sang admin yang blognya sudah kita beri komentar pada postingannya tidak akan segan-segan untuk berkomentar balik di blog kita tanpa harus meminta balik komenta.

Terlebih lagi jika kita menemukan blog yang memasang plugin commnetLuv di blognya. Hal ini akan menjadi keuntungan yang besar pada kita untuk membangun backlink (Soal CommentLuv akan saya bahas di postingan selanjutnya). Yang harus kamu lakukan hanyalah berkomentar pada blog yang memasang plugin commentLuv, kemudian tinggalkan komentar kamu di blog tersebut dengan kata kunci yang bersamaan dengan nama asli anda dan URL Blog kamu. Oh iya, jangan kesampingkan pula berkomentar pada blog do-follow yang ber-PR tinggi. Cara ini akan dengan cepat mendatangkan backlink di blog kamu.

4. Aktif di Forum

Cara lain untuk mendapatkan backlink dengan cepat adalah aktif di Forum. Tentu saat pendaftaran di forum tersebut, kamu akan diminta alamat url blog/web kamu. Di forum pun terdapat sesi tanya jawab atau membuat thread tertentu. Yang mana apabila suatu thread yang kamu buat berdasarkan postingan blog kamu, akan membawa para pembaca thread yang kamu buat menuju situs yang kamu kelola. Jadi dapat 2 keuntungan deh, dapa backlink sekaligus trafik pengunjung :) Oh iya, saya menyarankan kamu untuk daftar di forum-forum ber-PR tinggi dan DoFollow disini.

5. Pemasaran Artikel

Setelah membuat suatu postingan, usahakan submit artikel/post yang kamu buat ke penyedia direktori artikel seperti Articlesbase.com atau Goarticles.com, Ezinearticles.com dll. Usahakan buatlah artikel sebagus mungkin sehingga bermanfaat untuk kamu dan juga pembaca.

Kesimpulan

Ah...Backlink memang sangat bermanfaat untuk blog kamu sehingga sangat penting bagi kamu untuk melakukannya. Jadi, mulailah dari sekarang membangun backlink untuk blog kamu :)

Postingan Terkait:

99 comments:

  1. di pertamaxin dulu :D

    wahahaha mantap :D backlink memang sangat di perlukan dalam membangun website/blog.

    ReplyDelete
  2. tapi kadang2 di forum itu kalo sebar link di anggep spam.. mending dengan cara tukar link, selain dapet backlink, kita juga dapet temen.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan forumnya beda2 sob biasanya sih engga heheh yup tukar link juga bagus :D

      Delete
  3. Tipsnya sangat berguna sob. Tapi selama ini khususnya blog q yang baru lebih fokus ke artikel. Soal backlink biarlah tuhan yang mencarikan. hhehehe, dan tuhan maha pengasih. Terbukti banyaknya link masuk ke blog q terutama dari blogger lain yang copas artikel dari blog q. Meski begitu, tips diatas merupakan tips terbaik yang pernah ada. Jarang lho sob blog yang memberikan tips seperti ini secara lengkap dan juga komplit. jempol saja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bisa saja nih abang rohmad :D makasih bang sudah datang

      Delete
  4. setuju sangat dengan artikel ini gan. backlink memang perlu untuk bangun sebuah traffic web atau blog :)

    ReplyDelete
  5. sy baru tau informasi tentang submit artikel itu sob, hehehe
    makasih sobat, udah berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah gan sama2 makasih juga sudah datang :)

      Delete
  6. nice info gan . .
    kalo yang diforum tu saya belum gan#smile

    ReplyDelete
  7. 5 cara dapatkan baclink tips dari agan sepertinya patut untuk di coba nih..

    ReplyDelete
  8. wah terima aksih banyak untuk 5 cara mendapatkan backlink berkualitas ini sobat...

    ReplyDelete
  9. Backling sangat perlu, apalagi blog yang ada iklannya pastinya juga membantu. Kalau forum belum pernah coba mungkin karena belum PD saja.

    ReplyDelete
  10. jangan malas bosan melakukan it smua. it yg utama he he mv sob br dtang nih

    ReplyDelete
  11. jangan malas dan bosan ..to do it..soalny ngblog it kdang bosan jenuh malas.

    ReplyDelete
  12. wahhh asyik nih sobat,, saya sudah mempraktekkan semuanya nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus dong, berarti siap2 kejatuhan backlink :D

      Delete
  13. Tadinya gue cuma tau backlink adalah cemilan paporit kuda lumping di kampung gue. Nah! Semenjak gue ngeblog, backlink mengalami perluasan arti. Lebih2 stelah baca artikel ini! Gue ngarti, deh! Nice share, sob! ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe okelah bang yang penting bermanfaat :D

      Delete
  14. yang paling sering saya lakukan berkomentar di blog sahabat blogger lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh oe gan ane juga sering melakukan itu

      Delete
  15. nice share sob, sangat bermanfaat,
    oiya kalau tuker link gimana ya sob?
    tambah lagi, gimana kalau kerja sama saling mengeklik iklan, jadi saling menguntungkan sob, saya juga gak tahu apa ini fair atau tidak.s7 ?

    ReplyDelete
  16. Nomor 2 dan 4 belum sob. Langsung saya praktekan.

    ReplyDelete
  17. betul gan, tapi sy pribadi lihat senang dengan berkomentar dan bertukar link aja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkomentar, bertukar link dan mengikuti kaidah cara-cara diatas, dijamin tokcerrr :D

      Delete
  18. boleh juga bang .. tapi kalo masuk forum agak males , kecuali grup blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke grup blogger di fb juga gpp, tetap akan menghasilkan backlink

      Delete
  19. Thanks ilmunya

    Oy mau tanya sob berdampakkah kalau pagerank yang tinggi bertukar link dengan pr yang rendah terhadap pr yang tinggi tadi , terima kasih

    ReplyDelete
  20. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, kayaknya aq gak mampu dech. cz blog aq aja biasa. huhh . .

    ReplyDelete
  21. wah, wah, kapan bisa paham tentang yg namanya 'seo' yak? hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan mengerti kalau belajarnya di blog ini :D

      Delete
  22. penting juga sih ya yang begini ..

    ReplyDelete
  23. nomer lima belum pernah saya jalanin gan. :D, penulis tamu juga belum pernah, hehehe. ga ada yangmau nerima tulisan saya kali ya, ga laku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau agan tertarik bisa mengirim tulisan agan ke blog saya :)

      Delete
  24. tp perlu ati2 juga sob, selalu cek backlink yg kamu pasang, misalkan bertukar link dgn blog lain, cek link2 trsebut msh aktif gak, kalo linknya rusak alias gak aktif, justru akan membuat blog kita hancur dimata SEO. apalagi google tuh benci bgt ama link yg rusak.

    ReplyDelete
  25. Akhirnya ketemu juga artikel tentang backlink. Baru faham deh gimana cara dan manfaatnya. Terimakasih udah berkunjung ya pak. Cuma gak tahu tuh kalo buat blog craft ngaruh gak masalah backlink. Saya cuma sering komentar aja ke blog-blog saya saya suka. Hehehehe....

    ReplyDelete
  26. 5 cara yang segera saya terapkan,,terima kasih mas..

    ReplyDelete
  27. Setelah menulis konten, tugas seorang Blogger selanjutnya adalah... Ngumpulin Backlink ;)

    ReplyDelete
  28. mas mau nanya, kalo backlink yang didapet dari gambar-gambar yang kecil-kecil kayak begitu dapet backlink banyak nggak?

    ReplyDelete
  29. Saya sering mengunjungi blog-2 teman dan selalu meninggalkan komentar,, mendapatkan backlink bukanlah tujuan utama tapi silaturahmi sesama blog itulah tujuan intinya,,,
    oya, bang mau nanya nih,,, seringkali saya berkomentar selalu mengarahkan linknnya ke feedburner blog saya, apakah itu juga berpengaru dalam hal SEO dan backlink...?
    Tolong beri tau saya jika sudah membalas pesan ini, makasi sebelumnya...

    ReplyDelete
  30. memang kak...konten adalah yang kedua menurut saya yang pertama tetap backlink..seburuk apapun konten jika backlinknya berkualitas maka akan jadi pemuncak konten seperti itu.

    ReplyDelete
  31. Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    ReplyDelete
  32. sangat bermanfaat kunjungi dan follow juga blog saya
    cerita seru

    ReplyDelete
  33. Your blog posts and articles are very interesting, for me so inspired, keep your blog so that I can read and post your next article, thank you

    ReplyDelete
  34. post and your article is very interesting to read, I am very inspired from your blog posts, the blog hopefully you can survive and provide interesting information for me, I will come back to see your blog posts and articles later, thanks

    ReplyDelete
  35. mantab gan infonya saya(newbi) coba dulu

    ReplyDelete
  36. bener bgt gan, link excange emg penting bgt . . .thanks infonya .

    ReplyDelete
  37. agan saya kan pakainya opencart, kalo saya taruh widget kelihatannya mengganggu.. kalo saya ga pasang widget gmana gan.. apa peluangnya masih bgs..??

    ReplyDelete
  38. Bagus nih artikelnya , maju terus deh

    ReplyDelete
  39. wah info yang menarik dan bermanfaat
    maksih tips and trick-nya ^^

    ReplyDelete
  40. thanks atas infonya gan,kunjung balik yah sobat

    ReplyDelete
  41. mas , serius artikel yang satu ini sangat menarik sekali dari ribuan artikel yang saya jumpa hasil surfing di internet :) terima kasih banyak ...

    ReplyDelete
  42. mas , serius artikel yang satu ini sangat menarik sekali dari ribuan artikel yang saya jumpa hasil surfing di internet :) terima kasih banyak mas Ricky

    ReplyDelete
  43. tangkiu Bro, bener bangetzz tuhh.Buat apa Blog bagus tapi tak ada pengunjung. Inpo bermanfaat nie Bro..

    ReplyDelete
  44. TOP banget buat nambah jurus nih....

    ReplyDelete
  45. Bener Banget Broww,,,
    Bangun Backlink sebanyak-banyaknya

    ReplyDelete
  46. wah meskipun agan uda lama gak posting tp alexanya tetep ramping,
    salut deh buat agan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane ga pernah cek alexa lagi gan hehe, nanti ane cek deh

      Delete
  47. bagus tips nya memang membangun blog yang baik itu ibarat kita membangun sebuah rumah idaman..!!!!


    terimakasih

    ReplyDelete
  48. Replies
    1. Sama2, lain kali kalau mau jualan bukan disini tempatnya

      Delete
  49. masih belum mudheng, apa cukup berkunjung ato meninggalkan url blog kita ?? rubrik.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkunjung tanpa meninggalkan link juga bisa dapat backlink

      Delete
  50. setelah saya membaca artikel di astas saya jadi tau dan paham tentang 5 cara cepat untuk mendapatkan backlink , terima kasih atas infonya ,,,,

    ReplyDelete
  51. belajar dulu aahh... thank ya master

    ReplyDelete
  52. Mas, saya ini baru-baru mengganti domain dr blogspot ke TLD, nah Backlink saya pun langsung turun ke 0 dari 67. pertanyaan saya apakah ada cara untuk mengembalikan semua backlink tersebut? terima kasih. ini blog saya http://android-superuser.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya ya sama seperti pertama kali mencari backlink. Backlink bukanlah tujuan. yang penting konten blog ente disukai sama pembaca :)

      Delete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More