Tuesday, September 11, 2012

Cara Menghindari SEO yang Berlebihan

Cara Menghindari SEO yang Berlebihan


Guna mendapatkan perhatian dari om Google, sebagian blogger harus mengoptimasikan website yang mereka kelola. Entah itu lewat mengkoding beberapa kode HTML, promosi di media sosial dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu, Jika kamu terlalu banyak melakukan optimasi akan menyebabkan website kamu semakin terpuruk dan bukan semakin naik. Efek terlalu banyaknya optimasi SEO yang dilakukan pun bisa menyebabkan sebuah website "ditendang" dari hasil pencarian google.

Kepala Tim Web Spam Google, Matt Cutts, mengatakan bahwa di bulan maret 2012 lalu saja Google telah menghukum beberapa situs yang terlalu banyak melakukan optimasi SEO. Jika beberapa tahun yang lalu orang yang melakukan teknik Black Hat SEO akan dengan mudah merangkak naik ke peringkat 1 Google, maka mulai tahun ini Google akan berupaya menghasilkan peringkat atas bagus dan uniknya konten, bukan melalui teknik-teknik SEO yang kotor. Nah di postingan kali ini saya akan memberikan beberapa hal yang di sebutkan sebagai SEO Over Optimization atau Optimasi SEO yang terlalu berlebihan.

1. Link Masukkan yang Buruk

Inbound Link bisa diartikan sebagai link yang masuk kedalam website kita. Dewasa ini ada beberapa blogger yang membuat banyak blog untuk menyuplai link masuk kedalam website utama mereka. Maksudnya begini, saya punya blog a, b, c, d, dan e. Namun blog utama saya hanyalah yang "a" saja. Dan di blog b, c, d, dan e sendiri saya hanya buat sebagai autoblogging. Autoblogging adalah blog yang update postingan secara otomatis tanpa perlu pemiliknya mengkopas konten dari orang lain karena blog tersebut mengupdate postingannya menggunakan feed atau umpan, yakni berlangganan artikel di blog yang ingin di ambil postingannya (lain kali akan saya bahas lebih jauh tentang autoblogging).

Kembali ke inbound link, Kemudian saya menaruh link-link di website b, c, d, dan e. Lalu membuat beberapa Anchor Teks yang gunanya mengarahkan link ke website utama saya. Dan jika terlalu banyak menaruh Anchor Teks, maka ini juga bisa di bilang SEO Over Optimized !. Memang memasang Anchor Teks adalah penting, namun usahakan dalam satu artikel jangan terlalu menggunakan banyak Anchor Teks jika tidak ingin terkena penalti dari Google.

2. Cloaking dan Teks Tersembunyi


Teknik Cloaking dan Teks Tersembunyi juga salah satu teknik SEO yang harus di hindari. Cloaking adalah menyembunyikan beberapa konten dari mesin pencari atau menampilkan variasi teks kepada mesin pencari namun saat di tampilkan kepada para pembaca isinya tidak sama dengan variasi teks yang ada di mesin pencari. Teknik Cloaking ini biasa dilakukan oleh situs-situs phising.


Teks Tersembunyi juga salah satu teknik SEO yang tidak di perkenankan, bahkan harus di jauhi jauh-jauh. Teknik ini dilakukan dengan cara menyamarkan warna teks dengan background blog. Misalnya background blog saya ini berwarna putih, kemudian saya juga menggunakan warna putih pada salah satu teks di postingan saya, sehingga para pembaca tidak bisa membacanya. Teknik-teknik macam inilah yang dibenci oleh mesin pencari.

3. Keyword Terlalu Banyak

Memasang Keyword yang terlalu banyak pada judul blog, meta tag deskripsi, maupun meta tag keyword dapat disebut juga optimasi yang berlebihan. Memang memasang kata kunci di blog adalah hal penting, namun jika terlalu banyak akan di anggap sebagai spam dan biasanya akan di hukum oleh google jika memiliki kepadatan kata kunci yang cukup tinggi.

4. Memasang Interlink yang Terlalu Banyak

Di beberapa blog saya juga menemukan suatu  postingan yang menggunakan interlink terlalu banyak. Bahkan link yang di berikan ujung-ujungnya masuk kedalam postingannya sendiri. Interlink itu sendiri adalah semacam link yang apabila kita klik link tersebut akan masuk kedalam postingan lainnya namun masih di dalam satu blog, tidak keluar menuju blog lain. Atau bisa juga menuju ke homepage blog tersebut, contohnya jika kamu klik link ini maka kamu akan segera ke postingan saya yang berjudul 8 Tips untuk Blogger Pemula atau jika kamu klik link ini maka kamu akan kembali ke homepage blog hzndi.  

Memasang interlink bukannya tidak boleh, bahkan saya juga menganjurkan untuk mengajurkan memasangnya. Namun apabila kamu memasang interlink yang kembali kepada postingan tersebut, lebih baik dikurangi.

Baca Juga :

5. Penyalahgunaan Tag H1 

Tag H1 memang sangat disukai oleh semua mesin pencari, namun hal ini sering disalah artikan oleh sebagian blogger. Beberapa dari mereka memasang Tag H1 lebih dari satu ! itu adalah sebuah kekeliruan, selalu gunakan Tag H1 perhalaman dan gunakan tag H2 dan H3 untuk judul dan sub judul.

6. Terlalu Banyak Pengalihan Halaman

Mengalihkan halaman memang di perlukan apabila terdapat halaman yang error atau rusak. Namun jika kamu mengalihkan halaman hanya untuk mendapatkan uang alias menuju periklanan, maka bersiap-siaplah jika suatu saat kamu mendapatkan penurunan peringkat dari google. Kenapa ? karena terlalu banyak pengalihan akan membuat blog kamu dianggap spam oleh google.

Baca Juga :

7. Konten Copas

Tampaknya hal ini sudah tidak perlu saya perjelas lagi. Penduplikasian konten juga sangat tidak di anjurkan, hal ini dapat merugikan diri blogger sendiri dan orang lain. Mulailah belajar menulis dengan baik, tulislah apa yang ingin kamu tulis, dan bagikan ke teman-teman blogger kamu :)

Baca Juga :


8. Pop Up

Pop Up juga sangat tidak dianjurkan, selain bisa mengurangi kunjungan pengunjung blog, terlalu banyak pop up pada blog akan membuat blog kamu dianggap spam oleh google. Biasanya kita tertipu dengan tombol pop up yang ada, saat kita ingin menutup iklan tersebut, eh malah terbuka iklan lainnya atau mungkin malah dialihkan ke blog lain. Sangat mengganggu bukan ?. Jadi, jangan pernah gunakan pop up !

Kesimpulan

Itulah beberapa teknik yang dilarang dalam SEO, sekarang kamu tinggal memilih, apakah tetap menggunakan teknik-teknik diatas dan menunggu kiamat pada blog kamu atau mulai mengurangi teknik-teknik SEO yang berlebihan ? Berikan komentar kamu di bawah postingan. Peace :)

Baca Juga Postingan Lainnya :



Postingan Terkait:

97 comments:

  1. terimakasih sharing nya mas bro.!!
    sangat bermanfaat untuk saya.

    ReplyDelete
  2. Seo mang bikin njelimet ya ndi..tapi makin di lepas makin ngasyikin... :)
    baca2... dulu sob... pahamin nya sekalian jalan aja...kya mengalirnya air...hehe... :)
    trims buat infonya.. :)

    ReplyDelete
  3. betul skali sob penjelasanya bukan hanya didunia blogging tapi didunia nyata klu kita melakukan atau mengambil sesuatu yg berlebihan,efeknya juga tidak baik.
    klu menurut saya optimasi SEO boleh2 saja tapi yg sewajarnya,toh mbah google juga yg menentukan bukan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju yang disampaikan Mas Reo ini. pas banget.

      Delete
    2. nah bener juga itu om adam, asal jangan terlalu lebeh dah :D

      Delete
    3. acung tangan setuju juga buat koment bang Rio..hehe :)

      Delete
  4. mantap, ilmu SEO lagi nih, makasih sob untuk ilmunya

    ReplyDelete
  5. Ternyata popup bisa dianggap SPam juga ya sob?

    ReplyDelete
  6. kalau begitu mulai sekarang harus banyak pertimbangan juga ni sob untuk melakukan teknik seo...Trima kasih sudah memberikan ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. wah wah.
    banyak amat nie tips nya.
    jadi pengen pratek om.
    tapi kok punya q nggak rame2 ya blognya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah si abang merendah saja, blog ente kan lebih rame daripada ane :)

      Delete
  8. Intinya, jangan lebay saat optimasi. Hehehe

    ReplyDelete
  9. lengakap banet gan...saya kemaren cek di seoanalyser.net ane punya masalah di no 3 tu

    ReplyDelete
  10. Internal link justru bagus sekali kok, mau bukti? Wikipedia buktinya, banyak artikel dari wikipedia masuk page one salah satunya adalah dengan internal link yang memudahkan pengunjung dan juga crawler google, tentunya inteenal link yang berhubungan. So kalau mau masuk page one contek dan analisis ajah bagaimanan wikipedia melakukannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bagus, kan disitu juga saya bilang bagus ? namun jangan terlalu banyak penggunaannya. Interal link di wikipedia juga mengalihkan ke halaman selanjutnya dan berbeda dengan rata2 blogger di Indonesia yang menggunakan internal link kembali ke postinganya.

      Delete
    2. @Hzndi, kalau terlalu banyak sih ya ga bagus juga karena bisa menyebabkan link juice, tapi kalau saya pribadi, setiap membuat posting selalu mengarah ke homepage dan ke artikel itu sendiri, khususnya buat gambar. Contoh gambar di postingan ini mengarahnya kan ke album di picasa, nah itu mendingan ketika di klik mengarah ke postingan kita ajah, ngapain juga ke album picasa? Kalo salah tolong dibenerin ya mastah, maklum masih newbie ^_^

      Delete
    3. Ya tidak apa2 gan, masalah gambar itu, lebih baik di taruh Tag ALT + Title saja biar mesing pencari bisa mengindeks gambar tersebut. Saya selama ini belum pernah mendapatkan Artikel yang di bahas oleh SEO jika memasukkan link kedalam gambar itu mempengaruhi SEO. Mungkin jika ada kurang jawabannya akan saya post lagi di postingan berikutnya

      Delete
  11. ooh gitu ya gan ..
    berarti kalo bikin postingan harus hati-hati banget yaa ..
    banyak yangperlu diperhatikan juga ..

    ReplyDelete
  12. dan tidak ada satu pun yang saya lakukan hehehe jadi insya Allah saya aman. :)

    ReplyDelete
  13. Hasil copas itu bisa kita ketahui dengan cara sederhana, kode HTML nya berantakan dan panjang. Beda jika menulis secara langsung. Makasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  14. Thanks Atas Infonya Sob..

    Nie Kunjungan Balikku sob..

    ReplyDelete
  15. Salam Kenal Dariku Gan..

    Infonya The Best Banget..

    ReplyDelete
  16. nice info,,,terima kasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  17. terima kasih sudah berbagi informasinya,,

    ReplyDelete
  18. kalo saya kang artikel alhamdulillah buat sendiri#smile

    ReplyDelete
  19. Setuju sob,,,ini jadi acuan bagi saya :).Trims

    ReplyDelete
  20. bener bener master nih,,perlu dipraktekin biar blog saya kaya punya sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ane bukan master gan , ane juga masih belajar

      Delete
  21. wah, kudu hati" ternyata dalam menguatkan SEO. baru tahu ane kalo ternyata anchor link ma meta diskripsi kebanyakan bz jadi boomerang buat blog kita..
    thankz mas gan infonya...^^

    ReplyDelete
  22. Beragam cara berbagai fungsi (dunia seo)

    Terimakasih telah berbagi jurus rahasianya sobat.hehe

    ReplyDelete
  23. /Mmm.. bagus banget tips na sob :)

    ReplyDelete
  24. boleh nanya sob..?
    H1 itu apa yah.?
    boleh dijelaskan.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacama Tag pada HTML yang berfungsi untuk meningkatkan nilai SEO. Krena tag h1 ini bisa berfungsi sebagai anchor teks, jdul blog dan berhubungan dengan seluruh isi blog. Tag H1 juga berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam pengindeksan suatu blog

      Delete
  25. yang beginian kadang ane kurang nyambung sob, kudu banyak belajar disini

    ReplyDelete
  26. postingannya mantep, ane harus lebih belajar lagi mengenai SEO sob .... yang jelas, kunjungan baliknya yach, bawa postingan baru nie

    ReplyDelete
  27. Tips seo yang bermanfaat ni sobat. Soalnya madjongke sedang belajar seo

    ReplyDelete
  28. yang namanya SEO ga mudeng2 yang penting aku ini buat postingan jika punya karya baru sendiri...

    tapi kalo disanyang sama google ya seneng ya tiap artikel di ni 1, hehehe :)

    ReplyDelete
  29. Sebenarnya teknik ini biasa digunakan oleh blogger yang memang gak sabaran sob, ingin serba cepat padahal teknik ini membahayakan blognya sendiri,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga ga baki gan, masa mau dapat peringkat 1 aja pake terburu2 segala :D

      Delete
  30. maksudnya bahayanya gimana tuch gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya bisa ditendang sama om google dari hasil pencarian

      Delete
  31. terima kasih sudah berbagi, untuk yang blognya hanya sekedar sharing mungkin teknik seo tidak terlalu diperlukan ya..

    ReplyDelete
  32. maaf kang saya absen lagi.

    Saya mau tanya,tapi diluar topik.

    yang mau saya tanyakan adalah,apa manfaat memasang iklan diblog selain untuk mendapatkan uang.apakah sebagian dari iklan itu ada yang bisa memberi pengaruh baik pada SEO blog kita atau justru sebaliknya.
    Dan apakah google lebih menyukai blog yang ada iklannya atau sebaliknya.

    Mohon luangkan waktu untuk menjawabnya,atau mungkin jika jawabannya dijadikan postingan,saya rasa akan menarik sobat.atau langsung saja sobat jawab dikotak komentar jika berkenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam pemasangan iklan bisa mempengaruhi SEO, memang baik untuk SEO karena CTR dan tayangan laman pada pemasangan iklan memiliki peran dalam SERP. namun jangan melakukan pemasangan iklan yang terlalu banyak. Bisa menurunkan peringkat blog di SERP. Baca postingan ahli SEO disini :

      http://www.sitepoint.com/seo-google-adverts-above-fold/

      atau disini

      http://www.searchenginepeople.com/blog/seo-ads-increase-ranking.html

      Delete
  33. wahhh...bener-bener hal yang baru bagi ane mas bro terima kasih untuk ilmunya ....salam kenal...

    ReplyDelete
  34. Mampir lagi sob. Nunggu tips seo terbaru dari sobat.

    ReplyDelete
  35. lama tak berkunjung di blog sobbat..ijin nyimak saja..

    ReplyDelete
  36. wajib di save nih sobat untuk dijadikan sebagai refernsi sobat...

    ReplyDelete
  37. hoawas SEO berlebihan bisa kena sandbox loh

    ReplyDelete
  38. wah spertinyasaya harus banyak belajar dari akang nie. makasih nie bang, saja jadi sedikit tau tentang autobloging.

    Btw, sory ya. mungkin akan sedikit mengurangi aktifitas blogwalking, dunia nyata mulai menantikan kehadiran saya. so, harap maklumnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, ane juga sedikit lagi jareang BW nih huhu

      Delete
  39. hal seperti ini sangat perlu diterapkan oleh blogger pemula.. seperti saya.. hehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah om andy merendahnya bisa saja. om andy kan lebih jago :)

      Delete
  40. Menarik, sangat bermanfaat...
    Menambah pengetahuan saya, terima kasih banyak mas......

    ReplyDelete
  41. Tanya, gan..
    kalau seperti ini:
    dihalaman pertama seperti ini kasusnya:
    H1 -> Judul Blog
    H2 -> Judul Artikel
    H3 -> Title Widget (Page, Categori, Label, dll)

    seperti itu apa termasuk over SEO?
    karena standart template blog tdk spt itu, biasanya tanpa H1 di Title Blognya, judul artikel juga pake H3.

    terus terang ane masih bingung.
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Title blog sama jdul blog apa bedanya ? dan saya rasa teknik diatas tidak melanggar SEO. Penggunaan tag H1 sampai H6 bahkan di butuhkan.

      Delete
  42. oia om bdw blognya kok ga di pasangi adsanse om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini adalh pertanyaan yang paling sulit yang akan ane jawab. Bagaimana yah jawabnya, sebenarnya blog ane di tolah adsense mulu sob, padahal udah puluhan kali daftar :D hheheheh ini aja masih daftar lagi dan belum menyerah untuk dapat GA hehehe

      Delete
  43. sudah lama gak mapir disini dan ternyata sudah tertinggal ilmu baru. sharing trus sob ilmunya :D

    ReplyDelete
  44. Nah, ini baru cocok. Percuma cepat terkenal, kalau cepat terkena penalti juga :)

    ReplyDelete
  45. thanks sobat tipsnya, bisa jadi pembelajaran ini bagi blogger pemula seperti saya. di tunggu postingan berikutnya..

    ReplyDelete
  46. Thanks bro ilmunya sangat bermanfaat bagi saya, teruslah berkreasi :)

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More