Wednesday, August 8, 2012

Kenapa PageRank Blog Saya Tidak Naik ?

Kenapa PageRank Blog Saya Tidak Naik ?


Beberapa waktu yang lalu di awal agustus 2012, Google telah mengumumkan kenaikan PageRank untuk semua website. Oke, sebelum membahas lebih jauh, mari kita berkenalan dahulu dengan PageRank. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan PageRank ?. Secara garis besar, pagerank merupakan sebuah algoritma yang dibuat oleh duo pendiri google yakni Larry Page dan Sergey Brin yang memiliki fungsi untuk menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.

PageRank sendiri biasanya di perbaharui setiap 3 atau 4 kali pertahun. Di kalangan blogger, kenaikan sebuag PageRank adalah sebuah pencapaian yang menyenangkan. Kenaikan PR pula yang membuat blogger semakin giat untuk menekuni dunia blogging. Namun untuk sebagian kalangan blogger pasti pernah merasakan PageRank Blognya tidak naik. Padahal mereka sudah melakukan optimasi-optimasi SEO guna menaikan nilai PR blognya. Oke mari kita lihat kenapa PR blog kita tidak naik.

Benarkah PageRank hanya tergantung pada Incoming Link ?

Jawabannya adalah tidak !. Benar jika PageRank merupakan suatu skala pada banyaknya jumlah link do follow kedalam suatu situs. Namun jika itu satu-satunya faktor, lantas kenapa ada beberapa blog yang memiliki incoming link yang tinggi tetapi PR-nya tetap atau bahkan turun ? sedangkan blog dengan hanya beberapa link memiliki PR yang tinggi ?

Robot Google hanya meneliti 3 faktor untuk menentukan PageRank blog yakni :
  • Jumlah Link yang masuk ke blog kamu

  • Seimbangkan antara link yang masuk dan keluar

  • Penggunaan PageRank

Baiklah akan saya jelaskan satu-persatu.

1. Jumlah Link yang masuk ke blog kamu

Google memeriksa dunia Web setiap sepersekian detik dan menjelajah halaman indeks di dalam databsenya secara terus menerus. Mereka memeriksa setiap kontne blog satu persatu dan membandingkannya dengan konten di blog lainnya. Tentunya Google juga mengkategorikan setiap konten tersebut entah itu konten yang baik atau buruk, postingan yang melanggar hak cipta, postingan lama dan lain sebagainya.

Saat  situs kamu kaya akan konten yang bagus dan memiliki PR lebih dari 2, Spider bot google mulai tertarik kepada blog yang kamu kelola dan mulai memberikan "hadiah" entah itu berupa kenaikan PR ataupun kenaikan peringkat di mesin pencari. Perhatikan tabel di bawah ini, dan anggaplah PR kamu mulai dari 0. Kemudian berapa link yang harus kamu cari di masing-masing website yang PR-nya lebih tinggi dari blog kamu. Tentunya hal ini akan memberikan dampak untuk PR kamu suatu saat nanti.


PageRank Suatu Website yang kamu taruh Link. Dampak Yang dihasilkan dari menaruh link di website disamping
PR 0.0
  • Dibutuhkan 50 link atau lebih dari PR 0  untuk mendapatkan PR 1
PR 1.0
  • 5-10 link dari blog ber-PR 1 akan memberikan blog kamu ber-PR1
PR 2.0
  • Jika kamu mendapatkan 1 link dari PR2, maka blog kamu akan mendapatkan PR1
  • Namun jika 5 link, akan memberikan kamu PR2
PR 3.0
  • Jika kamu mendapatkan 1 link dari PR3, maka blog kamu akan dapat PR 1 or PR2
  • Kalau kamu dapat 5 link dari PR3, maka blog kamu akan dapat PR2
PR 4.0
  • 1 link blog kamu dari ber-PR4, kamu akan dapat PR2 di blog kamu
  • 5 link dari blog ber-PR4, kamu akan dapatkan PR3 di blog kamu
  • Jika 15 link dari blog ber-PR4, kamu akan dapatkan PR4 pula di blog kamu
PR 5.0
  • 1 Link dari Blog ber-PR5, akan memberikan kamu PR2 atau 3
  • Jika lebih dari 1 link dari blog ber-PR5, saya belum bisa memastikan akan mendapatkan berapa PR
PR 6.0
  • 1 link dari blog ber-PR6, akan memberikan kamu PR3 untuk blog kamu
  • 2 link dari blog ber-PR6, akan memberikan kamu PR4 untuk blog kamu
  • Jika lebih dari 1 link dari blog ber-PR6, saya belum bisa memastikan akan mendapatkan berapa PR

Salah satu cara untuk mendapatkan link masukan tersebut, tentu saja dengan menjadi penulis tamu. Banyak dari Ahli SEO dunia menyarankan para blogger untuk menjadi penulis tamu di suatu blog yang ber-PR lebih tinggi. Jadi inilah salah satu faktor kenapa PageRank blog kamu tetap, walaupun blog kamu menghasilkan 50 link tetapi jika itu hanya dari blog ber-PR0, maka hasilnya akan sama saja. tetapi jika kamu mendapatkan 1 link saja dari blog ber-PR3 atau 4. Maka hasilnya akan berbeda. Inilah mengapa blog yang kamu kelola tidak mengalami kenaikan PageRank.

Baca postingan tentang blog Do Follow Ber-PageRank Tinggi disini :

2. Seimbangkan Antara link masuk dan keluar

Menyeimbangkan antara link yang masuk dan keluar memang harus di perhatikan. Maksud dari link masuk adalah link yang menghubungkan lalu lintas pengunjung menuju blog kamu. Sedangkan link keluar adalah link yang menghubungkan pengunjung keluar dari blog kamu. Gunakanlah link keluar atau link external hanya ketika dibutuhkan.

Loh kenapa saat dibutuhkan ? karena saat kamu menaruh link eksternal, secara tidak langsung kamu akan berbagi PR dengan situs tersebut. Link keluar selalu lebih banyak dari link yang masuk. Usahakan untuk tetap menjaga keseimbangan link keluar blog kamu. . Ini memang salah satu strategi optimasi terbaik yang sangat dianjurkan.
Contohnya begini, misalkan jumlah link yang masuk ke blog kamu hanyalah 100 namun link eksternal yang kamu miliki adalah 10.000. Hal ini menyebabkan PageRank blog kamu tidak naik atau bahkan turun. Jika link masuk adalah 100 dan link keluar adalah 10.000 maka kemungkinan penurunan PR tertentu. Lalu, apakah ada cara untuk tetap menjadi link keluar blog kita ? tentu saja ada, yakni menggunakan Tag Nofollow. Tag Nofollow memang memungkinkan para pembaca untuk mengunjungi link tersebut. Namun Robot Google tidak akan menjelajahinya.

3. Penggunaan PageRank

Nah, maksud dari penggunaan PageRank adalah kegiatan yang dilakukan entah itu untuk menyebar konten negatif atau positif dengan status pagerank yang kamu miliki. Contohnya begini, jika kamu membuat konten yang negatif, melanggar hak cipta, copas tentunya pagerank kamu akan tetap atau bahkan cenderung turun.

Kesimpulan:

PageRank, bagi sebagian lagi penting dan bagi yang lainnya adalah tidak. Jadi jangan terlalu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah kita tetap menulis konten yang bagus dan berkualitas tinggi untuk memanjakan para pengunjung blog kita. Ingat ! 'Konten adalah Raja". So, tetap hadirkan yang terbaik untuk para pembaca setia kamu :)

Postingan Terkait:

104 comments:

  1. oh jadi gitu, thanks for share

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi saya pagerank merupakan hal penting untuk pendapatan. Alhamdulilah belum naik, hehe

      Delete
    2. PR saya malah sempet turun dan sampai sekarang ga naik lagi :D

      Delete
    3. Lina = mungkin salah satu penyyebabnya bisa di baca di postingan diatas :)

      BP = heheh oke gan, nanti juga dapat :)

      Delete
  2. oh jadi gitu cara naikin pagerank thx infonya sob :) pagerank gw masih 0 T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit lagi juga naik kok sob tenang saja :D

      Delete
  3. wah, punya ku gak tau juga tu udah naik apa enggak, yg penting ngepost artikel dah... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek gan , kali saja naik bulan ini hehe

      Delete
  4. Replies
    1. nah mungkin salah satu penyebabnya diatas :)

      Delete
  5. Replies
    1. kalau PR dari dosen masih bisa santai ga Om ? :p

      Delete
  6. mantap kk , pantesan pr blog saya tidak naik

    ReplyDelete
  7. gue belum terlalu mentingin pagerank dulu , yang penting ngepost ....
    tapi boleh gue coba liat nanti , mudah-mudahan bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaahh kudu tau lu bek, musti ngerti hal2 yg bgnian.. haha..

      Delete
    2. bebek = aminnn

      isnan = hahah iya wajib tuh :P

      Delete
  8. hehe.. kalo saya sih gk bgitu sob.. :D PR naik mnurut Linked yang masuk dan banyaknya pada blog kita, dan bisa kita lihat sendiri diweb monitoring.. :D

    Linked ini mnurut saya bisa membuat PR naik, dan mendapat SiteLink, sesuai pengalaman sendiri.. :D

    oia nice info tuh diatas.. sambil tuker pengetahuan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah di postingan diatas juga tentang link yang masuk dan keluar dibahas sob

      Delete
  9. nice info! tapi jujur saya pribadi terlalu tertarik dengan hal2 seperti ini, hhe.... saya mah apa adanya, menulis sebagai hobi dan penyaluran pesan serta paradigma diri kepada orang lain. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya memang punya dunianya masing2 hhe

      Delete
  10. kunjungan balik bro...wahhhhh bermanfaat bangat nih infonya...tengkyu

    ReplyDelete
  11. sangat bermanfaat bang, akan gue coba :)

    ReplyDelete
  12. hoalaah, gw baru mudeng, ternyata buat naikin PR tuh, butuh tuker link yak ? -_____-

    ReplyDelete
  13. . . ouwwwwwwwwwwwwwww,, begitu. trz kira^ blog aq masuk dalam kategori apa ya?!? he..86x . .

    ReplyDelete
  14. ternyata begitu ya cara mendapatkan pagerank...

    mesti nyari backlink lagi nih...

    ReplyDelete
  15. sy udah taruh link di blog yg prnya PR 5, tapi gak ada pengaruh sama skali sob...

    ReplyDelete
  16. malah PR blogku di comot satu tinggal 2 hikx, baru kali ini ngrasain PR2 awalnya PR0 langsung ke PR3 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kok bisa ? yang sabar yah PRku juga tak naik bulan ini hehe

      Delete
  17. ternyata begitu toh perhitungan PR google ...
    makasi infonya gan :)

    ReplyDelete
  18. Butuh proses yang panjang untuk melakukan itu semuah tentunya ya gan..

    ReplyDelete
  19. PR jangan diambil pusing sobat, jalani saja dan terus berkarya sobat, cepat atau lambat PR akan menghampiri kita sobat, saya 3 tahun baru bisa dapat Pr 3 sobat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak pusing gan, saya disini membahas seputar pertanyaan2di benak para blogger, "kok PR saya ga naik sih ? " begitu

      Delete
  20. wadoohhhh susah yak...ya udah blog saya jd diary online aja. ga usah SEO2an heeee

    ReplyDelete
  21. Sama Sobat. PR blog ku tetap di angka 2.
    Tapi gak apalah. yang penting posting tetap jalan terus. InsyaAllah

    ReplyDelete
  22. saya malah belum tau babar blas dimana posisi saya, hehe. yang penting nuliis.

    ReplyDelete
  23. wahh ,,, mantab yah ,,, saya jadi ngantuk nih bacanya ,,,
    ok deh saran yang terakhir aja lah yang nyangkut di kepala hehe :D
    konten adalah raja... insalloh saya sajikan konten yang terbaik ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh lh berarti post saya kurang menari yah huhu

      Delete
  24. Wah, pr saya masih 0 sob. Hehehe.

    ReplyDelete
  25. Butuh Proses Panjang Buat Bisa PR Nambah, Ap Lagi Buat Pemula Seperti Aq, Thanks Atas Infonya Sob..

    ReplyDelete
  26. wahhh baru tau ada perhitungan seperti itu ya.. wah wahhh coba saya tau dari dulu.. makasih mas ya :(

    ReplyDelete
  27. ehm.. pusing juga ya, mending enjoy aja dah. daripada PR besar tapi ga pernah update atau ga menghasilkan duit, mending ya enjoy aja. sambil belajar di sini ya kang :D

    ReplyDelete
  28. wah berkunjung lagi membalas komentar nie, berbagi tips adsense dari ane. satu doang. jangan menyerah berapapun kali ente di tolah. ane nyoba ud puluhan kali dan ud berbulan bulan dari awal ngebog gan, dan teruslah mencoba. itu tipsnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih ada masalah dari template anenya gan

      Delete
  29. saya baru paham sekarang sobat..caranya mbah google memberikan hadiah PR untuk kita :)

    ReplyDelete
  30. Kalo diliat2, agak kayak MLM ya cara dapetin PR ini hehehe

    ReplyDelete
  31. Inilah yang menjadi satu penurunan bagi blog saya.Terima kasih mas.

    ReplyDelete
  32. wahhh manteb nih sobat,, saya mau mempelajari hal ini lebih lanjut..
    thanks yah :))

    ReplyDelete
  33. kayaknya yang banyak berpengaruh blog walking kita,istilahnya pemasaran untuk blog kita .

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga berpengaruh ta[i selain BW, optimasi yang lain juga di butuhkan :)

      Delete
  34. mantap n bermanfaat nih gan buat blog ane yang masih PR 0 melulu...salam..

    ReplyDelete
  35. ini saya bukan merupakan komentar sobb,,tepapi merupakan pertanyaan,, KALAU blog baru trus menerapkan blog DOFOLLOW,, itu ada efeknya yah sob bagi kenaikan PR kedepan..??

    ReplyDelete
  36. Replies
    1. punya saya malah tetap hheh, terus berusaha saja gan :)

      Delete
  37. wahhh.begitu to sob.??pantes saja PR saya gak naik-naik.padahal backlinknya lumayan.tapi saya tidak begitu perduli dg PR.Tapi kalo PR kita tinggi memiliki 1 kebanggaan tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sob, kalau PR tinggi jadi rasanya begimanaaaaa gitu hehe

      Delete
  38. ooooooH...baiklah klo begitu & ane coba dari sini dulu gan...hehe...
    thanx

    ReplyDelete
  39. jabatan pr 1 turun jadi 0 lagi biar cepat naik lagi saya coba cara akang tenks. nice pos

    ReplyDelete
  40. Artikel yg bermanfaat ni bwt pemula sprti saya.
    Thx sob

    ReplyDelete
  41. Kalau punya saya kok msih 0 aja apa karna blog bru ya gan.( buatnya agustus 2012, trus saya telantarkan)

    ReplyDelete
  42. saya mau tanya bro. . .
    kok blog ane nggak dapet page rank ya .. padahal link masuknya udah banyak. . hehe
    terimakasih sbelumnya bro.

    ReplyDelete
  43. Ouw begitu, sekarang ane mulai paham...
    Setelah cari-cari info kesana kemari tentang cara naikin PR
    Akhirnya nyasar dimari..
    Dan sejauh ne, ulasan ne yang paling jelas...
    Thanks Sob!!!

    ReplyDelete
  44. pengen banget punya page rank yg tinggi tapi kok susah bgt kayaknya

    ReplyDelete
  45. pantesan PR saia anlok mungkin gara2 dari 2 ke O. huhhh.... kerja lagi deh..
    thx infonya gan..

    ReplyDelete
  46. Harap2 cemas menantikan reward dari google katanya update 6 desember 2013, lirik di toolbar masih null, tapi kenapa ya gan blog sy belum dpt PR juga, sepertinya link dari PR yang lebih tinggi ada juga, thx infonya

    ReplyDelete
  47. Setelah periksa ternyata PR naik. Tapi sayang Traffic Masih tetap sama seperti sedia kala...

    ReplyDelete
  48. PR saya masih kecil nih mas, keep posting aja dulu lah, klo memang tulisannya bermanfaat insya allah naik sendiri

    ReplyDelete
  49. Ane newbie dibidang blog
    Belum dapet pagerank juga, heheh
    Blog baru 3 bulan, postingan baru 55post, trafik cuma rata-rata 60 per hari,
    klo postingan 100 persen karya sendiri
    Kira-kira butuh waktu berapa lama ya biar dapet pagerank.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak tahu, soalnya google update PR tidak menentu

      Delete
  50. gan terimakasih ya artikelnya saya pemula semoga bisa mendapatkan page rank 5 hehe

    ReplyDelete
  51. ternyata antar blog saling bersinambungan satu sama lain untuk menjajaki pagerank tinggi..
    makasi banyak gan informasinya.

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More