Sunday, September 2, 2012

5 Cara Ampuh Agar Tidak Menjadi Seorang Spammer

5 Cara Ampuh Menghindari Menjadi Seorang Spammer


Sebagian dari para blogger memperbolehkan para pembaca meninggalkan komentar disitusnya. Selain untuk memeriahkan suasana blog, saling bertukar komentar juga biasa digunakan untuk perkenalan lebih dekat antara pembaca dengan penulis. Dengan berkomentar, pembaca dapat menanyakan sesuatu yang dibahas si penulis. Entah itu berupa kata-kata yang kurang dimengerti maupun masih kurang memahami isi dari artikel si penulis. Namun, Ada sebagian blogger pula yang memberi komentar hanya untuk mendapatkan backlink semata.  Artinya mereka hanya mengincar trafik kunjungan balik ke situs mereka. Dan biasanya mereka inilah para "tersangka" penyebar spam di komentar.

Apa Itu Komentar Spam

Sebelumnya kita juga harus mengetahui apa itu Komentar Spam. Komentar Spam adalah suatu kegiatan berkomentar yang dilakukan oleh seorang blogger dengan memasukkan suatu link mati atau hidup (biasanya link web-nya sendiri) di dalam komentarnya, berkomentar tidak nyambung ke postingan, berkomentar dengan kata-kata yang sama secara berkali-kali, menyalahgunakan fitur Name/URL maupun berkomentar dengan kata yang sedikit sekali. 

Cara Menghindari Menjadi Pengomentar Spam

Apakah selama ini kita cenderung sebagai spammer dalam berkomentar ? Mari kita baca beberapa tips di bawah ini untuk menghindari kita menjadi seorang Spammer :

1. Hindari Memasukkan Link Di Komentar

Salah satu ciri dari spammer adalah seringnya memasukkan link hidup maupun mati di dalam komentarnya sendiri. Usahakan untuk tidak memasukkan link hidup atau mati di dalam berkomentar. Apalagi berkomentarnya hanya sedikit kemudian memasukkan link blog kalian di dalam kotak komentar dan itu bisa dilaporkan sebagai spam ! Bahkan lebih parah lagi beberapa blogger hanya meninggalkan link blognya saja di kotak komentar tanpa mengomentari isi postingannya sama sekali !

2. Berkomentar Sesuai Postingan

Seorang pengomentar yang baik haruslah nyambung antara hal yang dibicarakan dengan hal yang dikomentari. Jangan berkomentar dengan hal yang tidak nyambung dan membaca judulnya saja tanpa membaca keseluruhan postingan. Bacalah beberapa kaliamat yang disampaikan si penulis, kemudian komentari tentang postingan tersebut sesuai yang dibicarakan. Bukankah jika ingin dihargai oleh orang lain harus menghargai orang lain terlebih dahulu ?

3. Hindari Komentar yang Terlampau Sedikit

Selain faktor komentar nyeleneh diatas, komentar-komentar yang sedikit juga bisa dianggap spam oleh si pengelola blog yang kita komentari. Well, Saya akui saya sendiri pun saat memulai dunia blog sering berkomentar dengan kata-kata yang sedikit. Maksudnya adalaah kata-kata seperti "Nice post, Nice Gan, Nice Share, Like It, Love It, Pertamaax, Keduaaxx, Kunjung Balik yaaa, Visit mee okey, dan saudara-saudaranya". Komentar yang seperti itu bisa dianggap spam. Bahkan si penulis akan merasa tidak dihargai sama sekali jika si pengomentar hanya berkomentar dengan kata-kata seperti itu. Jadi, hindarilah berkomentar seperti diatas, ingat apa rasanya jika kalian sudah mengetik sekian jam dan berharap mendapatkan kritik serta saran yang membangun namun kenyataannya mendapatkan kata-kata seperti diatas ? 

4. Berkomentar yang Memancing Percakapan Antar Pembaca

Nah ini juga salah satu tips yang baik guna menjadi pengomentar yang baik. Mengajak berinteraksi antar pembaca maupun dengan penulis blognya. Namun interaksinya saling bertukar pikiran bukan saling hujatan. Sang penulis tentu akan merasa senang jika ada seorang pengomentar seperti ini. Karena akan membuat blognya lebih "hidup". Pengomentar seperti ini juga akan di sukai oleh para blogger lainnya. Efeknya adalah blog yang di komentari oleh blogger seperti ini tidak akan segan-segan untuk memberikan komentar balik di blognya dengan kritik serta saran yang membangun.

5. Berkomentar yang Memberi Manfaat

Berusahalah memberi komentar yang memberi manfaat terhadap pembaca lain dan penulis. Misalnya jika ada kesalahan penulisan dalam artikel maka dia mengingatkan kepada si penulis, atau dia memberikan suatu pengalamannya kepada pembaca lain. Maksudnya begini, pernah saya menemukan trik mendaftar google adsense, dan di dalam komentarnya tersebut beberapa orang yang sudah berhasil mendaftar adsense akan sharing pengalamannya melalui kotak komentar yang ada. Dan ini akan sangat bermanfaat bagi saya yang ingin mendaftar adsense sehingga mendapatkan tips tambahan.

Kesimpulan

Sangatlah mudah untuk menjadi pengomentar yang baik. Kalau kita melakukan hal yang baik kepada blogger lainnya tentu akan memberikan hal yang baik pula bagi kita. Mudah-mudaha artikel diatas bermanfaat untuk para pembaca serta admin sendiri. So, mulai saat ini ayoo jadilah pengomentar yang baik :)

Postingan Terkait:

70 comments:

  1. saya pernah ngalamin, setiap komen saya kepada siapapun, pasti masuk kotak SPAM. padahal komennya positif menurut saya. kira2 apa sih kualifikasi bagi sistem, untuk secara otomatis memasukkan komen ke kotak SPAM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur ane ga tau om, kadang komen dari om zach juga sering masuk ke kotak SPAM, mungkin sistem di blogger yang salah mengira blogger om zach adalah blog spam. Padahal bukan.

      Delete
  2. terkadang aku suka berkomentar sedikit, karena ga tahu itu spam, maka aku sering sekali berkomentar sedikit jadi membuat komentarku jadi gak nyambung dengan postingannya..

    skarang saya udah tahu bagaimana cara menghindari komentar spam itu dipostingan ini..
    terima kasih sob sharenya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah gan sama2 ane juga terkadang masih sering berkomentar sedikit karena bingung mau komentar apa dengan isi postingannya ataupun sedang malas berkomentar. Ane juga berusaha untuk tidak berkomentar sdeikit2 lagi hehe :) sama2 om makasih juga suda datang

      Delete
  3. sip gan, kelima-limanya masuk di akal dan cocok dijadikan sebagai prinsip menjadi blogger profesional...

    ReplyDelete
  4. Memang terkadang sayapun kesulitan jika akan memberikan komentar yang pembahasannya di luar pengetahuan kita bahkan 2-3 kali membaca ulang artikelnya masih belum nyambung juga,,,,trik saya sih berkomentar pada blog dengan artikel yang berkaitan dengan topik blog saya sob,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah boleh juga tips dari bang oboy, bener kata abang sih, kadang bingung juga harus berkomentar seperti apa jika materi artikelnya sulit kita mengerti

      Delete
  5. biasanya kata "pertamax" itu sering muncul pada blog/situs yang berisikan konten2 yang bisa di download, seperti film dan aplikasi2 komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, ane sering liat personal blog maupun blog lainnya sering ada tuh para spammer pertamax.

      Delete
  6. Benar skli sob, pengalaman saya ketika berkunjung ke blog yang lain kadang hanya memasukkan link di kotak komentar dan tidak tahu apa maksudnya? di blog saya juga sering ditinggalkan link, mungkin karna saya sendiri tidak menetapkan ketentuan untuk pengunjung....Trima kasih sudah membagikan Ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mungin harus di terapkan beberapa peraturan tentang berkomentar di blog om kraeng :)

      Delete
  7. banyak yang bilang saya seorang spammer sobat,,, harus menerapkan tips dari sobat nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bener gan ? ane pikir sih ente bukan spammer gan, sipz silakan ente coba gan

      Delete
  8. tips"nya betul banget kang . .
    kadang"ku kalo males yang ngoemen kadang dikit kang#smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya walupun dikit setidaknya komentarnya nyambung ke postingan itu lebiih baik.

      Delete
  9. kayaknya boleh juga sob cara ampuh untuk menghindari menjadi spammer nya, memang kadang ada yang cuma nampangin link Url blognya doang sambil bilang, visit me again okey xixixixiii, dan yg paling sering adalah nice post atau nice share hehehehe.... siip sob, makasih atas petunjuknya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener banget gan masih sering ane nemuin yang kayak gitu walapun ane juga kalau lagi bingung komentar cuma nice share doangan tapi ga samp di setiap blog

      Delete
  10. Betul banget bang setuju banget aku sama artikelnya abang,namun ada juga yang tanpa kita sadari blog kita dianggap spam waktu komentar diblog teman padahal kita tidak ada niat untuk nyepam,kata DUKUN BLOG itu penyebabnya banner-banner BACKLINK yang kita pasang diblog kita tanpa disensor dulu...hahhaayyyy.

    ReplyDelete
  11. setuju tuh mas, berkomentar hendaknya juga nggak asal tulis aja ya... sebaiknya sih membaca artikel sampe tuntas agar komentarnya nyambung.
    terimakasih tipsnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner itu mami, kan kasihan juga udah nulis cape2 h ga dihargai hehe

      Delete
  12. wahhhh!! artikel di atas kayaknya gue banget :D Jadi malu nich setelah baca artikel ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jangan kayak gitu lagi gan, mari sama2 menjadi komentator yang baik :)

      Delete
  13. Setidaknya dengan membaca postingan di atas bisa sedikit merubah kebiasaan kita yang biasa komentar sedikit seperti yang di sebut admin di atas khususnya saya pribadi dan teman-teman blogger sekalian tentunya.. thank you gan telah mengingatkan kita semuah.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih telah berbagi pengetahuan dan juga ilmunya sahabat

    ReplyDelete
  15. tips yg meng"ingat"kan kita agar tak komen spam, terima kasih mas...ana jadi lebih tahu komen yg termasuk spam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah om sama2. Ini sebagai pengingat buat ane pribadi juga

      Delete
  16. bermanfaat sekali sob tipsnya, tapi jadi spammer cukup efektif juga tu buat ningkating trafik pengunjung ..hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada begitu mendingan tidak usah jadi spammer, tanpa jadi spammer pun trafik bisa melonjak tajam jika menerapkan teknik SEO dengan benar hehe

      Delete
  17. Bagaimanapun, untuk menjadi blogger yang baik, bacalah postingan teman sampai selesai ya sob :). Dan terus terang saya suka agak risih bila menemukan komentar yang seprti disebutkan pada poin3.

    Saya sudah menemukan kalo gak salah 3 sahabat yang membahas tentang ini, dan semoga saja akan lebih banyak lagi yang membahas ini, agar lebih banyak lagi blogger-blogger yang mengerti tata cara berkomentar (maaf so' tau ya) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe engga sok tau ko om, saya kira apa yang dibilang om rudy benar juga. Jangan sampai blogger Indonesia menjadi penyebar SPAM :)

      Delete
  18. kalo misalnya ngetik yang huruf sama kebanyakan kayaknya masuk spam juga ya bang ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak, mungkin ngetiknya salah pencet jadi hurufnya yang keluar kebanyakan. Kecuali berkomentar yang sama dalam jumlah banyak di dalam satu postingan. hal itu termasuk SPAM

      Delete
  19. kereeen nih bang ... cocok bangeet ^^

    abang sendiri udah mempraktekkan ini semua belom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe thanks bang, untuk saat ini ane lagi menerapkannya sob :) masa mau jadi blogger spam seumur hidup sih hehe

      Delete
  20. Wah, banyak banget ya. Oh iya bang, kalo komen pake name/url tuh kemungkinan masuk spam besar ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kemungkinan untuk masuk kedalam katogori spam memang lebih besar daripada menggunakan profil blogger.

      Delete
  21. untunglah saya bukan spammer :)
    tapi tetap harus hati-hati . . .

    ReplyDelete
  22. mari kita saling berkomentar dan saling membangun :D

    ReplyDelete
  23. Saya setuju banget dengan 5 point diatas,kita sebagai pengunjung sekaligus pembaca harus bisa memahami (misi)isi postingan yang kita baca.
    Yup...,kadang-kadang jam sibuk inet juga bila kita berkomentar susah masuk,sekalinya masuk dianggap spam,padahal kita tak bermaksud spammer.
    Nice share,thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bukannya susah masuk om tetapi komentarnya di moderasi terlebih dahulu hehe oke2 sama2 om :)

      Delete
  24. Memang nyebelin ya dapat komentar SPAM. Padahal tidak masalah mereka mau "jualan secara halus" asal "datang bertamu dengan sopan". Saya pernah dispam dengan sampai 200an komentar "Artikel menarik" dari beberapa spammer. Padahal postingan saya bukanlah jenis artikel. Mau menghapus juga jadinya sebal karena banyak, mau dipelihara ya nyebelin juga hehehe. Mudah2an para spammer sadar diri ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh sulit rasanya untuk menyadarkan mereka, toh yang mereka pikirin juga trafik doangan :p

      Delete
  25. Bener banget setuju saya dengan sobat, saya juga benci ama namaya spam,,,

    ReplyDelete
  26. . . kira^,, kalo aq nich termasuk spammer bukan sich?!? . .

    ReplyDelete
  27. Y begitulah resiko nya gan jadi bloger, terkadang ada yang belum baca post nya langsung komentar ja. . .Hmmm
    mudah2an koment saya ini ngk jadi spam ya gan. . .hehe5

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh engga dong om, kang om andri kan udah jadi langganan di blog ane hehe

      Delete
  28. tapi kadang-kadang, tanpa sengaja komentar kita suka masuk spam...gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampaknya sistem di bloggernya yang sudah terlanjur mendeteksi blog kita sebagai seorang spammer gan.

      Delete
  29. sebaiknya para blogger memperhatikan hal ini ...

    jangan cuma buru link, tapi jalinlah silaturahmi..

    ReplyDelete
  30. benar sekali sob, mudah^an utk kedepan kita selalu ingat, terutama dalam komentar sesama blog kawan.
    sangat bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
  31. wah banyak sekali komennya. ini mungkin yg dimaksud komentar yg menghidupkan blog

    ReplyDelete
  32. setuju gan,,,budayakan berkomentar setelah membaca artikel,,hhe

    ReplyDelete
  33. Betul sob comment dengan menyertakan link dan comment yang sedikit
    terbukti benar-benar ampuh,buktinya blog ane di hapus oleh goolge.
    ini juga bikin blog baru.

    ReplyDelete
  34. aku terbilang baru dalam hal ini master?
    dan sekarang aku sudah memahaminya dan aku tidak mau di anggap spammer. terima kasih atas penjelasan artikel nya yah ...
    Jika ada arikel yang lebih baru tolong kabari saya yah?
    dan jangan lupa untuk berkunjung juga di blog saya ...

    ReplyDelete
  35. Wah sering banget ane nemu komentar spam gan. Terimakasih infonya gan.

    ReplyDelete
  36. Mau nanya nih mas, apa sih dampak buruk yang diterima oleh seorang spammer yang meletakkan link website nya di kotak komentar..?

    Terus gimana solusi lain agar dapat backlink yang mudah selain meletakkan link di kotak komentar..

    Mohon solusinya ya mas..;)

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More