Wednesday, September 19, 2012

7 Trik Membuat Artikel Lama Menjadi Populer

blogger, post, artikel, seo


Ada kalanya seorang blogger ingin postingan-postingan lamanya di tampilkan dan dibaca kembali oleh para pengunjungnya. Kenapa ? mungkin saja al yang dia tulis di masa lalu tersebut sangat berkesan baginya dan ingin membagi pengalamannya untuk orang lain. Namun yang menjadi kendala adalah dalam hal menampilkan postingan tersebut kembali. Biasanya postingan-postingan yang "jadul" tersebut sudah terkubur oleh postingan-postingan yang baru. Nah, berikut ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik bagaimana postingan-postingan lama kamu muncul kembali dan menjadi populer !. Di baca baik-baik oke !

1. Repost

Melakukan re-post atau di publis ulang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempromosikan kembali postingan kamu. Dengan melakukan hal ini, postingan kamu akan kembali tampil. Dan pengunjung yang sebelumnya tidak pernah membaca postingan jadul kamu tersebut akan membacanya.

2. Bagikan Di Sosial Media

Membagikan artikel-artikel yang sebelumnya tidak pernah terbaca di media sosial juga cukup bagus untuk meningkatkan kembali penayangan pada artikel tersebut. Apalagi jika kamu mempunyai fans di facebook yang lumayan banyak, hal ini juga bisa membuat artikel lama kamu populer kembali.

3. Gunakan Internal Link

Menggunakan internal link pada blog baru menuju ke blog lama juga akan meningkatkan ke populeran artikel lama kamu. Di beberapa postingan saya pun, saya sering melakukan internal link kepada postingan-postingan lama saya. Dan hal in terbukti efektif !

4. Mintalah Komentar

Rasanya akan "aneh" bila kita meilihat postingan blog kita yang biasanya penuh dengan berbagai macam komentar, namun ketika melihat postingan lama tidak mempunyai komentar sama sekali. Mintalah beberapa teman blogger untuk mengomentari artikel lama kamu.

5. Menggabungkan Artikel

Menggabungkan artikel yang baru dengan yang lama adalah cara yang bagus juga untuk mempromosikannya. Postingan-postingan lama pun akan kembali terbaca dan terlihat lebih menarik pula. Karena di selingi dengan "bumbu-bumbu" baru. Di beberapa postingan saya pun sering menggabungkan artikel lama saya dengan artikel yang baru. 

6. Gunakan Widget Artikel Acak

Jangan meremehkan widget yang satu ini. Widget ini akan menampilkan artikel-artikel secara acak yang ada di blog kamu. Biasanya widget ini akan menertbitkan artikel-artikel lama kamu. Sangat bermanfaat untuk menampilkan kembali artikel kamu yang sudah lama terpendam

7. Gunakan Widget Artikel Terkait

kegunaannya sama seperti random post (artikel acak), namun untuk penggunaan artikel terkait lebih terstruktur karena biasanya widget ini akan menampilkan artikel per-label. Sudah banyak pula tutorial untuk membuat artikel terkait ini. Dan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan widget link within. Saran saya letakkan artikel ini di bawah postingan untuk menambah jumlah penayangan artikel lama kamu.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang bisa saya berikan guna menghidupka kembali artikel lama kamu. Jika kamu memiliki cara lain selain hal diatas, jangan ragu untuk membagikannya kepada pengunjung disini :) 

Postingan Terkait:

39 comments:

  1. saya pake LinkWithin yang ada gambarnya tuh di akhir postingan. Tadinya berniat mau Repost, tp ah...kalo emang pengunjung kita 'suka' ama blog kita, mereka pasti berniat buka postingan kita yg lama2. ***sapaaaa... pula yg suka?*** hehe...

    ReplyDelete
  2. yang publish ulang ud pernah, sama artikel acak juga ud. yang lain, ehm... boleh juga di coba nei gan. tenkyu

    ReplyDelete
  3. bener gan, kita masih bisa memanfaatkan artikel lama di media sosial, buat menambah trafik jangka panjang.

    ReplyDelete
  4. Tips ini akan sangat benar-benar berguna untuk para Blogger yang sudah senior kali ya?!, kalau saya sih masih junior, posting aja baru puluhan hehe (malah curhat).

    Tapi yang sering saya lakukan untuk mempromosikan artikel saya sih biasanya saya pake cara pada Poin 2. :)

    ReplyDelete
  5. sip 7 Triknya
    namun saya suka share ke situs sosial dan menempatkan link di komentar serta postingan
    salam sukses blogger gan

    ReplyDelete
  6. wichh, sangat berguna neh buat saya,, thank's ya sob atas sharingnya.

    ReplyDelete
  7. memang betu sekali neh, saya akan coba..
    semoga postingan lama aku akan diliat lagi oleh pengunjung,

    ReplyDelete
  8. ada postingan lama saya yang tidak ada komentnya tapi di copas orang. Berarti menarik kan ?

    ReplyDelete
  9. Mantap Tips nya Sob, yang point 4 gimana tuh Sob?

    ReplyDelete
  10. Punya saya malah liknwithinnya di hapus, mau pasang lagi ah, terima kasih gan infonya!

    ReplyDelete
  11. Wah,,,kalau sob,,saya share lagi ke Facebook :)

    ReplyDelete
  12. Kalau saya biasanya share ulang ke sosmed

    ReplyDelete
  13. Wajib d'cba nch ....

    Biasanya kalau artikel lama jd bsi gan .....

    ReplyDelete
  14. klo sya meng publikasikan kembli sobat,,

    ReplyDelete
  15. Ia gan postingan lama saya boleh di katakan tidak ada komenya, sepertinya patut untuk di terapkan tips dari agan nih..

    ReplyDelete
  16. postingan lama memang belum dikenal, karena baru prtama kali ngeblog.. tapi boleh juga menerapkan hal diatas.. jadi postingan lama akan berisi komentar.. :D

    ReplyDelete
  17. klu aq sih biasanya pake cara yg no.1
    nice info sob

    ReplyDelete
  18. mantep, sob! emang post lama belom dikenal orang...

    ReplyDelete
  19. wah, gitu ya mas.. aku buta banget klo masalah trik yg ky gini.. nanti kalau postingan saya udah banyak, saya terapkan cara yg mas kasih :D
    postingan saya masih bisa di itung jari mas.. huhuhuhu

    salam kenal mas ^_^

    ReplyDelete
  20. Sip, saya sudah pernah mempraktekkan ini sebelumnya

    semoga bermnafaat buat yang lainnya

    ReplyDelete
  21. tips yang layak dicoba,
    terima kasih infonya sobat

    ReplyDelete
  22. menggabungkan artikel. bagus banget nih idenya. brilian. hahai.. haha. OK, saya coba yang ini. makasiih ya..

    ReplyDelete
  23. ooh begitu toh caranya.. hehe

    oke oke saya akan ikuti saran sahabatku ini..
    terima kasih atas sharenya sahabatku..

    ReplyDelete
  24. wah3x trik jitu lagi nich dari sang admin hehe, artikel gw yg terdahulu juga masih sepi bang tapi gw lebih milih yg ke 4 bang. Walaupun agak sedikit ngem*s hehe

    ReplyDelete
  25. sedikit pertanyaan sob.. apakah repost tidak berpengaruh terhadap blog???
    terutama yang berhubungan dengan search engine...

    ReplyDelete
  26. sangat bermanfaat sob, terimakasih

    ReplyDelete
  27. Pake cara yang no 1 sob dan tambahan lagi selalu update posting lama maksudnya memperbaiki ulang posting yang sudah ada sebelumnya....Trima kasih sudah membagikan ilmu baru, tentu sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  28. setelah dibaca poin demi poin,ternyata sangat mudah dipahami...

    tanks atas tipsnya gan....

    ReplyDelete
  29. banyak artikel sy yng sudah tidak populer sob, tapi ilmunya bermanfaat sobat...

    ReplyDelete
  30. wah boleh juga di laksanain..maaf baru bisa berkunjung sob...lg bnyk tgs kuliah :)

    ReplyDelete
  31. Wah, mantef sob. Artikel saya waktu blog masih baru gak ada di google.

    ReplyDelete
  32. point 6 dirasa perlu buat di coba nih.. :)

    ReplyDelete
  33. kalo saya biasanya pake teknik Re-Post sob, supaya bisa bangkit di Serp Google :)

    ReplyDelete
  34. kalo saya cenderung menggunakan widget related post dan random post gan!

    ReplyDelete
  35. makasih banyak gan tipsnyaa.. ini bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  36. Kalau saya mah lebih sering malakukan internal link antar artikel untuk menghidupkan artikel yang lama agar banyak komentarnya.,. heheh

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  37. Untuk tips Repost, aman ga ya buat blog?

    ReplyDelete
  38. masalah'a jika kita ada gnti atau nambahin kata-kata pad artikel lama, bagaiaman cara membuat'a terindex kembali ke google?? sy sudah menunggu smpai 1 minggu gan dan artikel'a juga tidak berubah. mohon pencerahann'a gan :D
    oia jngn lupa mmpir di blog ane juga yaa

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More