Sunday, September 16, 2012

Bagaimana Mengefektifkan Backlink Dalam SEO

Backlink, SEO, Pagerank, Google

Berbicara mengenai SEO pastinya tidak lepas dari yang namanya backlink. Backlink sendiri sudah mendarah daging dalam hal SEO. Kita sendiri pasti sudah sering mendengarnya, dan sudah ada ribuan blog pula yang membahas tentang backlink itu sendiri. Entah itu bagaimana cara mendapatkannya, bagaimana cara menghasilkan hingga ribuan backlink atau mendapatkan backlink yang berkualitas baik. Namun, walaupun kita sudah membaca artikel-artikel para Guru SEO, ada kalanya kita masih bingung tentang backlink. Dan di postingan ini saya akan sedikit menjelaskan apa itu backlink dan bagaimana cara backlink berpengaruh dalam SEO.

Apa itu Backlink ?

Backlink, sesuai namanya, backlink adalah suatu link (alamat URL) yang ditaruh suatu website ke website lainnya. Backlink sendiri biasa dikenal sebagai inbound links, incoming links atau inward links. Misalnya begini, saya memiliki sebuah website A dan B, di dalam website A, saya menaruh link yang akan menuju ke website B. Dan link yang ditaruh di website B itulah yang bisa kita sebut dengan backlink. Sedikit mengerti bukan ?

Backlink sendiri ada 2 macam, yakni inbound link dan outbound link. Inbound Link adalah link dari website lain yang apabila link tersebut di klik akan menuju ke website kamu. Sedangkan Outbound Link adalah sebuah link website orang lain yang ditaruh di website kamu yang apabila di klik akan menuju ke website orang lain. Khusus untuk Inbound Link dan Outbound Link biasanya terjadi saat kedua website tersebut saling bertukar link, atau biasa disebut dengan Link Exchange.

Apa Kegunaan Backlink ?

Tentu sangat banyak dari kegunaan backlink itu sendiri. Tujuan utamanya tentu untuk mempopulerkan web/blog yang kamu kelola. Backlink itu sendiri ibarat "rekomendasi" untuk mesin pencari dari situs-situs lain kepada blog yang memiliki backlink yang banyak. Artinya, semakin banyak backlink yang di dapat,maka semakin meningkat pula hasil pencarian web/blog kamu di mesin pencari.

Dengan demikian, web yang memiliki backlink yang melimpah akan semakin di cintai oleh mesin pencari dibandingkan dengan mereka yang masih memiliki backlink yang kurang. Namun, di tahun 2012 ini, Google juga lebih selektif dalam mengindeks blog. Walaupun blog/web tersebut memiliki backlink yang banyak tetapi backlink yang di dapatkan hasil dari membeli, maka blog//web tersebut akan di blacklist oleh google di hasil pencariannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Baik ?

Hal ini sudah saya pernah tegaskan di postingan saya beberapa waktu yang lalu, mungkin bisa kamu baca di bawah ini :

Jika kalian membaca postingan-postingan diatas, mudah-mudahan kalian akan mendapatkan link yang baik pula. Dan ada satu tips lagi, usahakan kamu mencari blog yang setipe dengan kamu. Maksudnya begini, jika blog kamu membahas tentang sepak bola, maka berkomentar dan sering-sering berkunjunglah ke blog orang lain yang bergenre sama dengan blog kamu. Kenapa seperti itu ? karena Search engine melihat niche website atau genre dari suatu web. Dan ketika link dari situs lain datang ke blog kamu, mereka mempertimbangkan relevansi backlink ke website, semakin banyak situs memiliki kesamaan semakin baik kualitasnya.

Namun, bukan berarti blog yang tidak bergenre sama dengan blog kita tidak menghasilkan backlink. Blog tersebut tetap akan menghasilkan backlink untuk kita, tetapi "harganya" tidak setinggi blog yang bergenre sama dengan blog kita. 

Blog yang memiliki PR Tinggi, Ranking Alexa Tinggi, Jumlah Pengunjung yang Tinggi, Konten yang tidak copas dan memiliki link outbond yang rendah, akan menghasilkan backlink yang berkualitas bagus untuk blog kita. Selama kita berkomentar dan sering mengunjungi blog tersebut tentunya.

Baca Juga :

Hal yang Harus Dihindari Dalam Backlink

Berhati-hatilah jika kamu sedang mencari backlink. Jangan asal menaruh link blog kamu di website yang tidak jelas asal-usulnya. Misalnya kamu sering menaruh link di website-website vulgar atau yang membahas kekerasan, tentunya hal itu akan berdapampak buruk pada blog kamu pula.

Menggunakan Software pencari backlink juga tidak dibenarkan ! karena software-software tersebut cenderung melakukan SPAM. Bukannya membuat blog kamu naik di mesin pencari, eh malah membuat blog kamu terjun payung di mesin pencari. Si Google pun tidak segan-segan untuk menurukan blog/web kamu ke level bawah jika backlink yang kamu hasilkan itu buruk.

Saling bertukar link juga harus hati-hati. Memang cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan backlink, namun jika kamu bertukar link dengan blog yang tidak jelas pula, maka hasilnya pun akan buruk. Efeknya ? ya seperti biasa, ancaman penurunan peringkat dari si Google. Mungkin inilah salah satu penyebab kenapa beberapa artikel kamu yang tadinya berada di paling atas mesin pencari, namun dalam beberapa hari anjlok kebawah dan kalah oleh blog yang bisanya cuma copas saja.

Baca Juga :

Cara Mudah Mendapatkan Backlink

  • Saling Bertukar Link - Hal ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi, namun kamu harus tetap waspada
  • Anchor Teks - Cara lama, namun mash efektif untuk membangun backlink
  • Menjadi Penulis Tamu - Masih banyak yang tidak melakukan ini, padahal dengan menjadi penulis tamu bisa mendapatkan backlink abadi dari si pemilik blog.
  • Berkomentar di Postingan - Cara yang paling baik untuk mendapatkan backlink, bahkan di postingan-postingan saya, sering menyarankan untuk saling berkomentar.
  • Aktif di Forum - Ini juga cara yang baik, kamu menulis thread di forum kemudian meninggalkan signature (tanda) di bawah thread kamu berupa anchor teks. Selama kamu tidak SPAM dan tidak melanggar aturan di forum, cara ini dibolehkan.
Baca Juga :

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari Backlink

  1. Berhati-hati dan waspada jika ingin menaruh link.
  2. Carilah kualitas backlink, bukan kuantitas !
  3. Gunakan teknik White Hat SEO, Teknik Black Hat tidak disarankan !
  4. Cari backlink di website ber-PR Tinggi maupun Rendah, namun disarankan jumlah backlink di PR tinggi lebih banyak.
  5. Cari link di blog/web DO FOLLOW (Cara lama lagi dan masih bekerja hingga sekarang).
  6. Cari link No Follow guna membuat blog kamu lebih "alami" di google (kalau semuanya do follow bisa di kira SPAM).

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa saya berikan dalam mencari backlink. Terapkan cara-cara diatas dengan baik. Dan saya yakin, hanya dalam waktu beberapa bulan saja, blog kamu akan meningkat secara drastis di hasil pencarian mesin pencari !

Ada tips lainnya dari teman blogger ? Tinggalkan di kotak komentar. May Allah Bless you :)

Baca Juga :

Postingan Terkait:

48 comments:

  1. terima kasih banyak info dan ilmunya sob..:
    jujur aku belum tahu cara menaruh backlingknya sob?
    boleh kasih tahu aku.. :)

    ReplyDelete
  2. Hmmmm,,,mantap sob memang backlink sangat berpengaruh sekali terutama untuk meningkatkan PR blog kita semakin relevan backlink yang kita terima dari blog yang topiknya mirip dan ber PR tinggi maka blog kita akan lebih meningkat otoritasnya di mata mas google,,,trims untuk berbagi infonya sob,,,

    ReplyDelete
  3. tipznya lengkap banget Gan,,,makasih atas infonya!

    ReplyDelete
  4. makasih gan , ,ilmunya . .maklum new be

    ReplyDelete
  5. gak pernah aktif di forum . iya aku pakai avast, baru nih hehehe sebelumnya kan pakai ubuntu gak pernah ada warning melwarenya. tapi tenang aja walaupun ada warningnya tetap mampir kesini kok :)

    ReplyDelete
  6. lengkap bnget artikelnya,,,

    nambah wawasan ,,

    mkasi

    ReplyDelete
  7. Ternyata backlink banyak manfaatnya, dapat ilmu baru lagi.....Trima kasih sob

    ReplyDelete
  8. hmmh, backlink ya. backlink emang penting untuk mendapatkan posisi di SERP. karena setahu saya blog yang memiliki backlink berkualitas akan di prioritaskan di SERP. makasih ilmu nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini pernyataan yang benar dari om dadi :)

      Delete
  9. Uraian yang sangat bermanfaat banget nih seputar dunia blog..

    ReplyDelete
  10. ehm artikelnya mantap, di tambah dan di olah untuk di hubungkan dengan artike sebelum sebelumnya lagi. keren ouy. hehehehe, ane jadi sedikit paham juga dengan back link

    ReplyDelete
  11. backlik saya masih sedikit? ngaruh ga ya di SEO, soalnya ga pernah tuker link si.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti juga akan bertambah sendiri, tunggu saja :)

      Delete
  12. selama ini saya masih kurang memperhatikan backlink nih... kayaknya mesti mulai membangun backlink yang berkualitas nih...

    ReplyDelete
  13. dari dulu gue cuma bingung masalah backlink! moga artikel ini bisa ngebantu! Ctrl+D... :)

    ReplyDelete
  14. Wah sy salut ndi backling mu banyak juga ya... :)
    Harus di terapin ni tips dari kamu :)
    Mksh ya :)

    ReplyDelete
  15. iya, di lain sisi membuat kita hati2 untuk ngelink dengan alamat yang nggak beres kan..

    ReplyDelete
  16. tipznya lengkap banget Gan,,,makasih atas infonya!

    ReplyDelete
  17. katanya pakar SEO webblog, blog yang masih baru sangat disarankan untuk berkomentar di blog yang page ranknya tinggi, itu fungsinya bagaimana sob, dan bagaimana cara kerjanya?,,

    semangat bloging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah ada di postingan saya yang berjudul

      "kenapa pagerank blog saya tidak naik ?" bisa kamu lhat disini

      http://hzndi.blogspot.com/2012/08/kenapa-pagerank-blog-saya-tidak-naik.html

      Delete
  18. Sangat bermnfaat ilmunya gan
    Numpang sedot belajar lagi lagi di sini.
    terima kasih

    ReplyDelete
  19. . . wachhhhhhhhhhhhhhh,, aq gak paham kayak gituan. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah masa ga ngerti mulu ? kan sudah banyak post2 ku tentang SEO, disitu juga di jelaskan dari dasar ? pasti ngerti sedikit kan ? :)

      Delete
  20. informasi yang lengkap dan terarah sob..jadi betah baca - baca disini..heheh backlinkku cuma ada 15 minim banget sih..tapi tetab semangat deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya butuh proses sob, kalau sobat konsisten ngeblognya, pasti baalan dapat backlink pula

      Delete
  21. terima kasih banget nih,ini adalah ilmu baru buat new bie seperti saya,infonya sangat membantu untuk mendapat backling yang lebih bagus

    ReplyDelete
  22. penjelasannya sangat jelas dan lengkap, thanks sudah berbagi

    ReplyDelete
  23. Wah ini artikel ini perlu bahan pembelajaran juga.

    ReplyDelete
  24. oke bgt bro artikel bahan pembelajarannya semoga aja setelah baca2 artikel ini saya makin oke dan makin paham tentang seluk beluk blogging hehehehe

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More