Friday, September 7, 2012

Cara Membuat dan Tips Pengaturan Meta Tag

Cara Membuat dan Tips Pengaturan Meta Tag


Setelah kemarin membongkar habis rahasia meningkatkan ranking Alexa, kali ini saya akan membahas tentang Meta Tag. Pernah mendengar tentang Meta Tag ? sebagian kalangan blogger tentu pernah mendengar kata tersebut walaupun tidak mengerti apa itu sebenarnya meta tag. Baiklah akan saya jelaskan tentang apa itu meta tag.

Pengertian Meta Tag

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengenal sedikit tentang Meta Tag. Menurut pendapat saya, Meta Tag adalah semacam kode HTML yang berisikan informasi tentang suatu website, informasi tersebut bisa berupa deskripsi, keyword, pemilik (author), dan lain sebagainya.

Biasanya banyak blogger yang menggunakan Meta Tag ini sebagai optimasi blog mereka di mesin pencari. Meta Tag ini salah satu faktor penting untuk membantu mesin pencari dalam mengindeks blog kamu. Terutama meta tag keyword dan meta tag Deskripsi yang banyak digunakan saat ini.

Di dalam Meta Tag sendiri di bagi banyak bagian, namun di kesempatan kali ini saya hanya akan menjelaskan 4 poin dalam meta tag. Untuk yang lainnya bisa kamu cari di Internet yah :)

1. Meta Tag Deskripsi

Seperti pada namanya, meta tag ini digunakan untuk menggambarkan blog yang kamu kelola. Meta Tag ini akan muncul di bawah judul suatu website di mesin pencari. Contohnya, blog saya ini menggunakan deskripsi

Dapatkan Berbagai Macam Tips Untuk Blogger, Tutorial Blogger, Tips dan Trik Komputer, Download Program Freeware, Belajar SEO...

Kalimat tersebut akan muncul di mesin pencari saat blog saya terindeks, contohnya pada gambar di bawah ini :


2. Meta Tag Keyword

Seperti pada namanya, meta tag ini berfungsi untuk memilih keyword/kata kunci yang sesuai dengan isi blog kamu. Jika blog kamu membahas tentang software, maka masukkanlah kata kunci "software". Jika tentang sepakbola, maka masukkanlah "sepakbola" sebagai kata kuncinya dan lain sebagainya. Gunakanlah kata kunci se-efisien mungkin namun menggambarkan keseluruhan isi blog kamu.

Blogger Widget, Blogging, Blogger, SEO, Wordpress, Blog Tutorial, Freeware, Software, Computer Tips, Blogger Tricks, hzndi

Kata-kata diatas adalah keyword dari blog saya. Untuk lebih baik lagi, kamu bisa menggunakan Google Keyword Tool guna mencari keyword yang terbaik untuk blog kamu (klik disini). Kamu juga bisa menggunakan keyword yang sama dengan pesaing kamu. Caranya mudah, tinggal klik CTRL + U lihat saja source code yang ada di blog yang kamu jadikan pesaing. Tekan CTRL + F, masukkan kata "Keyword" di dalamnya maka akan muncul berbagai macam keyword yang ada di blog yang kamu jadikan pesaing.

3. Meta Author

Meta Author, arti kata Author yakni pemilik, sebenarnya meta tag ini tidak terlalu penting sih, namun tidak aa salahnya untuk dicoba untuk memperhias meta tag blog. Mungkin saja si robot mesin pencari saat pengindeksan blog kamu ingin mengenal kamu makanya meta tag ini di buat :p hehehe

4. Meta Robots

Kalau Meta Robots, digunakan blog kamu untuk mengijinkan apakah boleh mesin pencari untuk mengindeks blog kamu atau tidak. 

Cara Membuat Meta Tag

Nah pada bagian ini saya akan memberikan cara membuat meta tag untuk blog kamu. Cara ini di peruntukan untuk mereka yang belum membuat meta tag pada blognya atau ingin merubahnya. Lihat dan perhatikan caranya.

1. Login ke Blogger.com
2. Klik Template --> Edit HTML --> Lanjutkan --> Salin kode Meta Tag di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='MASUKKAN DESKRIPSI BLOG KAMU' name='description'/>
<meta content=' MASUKKAN KEYWORD BLOG KAMU ' name='keywords'/>
<meta content='Masukkan Nama Kamu' name="author" />
<meta content='All' name="robots" />
</b:if>

3. Letakkan di bawah kode <head> kemudian kamu simpan. Untuk author, boleh kamu pasang atau tidak. Dan jika sebelumnya kamu sudah memasang meta tag untuk blog kamu, maka kamu boleh melewati cara ini dan saya akan berikan kamu Tips dalam pengaturan Meta Tag.

Tips Pengaturan Meta Tag Deskripsi dan Meta Tag Keyword

Saya mencari di beberapa situs SEO, bahwasanya Google tidak terlalu fokus terhadap penggunana meta tag. untuk mengerti konten situs kamu. Namun beberapa mesin pencari masih menggunakan teknik meta tag sebagai acuannya. Google lebih memilih judul tag dan sekitar 25 kata dari artikel yang kamu buat. Namun google juga masih menggunakan Meta Tag keyword untuk penilaian Google Adsense. Baca tips di bawah ini agar lebih jelas.

Meta Tag Deskripsi
  • Pasang keyword di meta tag deskripsi.
  • Jangan ulangi keyword lebih dari 2 kali di meta tag deskripsi.
  • Usahkan berjumlah 150 - 200 kata.
  • Gunakan kalimat, jangan kata-kata saja.
Meta Tag Keyword
  • Jangan ulangi keyword.
  • Boleh ulangi keyword di dalam beberapa frasa, seperti saya mengambil contoh keyword "blog" dan mengulanginya dalam beberapa frasa yakni "blog tutorial, blog widget, blog hack".
  • Gunakan keyword yang ada di judul blog dan meta deskripsi.

Kesimpulan

Itu saja beberapa tips dan trick untuk meta tag yang saya bisa berikan kali ini, kalau kalian merasa ada tips dan trick lainnya,jangan sungkan untuk membagikan kepada pengunjug blog ini. Tinggalkan komentar serta tips kamu di kolom komentar :)

Postingan Terkait:

53 comments:

  1. Ooh, jadi seperti kata-kata bantu dalam optimasi search google yah..
    Nice... Boleh di coba ..

    Kunjungan perdana.

    ReplyDelete
  2. betul sekali sob...untuk mengoptimalkan blog kita,memang harus memasang meta tag seperti penjelasan diatas.
    nice share sob....

    ReplyDelete
  3. efeknya gimana bro..?
    bikin berat ga. soalnya aku sensi banget kalo blognya lemot. soal indeks google sih ga pernah mikirin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efeknya ya tentu saja blog akan lebih ramah kepada mesin pencari om. tidak berat sama sekali om

      Delete
  4. tuh, lagi-lagi ada yang baru disini. kepuntal2 saya mengikutinya

    ReplyDelete
  5. Ketiga meta tag diatas udah ada di template blogku sob.
    Sekarang aku brharap blogku lebih ramah SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya om, kan udah di pasang meta tagnya :)

      Delete
  6. ini yang saya kurang paham bang, selama ini saya hanya mencontoh dan mengambil punya orang lain. jadinya ya ga tau asal usulnya. makasih nie ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah om gpp, makanya saya kasih sedikit penjelasan :)

      Delete
  7. ou ada aturan aturan nya ya. itu yang alasan keyword ga boleh di ulang kenapa ya gan? ane si ga di ulang, tapi ane pengen tau aja alesannya kenapa ya? bikin kacau ya? hehehh

    ReplyDelete
  8. ooh gitu yaa .
    wah info yang bagus nih gan ..
    terima kasih yaa

    ReplyDelete
  9. /Mmm..
    gitu ya mas cara membuat tips Pengaturan Meta Tag, penasaran. pengen nyoba,

    ReplyDelete
  10. setelah baca-baca rasa na mau mencoba tips na.
    tapi stlah di coba,,
    kok berhasil ya mas?

    ReplyDelete
  11. tutorialnya lengkap bnget,, bisa dicoba ini sob

    ReplyDelete
  12. jangan terlalu panjang juga sob, nanti malah di anggap spam sma google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ane sampai lupa, jangan terlalu panjaaang juga hehehe :D

      Delete
  13. ehm, saya jadi belajar di sini nie. soalnya saya sendiri kurang paham apa fungsinya, ternyata ada masternya yang lagi bagi bagi ilmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ane bukan master om, biasa aja ane mah :)

      Delete
  14. terima kasih banyak sharenya sahabatku,,
    aku jadi bertambah ilmu tentang blogg dipostingan ini..
    sekali terima kasih atas ilmunya.. ^_^

    ReplyDelete
  15. boleh juga nieh buat di coba.
    nice share..

    ReplyDelete
  16. semakin hari semkain mantap aja nih tips nya sob ..

    ReplyDelete
  17. mau memberi tahu mas,revewnya kok masih tetap 1 ya.??enggak nambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya review balik om :) dan sudah berhasil menjadi 2. maaf sebelumnya :)

      Delete
  18. dapet pelajaran baru ne....

    lengkap ne tutornya..

    tanks gan..

    ReplyDelete
  19. nyimak aja gan,,
    ibaratnya,saya murid yg sdg menuntut ilmu,..
    :)

    ReplyDelete
  20. Manteb sob. Saya juga pasang. . . Tapi cuma asal pasang. Setelah baca ini akan saya perbaiki.

    ReplyDelete
  21. tp, saya baca baca di artikel sobat sobat, ada yang menulis, jangan mengulang ulang kata Keywrdnya, aduh bingung nih sob

    ReplyDelete
  22. sebagian sudah ana praktekin,
    tinggal melengkapi lagi yg belum sempurna

    ReplyDelete
  23. sangat membatu sekali sob buat newbi seperti saya

    ReplyDelete
  24. Terima kasih sudah berbagi ilmunya, sukses selalu ya...

    ReplyDelete
  25. Wah bagus nih artikelnya. Sangat menarik dan inspiratif. Semoga dapat membantu para netizen yang lagi butuh informasi ini. Pokoknya siiip dah. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

    ReplyDelete

Komentarmu menunjukan kecerdasanmu, Kalau komentar cuma buat cari link buat apa ? :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More